sign up SIGN UP

Ini Urutan Memakai Skincare yang Benar agar Meresap Sempurna! Nomor 3 Sering Salah

Meydiana Adinda | Selasa, 03 Aug 2021 20:00 WIB
Ini Urutan Memakai Skincare yang Benar agar Meresap Sempurna! Nomor 3 Sering Salah
caption

Skincare memiliki banyak jenis produk yang berbeda cara dan urutan pemakaiannya. Tentu, hal ini dapat membuat kita bingung. Apalagi jika baru mulai menggunakan skincare, pasti bingung bagaimana mengurutkannya.

Sebenarnya, tidak ada aturan baku dalam penggunaan skincare, Beauties. Yang perlu kamu ingat adalah setelah membersihkan wajah, maka mulailah menggunakan produk dengan tekstur dari yang paling cair hingga paling kental. Hal ini bertujuan agar skincare yang kamu gunakan dapat meresap sempurna hingga lapisan kulit dalam sehingga kinerjanya pun lebih maksimal.

“Aturan praktis saat mengaplikasikan skincare adalah dengan menggunakan produk yang paling ringan terlebih dahulu dan diakhiri dengan produk yang paling berat. Karena saat produk yang lebih tebal telah diaplikasikan, maka produk yang lebih tipis tidak dapat menembusnya sehingga produk tidak meresap sempurna,” kata Dr. Shereene Idriss, seorang dermatolog di New York, dilansir dari Cosmopolitan.

Namun, dengan banyaknya jenis produk skincare yang tersedia saat ini, kamu mungkin masih kebingungan dengan urutan pemakaiannya. Nah, tidak perlu khawatir. Kali ini Beautynesia akan merangkum bagaimana urutan memakai skincare menurut Claudia Christin, seorang dermatolog, dari laman Instagram-nya. Simak, ya!

1. Cleanser

Urutan skincare
Cleanser dalam urutan skincare/foto: pinterest.com/innisfreeusa

Tahapan pertama tentu saja adalah membersihkan wajah. Tak hanya membersihkan kulit dari kotoran dan makeup, membersihkan wajah juga berfungsi agar seluruh produk skincare dapat meresap lebih baik.

Dalam membersihkan wajah, kita dianjurkan melakukan double cleansing. Artinya, kita membersihkan wajah dengan dua tahapan, yang dimulai dengan cleanser oil-based dan ditutup dengan cleanser water-based.

Cleanser oil-based seperti cleansing oil dan cleansing balm, dapat membantu membersihkan makeup dan sunscreen secara sempurna. Sedangkan cleanser water-based berfungsi untuk mengangka kotoran dan minyak.

2. Toner

Urutan skincare
Toner dalam urutan skincare/foto: instagram.com/cosrx

Selanjutnya, kita dapat menggunakan toner karena umumnya toner memiliki tekstur yang paling cair dan ringan. Jika kamu memiliki exfoliating toner, maka kamu bisa menggunakannya terlebih dahulu. Toner jenis ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Selanjutnya kamu bisa menggunakan hydrating toner untuk menghidrasi serta mengembalikan kestabilan pH kulit.

3. Serum

Urutan skincare
Serum dalam urutan skincare/instagram.com/avoskinbeauty

Setelah selesai dengan toner, kamu bisa melanjutkan dengan serum yang konsentrasinya sedikit lebih berat dibanding toner. Serum memang bukan basic skincare yang wajib kamu miliki, tapi menggunakan serum dapat membantu mengatasi skin concern-mu dengan lebih efektif.

4. Moisturizer

Urutan skincare
Moisturizer dalam urutan skincare/foto: instagram.com/aubree.skin

Selanjutnya, kamu bisa mengunci kelembapan kulit serta mencegah transepidermal water loss (TEWL) dengan moisturizer. Secara umum, ada tiga jenis moisturizer berdasarkan sifatnya, yaitu humectant, emmolient, dan occlusive. Nah, pilihlah moisturizer sesuai dengan jenis kulitmu.

5. Sunscreen

Urutan skincare
Sunscreen dalam urutan skincare/foto: instagram.com/joylabbeauty

Dalam rutinitas skincare pagi, tahapan yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan adalah menggunakan sunscreen. Sunscreen digunakan terakhir dan tidak boleh dicampur dengan produk lain, seperti BB cream atau moisturizer.

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Bahkan, kita tetap dianjurkan menggunakan sunscreen walaupun hanya di rumah. Hal ini untuk memastikan kulit benar-benar terlindungi dari. Jika masih malas menggunakan sunscreen, segera diperbaiki ya, Beauties.

Well, Beauties. Begitulah urutan penggunaan skincare agar produk dapat meresap sempurna. Perlu dicatat kembali, bahwa tidak ada aturan baku dalam menggunakan skincare. Karena yang paling penting adalah apa yang sesuai dan dibutuhkan oleh kulitmu!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id