sign up SIGN UP

LIFE

5 Manfaat Madu Untuk Kecantikan

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Rabu, 22 Jul 2020 21:00 WIB
5 Manfaat Madu Untuk Kecantikan
caption
Jakarta -

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa madu memiliki banyak khasiat untuk kecantikan. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan utama. Buat kamu yang belum tahu, berikut ini Beautynesia.id telah merangkum 5 manfaat madu untuk kecantikan kulit wajahmu. Yuk simak ulasannya!

Mencegah Penuaan Dini

Madu bisa atasi penuaan dini
Manfaat Madu/pinterest.com

Seiring bertambahnya usia, hal yang paling ditakutkan adalah munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Untuk mencegah agar kamu enggak mengalami penuaan dini, zat antioksidan dan asam amino pada madu sangat bagus untuk kamu jadikan solusi. Sebab, zat ini mampu melawan kerusakan kolagen sehingga bermanfaat untuk mengurangi penuaan sekaligus mencegah keriput. Caranya, cukup oleskan madu pada wajah lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibersihkan.


Mengatasi Jerawat

Madu memiliki zat gula yang mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri. Kandungan-kandungan tersebut menjadikan madu mampu menangkal jerawat dan meredakan jerawat yang sedang meradang. Caranya campurkan madu murni dengan bubuk kunyit dan aduk hingga mengental. Lalu, aplikasikan campuran tersebut pada wajahmu. Selain kunyit, kamu juga bisa mencampurkan madu dengan bahan lain untuk meredakan jerawat.

Menghilangkan Bekas Luka

Madu bisa atasi bekas luka
Manfaat Madu/pinterest.com

Bukan hanya jerawat saja yang bisa dihilangkan dengan madu. Bekas luka pun dapat kamu atasi dengan menggunakan madu. Apalagi jika kamu memiliki bekas luka bakar yang mengganggu. Hal ini dikarenakan madu berfungsi sebagai pendingin yang mampu meredakan sensasi perih di sekitar luka. Jika kamu mengalami luka bakar, cukup oleskan madu pada area luka tersebut.

Menghidrasi Kulit

Jangan salah! Kulit juga bisa mengalami dehidrasi lho, Beautynesian. Jika kehilangan kelembaban kulit, hal ini akan menyebabkan timbulnya bercak kering yang kasar dan gatal. Nah untuk mengatasinya, madu bisa menjadi solusimu. Sebab, kandungan humektan dan emolien pada madu dapat meningkatkan kadar air di kulitmu.

Mengatasi Bibir Kering

Madu bisa atasi bibir kering
Manfaat Madu/freepik.com

Jika bibirmu kering, jangan menggigit apalagi mengupas kulitnya ya. Kamu bisa mengatasinya dengan mengoleskan madu pada bibirmu. Bukan hanya itu saja, bahkan madu pun bisa membuat bibirmu kembali merah dan berkilau. Oleskan secara rutin atau gunakan sebagai scrub bersama gula pasir dan minyak kelapa agar hasilnya lebih maksimal.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id