sign up SIGN UP

SKINCARE

Eyebrow Pimple: Ketahui Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Alis

Intan Dwi | Rabu, 14 Apr 2021 13:00 WIB
Eyebrow Pimple: Ketahui Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Alis
caption

Jerawat memang suka muncul dimana saja, baik itu di beberapa area tubuh dan area wajah. Tetapi jerawat lebih sering muncul di area wajah, meskipun itu hal yang cukup umum tetapi itu sangat mengganggu penampilan.

Tapi apakah kamu pernah jerawat muncul di area yang tidak terduga? Yap, mungkin beberapa orang pernah merasakannya, salah satu area tidak terduga munculnya jerawat adalah alis.

Mungkin ketika jerawat itu muncul di alis, kamu bertanya-tanya, “kok bisa jerawat muncul di alis? terus gimana cara menghilangkannya dengan cepat?.” Kamu enggak perlu khawatir untuk masalah ini, karena Beautynesia akan membahas penyebab dan cara menghilangkan jerawat di alis.

Jenis jerawat apa yang biasanya muncul?

Jerawat yang muncul biasanya bervariasi, mulai dari yang ringan seperti blackhead atau whitehead hingga yang sedang seperti papules dan pustules serta nodules dan cysts yang paling parah.
Jenis jerawat yang muncul/freepik.com

Eyebrow pimple atau jerawat alis merupakan jerawat yang terbentuk di lengkungan atau area sekitar alis. Jerawat yang muncul biasanya bervariasi, mulai dari yang ringan seperti blackhead atau whitehead hingga yang sedang seperti papules dan pustules serta nodules dan cysts yang paling parah.

Penyebab munculnya jerawat

Jerawat yang berkembang di atau di antara alis karena beberapa alasan, seperti produksi minyak berlbih, rambut yang tumbuh ke dalam atau produk kosmetik tertentu.
Penyebab munculnya jerawat/freepik.com

Jerawat yang berkembang di atau di antara alis karena beberapa alasan, seperti produksi minyak berlbih, rambut yang tumbuh ke dalam atau produk kosmetik tertentu. Kalau ingin mengetahui penyebab lainnya, simak berikut ini:

Mencukur alis, memang mencukur alis menjadi cara mudah untuk memperbaiki alis kamu yang sulit di atur. Tetapi cara ini tidak benar-benar menghilangkan semua rambut bahkan beberapa di antaranya dibiarkan dengan ujung tajam yang bisa menggulung kembali ke kulit. Sehingga menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dan hal ini dapat menyebabkan iritasi dan jerawat di area tersebut.

Menyentuh area tersebut dengan tangan, meskipun kita sudah rajin mencuci tangan tetapi bakteri tetap menempel di tangan. Dengan menyentuh area wajah dengan tangan kamu sepanjang hari, mungkin kamu harus berpikir ulang. Tetapi jika harus melakukannya, pastikan mencuci tangan sebelum menyentuhnya atau gunakan sapu tangan.

Tidak membersihkan brush make up, brush make up yang kamu gunakan juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat alis kamu. Karena itu dapat memindahkan kotoran dari brush melalui rambut dan kekulit kamu yang dapat menyebabkan jerawat. Pastikan untuk mencuci brush setiap minggu atau lebih dan simpan di tempat yang bersih dan kering untuk mencegah kotoran dan debu.

brush make up yang kamu gunakan juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat alis kamu.
Tidak membersihkan brush make up/freepik.com

Menggunakan produk make up komedogenik, tahukah kamu bahwa beberapa produk untuk alis kamu bisa menjadi penyebab di balik jerawat kamu? Bahan tertentu dalam brow gel, seperti petroleum, silicones seperti dimethicone dan trimethicone dan VA/VP copolymer memiliki sifat oklusif yang dapat menyebabkan iritasi.

Tidak mencuci wajah dengan benar, kamu harus mencuci wajah dengan benar terutama kalau kamu suka memakai make up. Gunakan cleansing milk, oil atau balm dan pastikan untuk berkonsentrasi pada area yang paling sering kamu gunakan untuk merias wajah. Lanjutkan dengan gentle cleanser untuk menghilangkan sisa kotoran dan sebum.

Bagaimana cara menghilangkannya?

Meskipun jerawat alis bisa mengganggu, tetapi kamu enggak usah khawatir karena ada beberapa cara untuk menghilangkannya
Cara menghilangkannya/freepik.com

Meskipun jerawat alis bisa mengganggu, tetapi kamu enggak usah khawatir karena ada beberapa cara untuk menghilangkannya, seperti di bawah ini:

Tempelkan patch jerawat, kalau jerawat kamu muncul di kulit di sekitar alis kamu dan bukan di atasnya, maka kamu beruntung karena ini jauh lebih mudah untuk diatasi. Untuk mencegah menyentuhnya atau terkena kotoran secara tidak sengaja, tempelkan patch jerawat di atasnya dan biarkan saja.

Biarkan kulit bernapas, dengan kondisi saat ini kamu harus memberi kulit bernapas. Karena bekerja dari rumah, disarankan untuk tidak menggunakan make up agar kulit kamu bernapas. Jika suatu saat mengharuskan kamu merias, bersihkan wajah kamu dengan benar dan lakukan pembersihan ganda.

Lakukan pembersihan ganda, sepanjang hari alis kamu berhubungan dengan banyak hal, seperti penggunaan produk alis, keringat dan minyak yang menumpuk di sana. Nah, cara yang satu ini sangat penting untuk dilakukan, yaitu pembersihan ganda karena untuk memastikan semua kotoran hilang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id