sign up SIGN UP

SKINCARE

Ini Alasan Kenapa Komedo Putih Muncul Terus-Terusan

Izzul Millati Umami | Jumat, 11 Jun 2021 22:00 WIB
Ini Alasan Kenapa Komedo Putih Muncul Terus-Terusan
Daun mint dapat menghilangkan komedo/ foto: medicalnewstoday.com

Komedo putih sering sekali disepelekan karena warnanya yang tidak terlihat. Padahal, komedo putih juga bisa menyumbat hidung hingga menimbulkan jerawat di kemudian hari, loh. Komedo putih terjadi karena adanya perubahan kadar hormon. Semakin banyak minyak yang diproduksi, semakin besar pula komedo terbentuk dan menutupi pori-pori wajah. Lebih lanjut lagi, komedo putih disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Pubertas pada Masa Remaja

pubertas
pubertas/sumber:pexels.com

Komedo yang tercipta ada kaitannya dengan perubahan hormon yang terjadi pada masa remaja. Khusus laki-laki biasanya menderita jerawat karena pubertas lebih parah dari perempuan. Saat pubertas, sebum memenuhi pori-pori, sel-sel kulit mati pun jadi terhambat dan susah keluar. Folikel yang tersumbat pun menjadi jerawat jika dibiarkan berlama-lama. 

2. Memencet Jerawat Terlalu Sering

memencet jerawat
memencet jerawat/sumber:pexels.com

Jerawat yang dipencet terlalu sering bisa menimbulkan komedo, loh. Biasanya, bekas komedo putih pada wajah pun muncul karena kebiasaan ini. So, hindari sering-sering memencet jerawat, ya! Kalau dibiarkan, dampaknya bisa luar biasa, loh. Selain komedo, bekas luka karena pencetan jerawat sangat bisa mengganggu penampilan. 

3. Genetika

Nyatanya, beberapa orang punya komedo berlebih bukan karena kebiasaan yang salah, namun memang mendapat turunan dari gen. Gen bisa menentukan kesensitifan kulit kamu terhadap naik turunnya hormon. So, jangan heran bila ada satu keluarga yang memiliki riwayat jerawat sebelumnya. Seorang ibu yang berjerawat di masa remajanya akan menurunkan anak berjerawat di kemudian hari. 

4. Menggunakan Make up Secara Berlebihan

make up berlebih
make up berlebih/sumber:pexels.com

Penggunaan makeup yang berlebihan sangat bisa mengganggu elastisitas kulit dan menyumbat pori-pori. Komedo putih pun tumbuh di wajah karena kebiasaan tidak membersihkan make up. So, sebaiknya segera bersihkan make up setelah pulang dari beraktivitas. Penggunaan micellar water sangat membantu untuk proses pengangkatan sel-sel kulit mati. 

5. Pola Makan yang Tidak Tepat

Siapa bilang pola makan tidak berpengaruh terhadap kondisi jerawat dan komedo? Wah, berpengaruh banget, loh! Pola makan yang kurang tepat, suka mengulur-ulur waktu sarapan, serta kurang menyantap sayur bisa membuat jerawat dan sel kulit mati susah dihilangkan. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id