sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Asal, Ini Tips dan Cara Melakukan Tanning!

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Jumat, 30 Apr 2021 15:30 WIB
Jangan Asal, Ini Tips dan Cara Melakukan Tanning!
seorang perempuan dengan kulit kecoklatan tengan berdiam di bawah sinar matahari/Photo by unsplash.com/@justdushawn
Jakarta -

Memiliki kulit eksotis ala bintang hollywood dan banyak model yang kerap memamerkan kulitnya yang kecoklatan eksotis, tentu menggoda banyak orang ingin memiliki kulit serupa. Tampak bersinar dengan kulit kecoklatan yang mengkilap dan indah, bahkan menjadi wishlist bagi beberapa orang secara khusus.

Namun ternyata, berusaha melakukan tanning untuk kulit tidaklah mudah. Banyak hal yang harus kamu perhatian dan lakukan agar hasilnya menjadi bagus. Jangan sampai kamu asal membuatnya menjadi coklat tanpa persiapan dan perhitungan yang benar ya Ladies. Supaya gak salah langkah, kamu bisa terapkan tips dan cara di bawah ini!

Jangan Lupakan Sunblock

Sunblock
Kulit dengan sunblock/Pinterest by starecraze

Meski ingin kulitmu cepat-cepat tanning,jangan sampai kamu berjemur begitu saja tanpa persiapan. Kamu tetap perlu mengoleskan sunblock ber-SPF minimal setengah jam sebelum akan mulai berjemur, ini demi melindungi kulitmu dari efek buruk sinar matahari. Setelah itu, jangan lupa aplikasikan sunblock setiap dua jam sekali.

Perhatikan Asupan

Orange
Orange/Photo by unsplash.com/@marcosramirez_x

Jangan hanya dirawat dari luar, merawat kulit dari dalam juga sangat penting. Karena hanya jika kulit terawat dari dalam, maka hasil yang keluar juga akan bagus. Jadi, penting bagi kamu yang ingin tanning, melakukan prosesnya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, tak lupa suplemen vitamin E juga untuk menjaga kesehatan kulit lebih khusus lagi.

Kelupas Kulit (Exfoliate)

Exfoliate
Exfoliate/Pinterest by beauty.about.com

Saat melakukan tanning, jangan menggunakan cairan tanning pada kulit yang kering, apalagi tertutup oleh sel-sel kulit mati. Karena ini dapat menyebabkan kulitmu jadi terlihat belang pada saat kamu melakukan proses kelupas kulit selanjutnya.

Jadi, mengelupas kulit secara menyeluruh saat melakukan proses tanning, tepat sebelum kamu menggunakan losion jadi kuncinya.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mulai membersihkan seluruh serpihan sel kulit mati dari tubuhmu menggunakan sikat yang kering,  ini akan membantu melancarkan sirkulasi darahmu juga loh. Lalu lanjut mandi dengan air suam-suam kuku, gunakan sabun yang bisa membantu proses dari pelepasan sel kulit matimu. Terakhir, gosok lah dengan baik.

Atur Waktu

Jam
Jam/Photo by unsplash.com/@oceanng

Ketika melakukan tanning lewat berjemur di bawah sinar matahari, kamu harus menghindari berjemur langsung di bawah sinar matahari antara pukul 11 pagi hingga 4 sore. Ini dikarenakan terikanya matahari di waktu tersebut, lalu sinar UV di waktu tersebut dapat membahayakan kesehatan kulit. Efeknya jika dilakukan, dapat membuat kulit menjadi merah, perih, dan terbakar.

Jika ingin tanning dengan berjemur, lakukan di antara pukul 7 sampai 10 pagi. Selain sehat untuk tulang dan kulit, sinar matahari di jam itu tidak terlalu terik yang akan menyakitimu.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id