sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Dibuang Dulu, Ini Dia 7 Ide Upcycle Botol Skincare Kosongmu

Dimitrie Hardjo | Kamis, 22 Apr 2021 16:30 WIB
Jangan Dibuang Dulu, Ini Dia 7 Ide Upcycle Botol Skincare Kosongmu
caption
Jakarta -

Sayangi bumi dengan mengurangi sampah kontainer skincare yuk, Ladies! Daripada kamu biarkan menumpuk tak tersentuh atau langsung dibuang di tempat sampah, botol-botol skincare kamu bisa banget kamu gunakan kembali. Ketika saat ini packaging skincare semakin berkelas dan menarik, tidak cuma fungsi kontainer tersebut yang bisa kamu manfaatkan, tapi juga nilai estetikanya, lho! 

Kamu bisa memulainya dengan memisahkan kontainer skincare kosong layak pakai dengan yang sudah jelek, lalu cuci terlebih dahulu. Nah, untuk langkah berikutnya, beberapa opsi di bawah ini bisa kamu lakukan, Ladies! 

1. Botol skincare kecil untuk travel

Kontainer kecil untuk travel.
Kontainer kecil untuk travel. Foto: pexels.com

Banyak kontainer skincare sample yang sudah kosong? Kamu bisa manfaatkan ketika kamu traveling. Kemasan mini bisa menampung skincare kamu untuk beberapa hari ke luar kota atau staycation.

2. DIY candle in a jar

DIY candle in a jar.
DIY candle in a jar. Foto: pexels.com

Tantang dirimu untuk membuat scented candle sendiri. Kamu bisa melihat tutorialnya di internet, membeli bahan-bahan yang dibutuhkan melalui e-commerce, dan menggunakan kemasan skincare berbahan kaca kosong sebagai wadah lilin buatanmu.

3. Buat toner pads milikmu sendiri

Toner pads.
Toner pads. Foto: pexels.com

Opsi lain yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan kemasan kosong skincare-mu adalah dengan membuat toner pads sendiri. Siapkan beberapa kapas lingkaran yang agak tebal, masukkan ke dalam kontainer skincare, lalu rendam dengan toner atau essence milikmu. Mudah bukan?

4. Alihfungsikan foundation cushion sebagai SPF cushion

Cushion.
Cushion. Foto: laneige.com

Kemasan cushion beraneka ragam dan memiliki kualitas yang bagus. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menampung sunscreen milikmu. Bersihkan sponge dan foundation cushion terlebih dahulu, kemudian ganti isinya dengan sunscreen. Kamu bisa membawanya ke mana saja dan reapply dimanapun kamu berada.

5. Jadikan pot tanaman lucu

Pot tanaman.
Pot tanaman. Foto: pexels.com

Dekor kamar dengan tanaman akan menjadi semakin estetik dengan menggunakan pot lucu bekas skincare, Ladies! Bersihkan kemasan skincare terlebih dahulu sebelum kamu isi dengan bunga atau tanaman lain yang kamu sukai. Voila! Dekorasi cantik pun jadi dan bisa diletakkan di mana saja.

6. Tempat menyimpan apapun

Kontainer bath salt.
Kontainer bath salt. Foto: pexels.com

Karena berbentuk kontainer, kemasan skincare bisa menjadi benda serbaguna untuk menyimpan barang kecil apapun, baik itu alat tulis, aksesori rambut, makanan, dan lain-lain. Eits, tapi pastikan tidak ada sisa produk yang masih menempel di botol ya, Ladies.

7. Recycle sisa kontainer yang tidak layak pakai

Recycle kemasan yang tidak digunakan.
Recycle kemasan yang tidak digunakan. Foto: pexels.com

Opsi lain untuk botol-botol yang menurut kamu sudah jelek dan tidak cocok untuk di-upcycle, kamu selalu bisa melakukan recycle untuk barang-barang berbahan plastik dan kaca kok! Carilah di internet atau akun Instagram yang menerima jasa recycling untuk bahan-bahan tersebut sehingga kamu bisa mendonasikan kemasan skincare kosong tersebut ke sana. Tidak ada sampah skincare yang terbuang sia-sia deh!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id