sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Digabung! Bahan Aktif Dalam Skincare Ini Gak Boleh Dipakai Sembarangan

Munjidah Hamsa | Senin, 25 Nov 2019 12:45 WIB
Jangan Digabung! Bahan Aktif Dalam Skincare Ini Gak Boleh Dipakai Sembarangan
caption
Ada banyak tips step skincare routine di luar sana, akan tetapi masih jarang yang mengajarkan bahwa pemakaian skincare juga harus hati-hati. Mengapa demikian? Karena ternyata, skincare mengandung bahan-bahan yang tidak bisa sembarangan dicampur dan digabung pemakaiannya.

Ada beberapa bahan skincare, yang terdapat pada cleanser, toner, moisturizer, hingga serum yang kamu pakai, yang mengandung bahan aktif yang tidak boleh digabungkan dengan bahan aktif lainnya. Memangnya efeknya apa kalau digabung?

Wah, jangan salah. Mencampur dan menggabung skincare sembarangan akan bisa membuat kulit kamu jadi lebih mudah iritasi, lebih sensitif, dan malah tidak memberikan efek yang dihasilkan oleh kandungan tersebut. Untuk menghindarinya, sebaiknya kamu ikuti tips skincare yang penggunaanya tidak boleh dicampur atau digabung sembarangan. Simak tipsnya ya!



 


Retinol + Vitamin C


Foto: Istimewa

Retinol, yang merupakan turunan dari vitamin A, dan vitamin C merupakan dua kandungan yang baik untuk melawan tanda-tanda penuaan di kulit. Namun, menggunakan kedua bahan ini sekaligus ternyata ada bahayanya, loh. Memakai kedua kandungan ini bersamaan akan membuat kulitmu mudah iritasi. Selain itu, kulit yang seharusnya jadi tampak lebih kenyal, malah akan membuat kulit jadi terlihat lebih tua karena reaksi yang terjadi.
 
Tips skincare untuk menggunakan kedua bahan ini sebaiknya digunakan secara terpisah untuk hasil yang maksimal. Retinol yang merupakan vitamin A lebih sensitif terhadap cahaya. Jadi, sebaiknya kamu gunakan moisturizer yang mengandung retinol saat malam sebelum tidur untuk hasil yang maksimal. Sedangkan, vitamin C tidak seberapa reaktif terhadap cahaya matahari jadi masih aman untuk kamu gunakan saat siang hari.
 


Benzoyl Peroxide + Hydroquinone


Foto: Istimewa

Jika kamu ingin melawan jerawat sekaligus bekasnya secara berbarengan, mending jangan deh. Apalagi kalau kamu menggabungkan skincare yang mengandung benzoyl peroxide untuk melawan jerawat dan hydroquinone untuk memudarkan bekasnya karena hal ini sangat berbahaya untuk kulitmu.

Kedua kandungan yang digabung ini akan membuat kulitmu jadi iritasi dan meninggalkan bekas yang tidak diinginkan. Jika kamu terlanjur pakai dan memang ada reaksi di kulitmu, kamu bisa menghilangkannya dengan mencuci muka menggunakan sabun muka.
 


Salicylic Acid + Glycolic Acid


Foto: Istimewa

Salicylic acid dikenal sebagai bahan yang mampu mengobati jerawat dan glycolic acid merupakan kandungan yang baik sebagai chemical exfoliant yang bisa mengurangi bitnik hitam. Namun, menggabungkan kedua bahan ini sangat tidak dianjurkan.

Hal ini dikarenakan kedua bahan ini merupakan agen keratolitik yang bisa menghilangkan sel kulit mati di lapisan kulit terluarmu. Jika memakainya bersamaan, maka kulitmu akan lebih mudah terkikis dan bisa menyebabkan iritasi kulit.
 


Vitamin C + AHA/BHA


Foto: Istimewa

Menggabungkan penggunaan vitamin C dan AHA/BHA adalah ide buruk. Vitamin C yang bersifat asam aktif akan merusak kerja AHA/BHA yang juga merupakan asam. Kerja AHA/BHA jadi tidak maksimal karena reaksinya yang tidak stabil. Sehingga, menggunakan keduanya akan membuat salah satu kandungan menjadi sia-sia dan tidak bekerja untuk memperbaiki kulitmu. Kamu bisa menggunakan moisturizer yang mengandung vitamin C di siang hari saja dan exfoliator toner yang mengandung AHA/BHA di malam hari setelah mencuci muka.
 


Vitamin C + Niacinamide


Foto: Istimewa

Menggunakan rangkaian skincare yang mengandung bahan vitamin C haruslah hati-hati karena bahan ini merupakan asam aktif yang mudah rusak dan mudah merusak kandungan bahan skincare yang tidak boleh digabungkan. Salah satunya adalah menggabungkan vitamin C dengan Niacinamide. Kehadiran Niacinamide akan merusak rantai reaksi vitamin C sehingga akan melukai kulitmu. Kulit sehat mulus pun akan gagal kamu dapatkan dan malah jadi iritasi. Gak mau kan ini terjadi, Ladies?
 
Itulah beberapa tips skincare dengan bahan yang tidak boleh kamu gabungkan atau gunakan secara bersamaan. Sebaiknya, kamu menghindari melakukan tips skincare di atas agar kulitmu tidak jadi rusak dan iritasi atau membuat salah satu kandungan skincare jadi sia-sia. Yuk, gunakan skincare secara bijak ya, Ladies!


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id