sign up SIGN UP

SKINCARE

Gunakan Face Scrub dengan 5 Cara Ini Agar Wajah Gak Iritasi

Anisalestari | Minggu, 30 Aug 2020 09:00 WIB
Gunakan Face Scrub dengan 5 Cara Ini Agar Wajah Gak Iritasi
caption

Pemakaian face scrub secara rutin dapat menjadi pilihan untuk mencerahkan wajah. Langkah perawatan wajah ini dapat membantu membersihkan kotoran sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati.

Namun, pemakaiannya harus dilakukan secara hati-hati, Ladies. Jika tidak hati-hati, face scrub bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Coba lima cara menggunakan face scrub agar tidak membuat kulit iritasi di bawah ini, yuk!


Pilihlah Face Scrub yang Sesuai dengan Jenis Kulit 

Pilihlah face scrub sesuai dengan jenis kulit agar terhindar dari iritasi
Pilih Face Scrub Sesuai Jenis Kulit/ Foto: Freepik.com

Tips pakai face scrub agar tidak menimbulkan iritasi yang pertama adalah memilih produk face scrub yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk pemilik kulit sensitif, berminyak, dan berjerawat, sebaiknya pilihlah produk face scrub dengan kandungan asam salisilat yang berfungsi membantu mengangkat sel kulit mati.

Sedangkan bagi pemilik kulit kering, pilihlah face scrub yang terbuat dari butiran madu, alfa hidroksi, atau beta hidroksi. Face scrub berbahan aktif beras atau kopi yang memiliki kandungan antioksidan juga cocok untuk pemilik kulit kering.

Membersihkan Wajah dengan Air Hangat Sebelum Memakai Face Scrub

Bersihkan wajah dengan air hangat sebelum memakai face scrub agar pori-pori terbuka
Bersihkan Wajah/ Foto: Freepik.com

Membasuh wajah menggunakan air hangat sebelum memakai face scrub menjadi cara gunakan face scrub dengan aman. Air hangat berfungsi membantu pori-pori wajah terbuka sehingga scrub dapat teraplikasikan dengan sempurna. Kotoran, minyak, dan sel kulit mati pun akan lebih mudah terangkat. 

Hindari Pemijatan yang Berlebihan 

Jangan terlalu menekan terlalu keras agar kulit wajah tidak iritasi
Hindari Pemijatan Berlebihan/ Foto: Freepik.com

Tips pakai face scrub agar tidak menimbulkan iritasi selanjutnya adalah jangan terlalu kuat menekan wajah. Gosok secara lembut wajah yang dilumuri face scrub dengan gerakan berlawanan arah jarum jam untuk membuat kulit menjadi lebih kencang. Setelah selesai, jangan lupa untuk membilas wajah dengan air dingin agar sisa-sisa scrub terangkat ya, Ladies.

Jangan Lupa Oleskan Pelembap

Agar kulit wajah tetap lembap jangan lupa untuk mengoleskan pelembap
Oleskan Pelembap/ Foto: Freepik.com

Kamu juga perlu mengoleskan pelembap setelah selesai memakai face scrub. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Pemakaian pelembap wajah ketika kulit masih lembap juga akan membuat vitamin yang terkandung di dalam pelembap terserap secara sempurna ke dalam kulit. 

Hindari Pemakaian Face Scrub yang Terlalu Sering 

Hindari pemakaian face scrub yang terlalu sering
Jangan Terlalu Sering Memakai Scrub/ Foto: Freepik.com

Pemakaian face scrub terlalu sering dapat memicu terjadinya kerusakan pada kulit wajah sehingga rentan terkena iritasi, Ladies. Sebaiknya gunakan produk face scrub dua kali saja dalam seminggu. Saat kulit wajah berjerawat, sebaiknya jangan melakukan perawatan face scrub karena kulit akan semakin meradang. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id