sign up SIGN UP

SKINCARE

Wajah Bersih Maksimal dengan Double Cleansing

Meydiana Adinda | Selasa, 16 Feb 2021 08:30 WIB
Wajah Bersih Maksimal dengan Double Cleansing
caption

Membersihkan wajah secara benar sangat penting bagi kulit. Jika kotoran dan sisa makeup yang ada di kulit tidak dibersihkan dengan maksimal, akan menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat dan komedo.

Membersihkan wajah dengan maksimal bukan berarti sering mencuci muka ya, Ladies. Wajah yang dibersihkan terlalu sering hanya akan menyebabkan rusaknya skin barrier. Membersihkan wajah dengan maksimal juga bukan berarti menggunakan cleanser yang kasar ataupun menggosok wajah dengan kuat, hal ini juga hanya akan membuat skin barrier rusak.

Membersihkan wajah dengan maksimal adalah dengan “double cleansing”, yaitu membersihkan wajah dengan dua tahap. Penasaran dengan detailnya? Simak penjelasan berikut, ya!

1. Tahapan Double Cleansing

Membersihkan wajah dengan double cleansing akan membuat kulit bersih menyeluruh
Tahapan Double Cleansing/freepik.com

Double cleansing dibagi menjadi dua tahap, yaitu first dan second. Pada tahap pertama, kita bisa membersihkan wajah dengan menggunakan produk berbahan minyak untuk meluruhkan dan mengangkat kotoran dan sisa makeup.

Kemudian, di tahap kedua, barulah kita mencuci muka dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang selama ini biasa kita gunakan.

2. First Cleanser

Menggunakan cleansing oil sebagai first cleanser
Contoh First Cleanser/instagram.com/senkaindonesia

Ada banyak produk yang bisa digunakan sebagai first cleanser, ada cleansing oil dan cleansing balm yang oil-based dan sering digunakan karena ampuh mengangkat sisa makeup. Selain itu, juga ada micellar water dan cleansing milk. Ladies bisa sesuaikan dengan kecocokan dan jenis kulit masing-masing, ya.

3. Second Cleanser

Gunakan second cleanser dengan pH seimbang
Contoh Second Cleanser/instagam.com/cosrx_indonesia

Dalam memilih second cleanser, Ladies perlu memperhatikan jenis dan tipe kulit. Apabila kulit sensitif, carilah cleanser berbahan lembut dan tidak menggunakan bahan-bahan yang dapat memicu iritasi seperti fragrance, alcohol, dan lain-lain.

Jika kulit Ladies cenderung kering, carilah cleanser yang memberikan hidrasi pada kulit. Sebaliknya, untuk kulit berminyak, dapat gunakan cleanser yang dapat mengontrol minyak pada kulit. Selain menggunakan cleanser sesuai jenis kulit, sebaiknya gunakan juga cleanser dengan pH seimbang agar tidak merusak skin barrier.

4. Manfaat Double Cleansing

Double Cleansing mencegah pori-pori tersumbat
Wajah Lebih Bersih dengan Double Cleansing/pinterest.com/fabianascaranzi

Banyak manfaat yang didapatkan dengan melakukan double cleansing. Yang pasti, kulit akan bersih dan terhindar dari masalah akibat pori-pori tersumbat.

Selain itu, dengan kondisi kulit yang lebih bersih ini, kulit akan lebih siap untuk menerima next step dalam rutinitas skincare. Sebaliknya, apabila kulit wajah masih dalam kondisi yang kurang bersih, maka produk skincare yang digunakan setelahnya, seperti serum wajah, essence, dan pelembap, akan sulit menembus kulit dan bekerja dengan baik.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai double cleansing, Ladies. Semoga bermanfaat, ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id