sign up SIGN UP

SKINCARE

Enggak Lagi Iritasi! Ini Cara Mudah Merawat Kulit Sensitif Kamu

Vivi Stevannie | Senin, 21 Jan 2019 10:00 WIB
Enggak Lagi Iritasi! Ini Cara Mudah Merawat Kulit Sensitif Kamu
caption
Berbeda dengan kulit kering atau berminyak, kulit sensitif adalah jenis yang paling rewel dan sulit dirawat. Salah pakai produk sedikit saja wajah bisa langsung bereaksi dan menimbulkan masalah yang tidak sepele. Karena itu kulit wajah sensitif perlu perawatan yang hati-hati dan tidak asal coba-coba produk. Untuk mencegah kulit sensitifmu iritasi, lakukan 5 cara mudah untuk merawat kulit sensitif ini yuk.
        
  • Jangan Gunakan Produk Mengandung Alkohol atau Tinggi Vitamin C
Mulai risih dan lelah dengan kulit sensitif yang sering kumat? Tenang, sekarang kamu bisa akhiri kebiasaan iritasi yang sering muncul dengan beberapa cara sederhana ini. Yang pertama mudah banget untuk dilakukan lho.

Jagalah kulitmu jauh-jauh dari produk yang mengandung alkohol maupun tinggi vitamin C. Sebelum membeli skincare maupun kosmetik, pastikan bahan-bahan dan kandungannya aman dari kedua bahan tersebut.
Foto: https://foodal.com/

Tapi kenapa? Tentu saja karena alkohol dapat mengeringkan wajah dan membuat kulit sensitifmu mudah teriritasi, sedangkan vitamin C mengandung konsentrat asam tinggi yang bisa membuat kulit sensitif mudah merasa perih, kemerahan dan mengelupas.

Perhatikan juga, ada beberapa kulit sensitif yang bereaksi pada pewangi. Karena itu, akan lebih aman bila kamu menggunakan produk perawatan yang no fragrance supaya lebih aman dan terhindar dari iritasi.


        
  • Jangan Sembarangan Pakai Sabun
Mungkin sesaat kamu akan merasa bingung kenapa pemakaian sabun dilarang bagi kulit sensitif? Padahal sabun kan alat untuk membersihkan wajah? Tunggu dulu ladies, coba deh cermati lagi. Sabun terbuat dari bahan-bahan kimia yang berfungsi untuk membersihkan wajah dari debu, minyak dan kotoran.
Foto: https://www.chagrinvalleysoapandsalve.com/

Namun, sabun pada umumnya bersifat keras dan dapat membuat kulit sensitiff menjadi kering. Karena itu, pilihlah sabun berbahan natural yang dilengkapi kandungan pelembap tinggi, sehingga sehabis mencuci wajah tidak akan membuat kulit sensitifmu jadi kering.


        
  • Bersihkan Dengan Sabar dan Lembut
Yang ini penting banget nih ladies. Selain menghindari bahan-bahan yang bisa memicu iritasi, kamu juga perlu menahan diri untuk tidak menggosok kulit terlalu keras, menggaruk kulit ataupun melakukan scrubing berlebihan.
Foto: https://www.thehealthsite.com/

Lakukan dengan perlahan dan sabar. Sebaiknya gunakanlah jari manis dan kelingking yang memiliki kekuatan lebih lemah dibandingkan jari telunjuk atau tengah. Selain itu ukuran jari kelingking yang kecil dapat menjangkau bagian sela-sela wajah dan membersihkannya dengan lebih seksama dan aman.


        
  • Pakai Sunscreen
Langkah yang keempat ini lebih pada perlindungan wajah sensitif dari sinar matahari. Kulit sesitif bisa lebih mudah terbakar dan iritasi bila terkena sinar matahari dibandingkan jenis kulit lainnya. Karena itu pakai sunscreen adalah hal wajib yang harus kamu terapkan jadi gaya hidup.
Foto: https://thewirecutter.com/

Tapi ingat, gunakan suncreen yang aman ya ladies. Tidak mengandung alkohol maupun bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa mengiritasi kulitmu. Sebaiknya, pilihlah yang berbahan dasar alami serta tidak membuat wajah matte.


        
  • Minum Air Lemon
Air lemon yang dimaksud disini bukanlah jus lemon ya. Melainkan, air putih yang ditambah dengan 1/2 perasan air jeruk lemon. Campuran ini dapat menghilangkan racun, membuat kulit cerah serta mencegah berbagai masalah kulit.

 
Foto: https://www.liputan6.com/

Jadi, dengan minum air lemon setiap hari kamu bisa dibilang sedang merawat kulit sensitifmu dari dalam. Wah, jadi perawatannya maksimal luar dalam dengan cara yang simple banget kan. Hanya dengan minum air lemon, kamu sudah termasuk menjaga kulit sensitif wanita.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id