sign up SIGN UP

SKINCARE

Habis Liburan ke Pantai, Ini Cara Alami Mengatasi Sunburn

Findia Mashitho | Minggu, 23 Feb 2020 06:30 WIB
Habis Liburan ke Pantai, Ini Cara Alami Mengatasi Sunburn
caption
Paparan sinar matahari yang sangat kuat bisa membakar kulit atau biasa disebut sunburn. Pencegahan sunburn bisa dilakukan dengan sunscreen. Namun jika Ladies terlanjur mengalami sunburn, atasi dengan bahan alami ini.

Terlalu asik liburan di pantai, seringkali membuat Ladies lupa menggunakan sunscreen ulang. Paparan sinar matahari yang sangat kuat sangat bisa membakar kulit Ladies. Jadi tak cukup sekali saja menggunakan sunscreen, namun perlu beberapa kali untuk memastikan kulit masih terlindung.

Penggunaan sunscreen secara berulang atau terus menerus bisa menghindari resiko sunburn atau kulit terbakar. Salah satu ciri kulit yang terbakar adalah berubah menjadi lebih merah dan sensasi terbakar sangat terasa. Kulit merah ini nantinya akan berubah menjadi hitam dan bisa sangat mengganggu penampilan Ladies.

Upaya pencegahan sunburn bisa dilakukan dengan sunscreen. Namun jika Ladies terlanjur mengalami sunburn, tak perlu khawatir untuk mencari obat. Karena terdapat beberapa cara alami untuk mengatasi sunburn, dan tentunya aman tanpa efek samping. Berikut beberapa cara alami mengatasi sunburn. 




 


1. Masker mentimun


Foto: https://pixabay.com/

Bukan hanya ampuh menghilangkan mata panda, mentimun juga ampuh mengatasi masalah sunburn terutama pada kulit wajah Ladies. Bersifat menenangkan, dan sensasinya yang menyegarkan bisa membuat kulit menjadi normal kembali. Selain itu tidak ada kandungan yang terlalu kuat, sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif. 
 


2. Lidah Buaya


Foto: https://pixabay.com/

Salah satu bahan alami yang bisa menetralkan efek sunburn adalah lidah buaya ini. Kandungan antioksidan dan anti peradangan yang ada pada lendir tanaman lidah buaya bisa meringankan efek terbakar saat mengalami sunburn. Selain gel segar dari lidah buaya juga dapat mempercepat regenerasi kulit, sehingga kulit yang gelap akibat sunburn dapat cerah lebih cepat. 
 


3. Susu


Foto: https://pexels.com/

Selain baik untuk kesehatan tubuh dan pertumbuhan, susu juga memiliki manfaat penting lain yaitu mengurangi rasa nyeri akibat sunburn. Susu memiliki efek dingin dan menenangkan. Ladies hanya perlu mengoleskan susu ke bagian kulit wajah. Bukan hanya dapat mengurangi efek sunburn, kulit Ladies juga bisa menjadi lebih cerah dan ternutrisi. 
 


4. Madu


Foto: https://pixabay.com/

Bukan hanya rasanya yang banyak disukai, tapi madu juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu sebagai anti bakteri, sekaligus dapat mempercepat penyembuhan luka. Peran inilah yang bisa Ladies manfaatkan saat mengalami sunburn. Cukup oleskan madu ke bagian wajah seperti menggunakan masker. Setelah 15 menit, Ladies bisa bilas dengan air hingga bersih. Secara perlahan efek sunburn akan hilang. 
 


5. Oatmeal


Foto: https://pixabay.com/

Ladies pasti tak asing dengan makanan satu ini. Apalagi yang sedang melakukan diet, pasti sering mengkonsumsinya. Iya, oatmeal bukan hanya baik untuk dikonsumsi, tapi oatmeal juga bisa digunakan sebagai penawar sunburn. Ini karena ekstrak gandum yang terdapat pada oatmeal bisa berperan sebagai anti peradangan. Jadi efek sunburn bisa diatasi hanya dengan mengoleskan oatmeal seperti menggunakan masker.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id