sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Aplikasikan Cuka Apel Langsung Ke Wajah Jika Enggak Mau Hal Ini Terjadi Padamu!

Yasmin Artyas | Senin, 16 Apr 2018 02:30 WIB
Jangan Aplikasikan Cuka Apel Langsung Ke Wajah Jika Enggak Mau Hal Ini Terjadi Padamu!
caption
Cuka apel memang terkenal ampuh banget untuk mengobati masalah yang mengintai wajah, seperti komedo penyebab jerawat, misalnya. Banyak beauty enthusiast yang merekomendasikan cuka apel sebagai toner sebagai cara membersihkan komedo dan bekas-bekas jerawat. Namun, apakah kamu pernah bertanya-tanya kenapa cuka apel harus dicampur dengan air saat dipakai di wajah? Ternyata, cuka apel memiliki efek samping jika dipakai langsung ke wajah!

Kandungan Alkohol



Sebagai salah satu bahan makanan dan obat untuk segala penyakit, cuka apel cukup banyak mengandung bahan-bahan yang nggak akan kamu kira sebelumnya. Di dalam cuka apel terdapat asam asetat, anti mikroba, antoksidan, vitamin, dan berbagai nutrisi lainnya. Nah, cuka apel dibuat dengan proses fermentasi, yang pastinya akan banyak mengandung alkohol.

Beberapa dari kamu yang ingin komedo pergi dan memilih cuka apel sebagai cara membersihkan komedo harus memperhatikan kadar alkohol di dalamnya terlebih dahulu. Karena setiap kulit memiliki reaksi berbeda terhadap alkohol. Jika salah tindakan, bukannya menghilangkan komedo malah mendatakngkn lebih banyak masalah pada wajahmu!


Foto: https://helloandin.com



 


Menyebabkan Luka Bakar Ringan atau Iritasi Akibat Panas



Kandungan asam pada cuka apel cukup tinggi, lho! Beberapa orang yang memakai cuka apel merasakan rasa panas pada kulit wajahnya yang disusul dengan iritasi. Hal ini kemungkinan besar terjadi jika menggunakan cuka apel untuk menghilangkan komedo tanpa pengencer, alias langsung dioleskan ke wajah. Luka bakar juga akan timbul apabila cuka apel dipakai langsung ke wajah dalam jakta waktu yang lama. Rasa panas dan terbakar ini disebabkan oleh kadar alkhol yang tinggi di dalam cairan cuka apel. Maka itu, jika ingin wajah bebas komedo dan jerawat, cuka apel harus digunakan sebaik mungkin!


Foto: https://harvestsupplement.com



 


Gangguan Pada Sel Kulit



Seperti yang sudah disebut, cuka apel mengandung kandungan asam sitrat tinggi yang secara alami yang setara dengan lemon. Inilah alasannya nggak boleh memakai cuka apel secara langsung pada kulit. Asam sitrat dapat menyebabkan ruam pada kulit yang menyebabkan iritasi dan gangguan pada sel kulit. Hindari memakaikan cuka apel pada kulit sensitif dan luka yang terbuka jika tidak ingin merusak kulit. Hindari memakaikan cuka apel pada kulit sensitif dan luka yang terbuka jika tidak ingin merusak kulit.


Foto: https://www.kata.co.id/


 

Gimana Mengolah Cuka Apel Agar Aman Untuk Kulit?



Nah, kalau kamu udah paham bahayanya cuka apel jika diaplikasikan langsung ke wajah, cobalah untuk membuat ramuan cuka apel yang tepat untuk mengobati dan membersihkan komedo di wajah. Lalu bagaimana proses yang benar untuk membuat cuka apel lebih aman dan nyaman dipakai ke kulit?

Untuk proses pengencerannya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu harus menggunakan bahan pengencer seperti air sebagai campuran agar konsentrasi alkohol dalam cuka apel sedikit berkurang. Jika kulitmu memiliki masalah jerawat dan komedo yang parah, kamu bisa mencampur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1 hingga 1:2.
Foto: https://id.carousell.com
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id