sign up SIGN UP

SKINCARE

Kandungan Natural Herbs dalam Produk Skincare yang Hits di Tahun 2020

Nisrina Salsabila | Selasa, 17 Nov 2020 15:30 WIB
Kandungan Natural Herbs dalam Produk Skincare yang Hits di Tahun 2020
caption
Jakarta -

Produk perawatan kulit dengan kandungan bahan tumbuh-tumbuhan alami belakangan lebih digemari karena cenderung lebih aman daripada produk perawatan dari bahan kimia. Karenanya, para produsen perawatan kulit berlomba-lomba menjadikan beragam tanaman herbal sebagai kandungan utama dari produknya.

Bentuknya bisa berupa face oil, toner, pembersih wajah, serum, pelembab wajah hingga masker. Beautynesia telah merangkum beberapa tanaman herbal dalam kandungan skincare yang sedang tren di tahun 2020. Let’s check this out!

Safflower

Skincare dengan kandungan bahan alami
Raiku Brightening Series dengan kandungan safflower/Foto: Instagram/raikubeauty

Minyak safflower dikenal sangat baik untuk menenangkan dan melembabkan kulit yang kering atau sedang meradang. Kandungan vitamin E yang tinggi membuat kulitmu menjadi halus dan lembut.

Selain itu, safflower juga bersifat non-comedogenic dan anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi jerawat dan blackhead, membersihkan pori-pori, menyeimbangkan level sebum, kemudian meringankan eczema/eksim.

Eucalyptus

Skincare dengan bahan kandungan alami
L'Oreal Pure Clay Purity Mask dengan kandungan eucalyptus/Foto: Pinterest

Tumbuhan dari Australia ini menghasilkan minyak daun yang bersifat anti bakterial sehingga mampu melawan infeksi mengurangi pembengkakan. Sehingga, bahan ini sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam skincare harian bagi Ladies yang wajahnya rentan berjerawat, breakout maupun kemerahan.

Chamomile

Skincare dengan bahan kandungan alami
The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter dan Camomile Silky Cleansing Oil/Foto: Pinterest

Bunga kecil nan cantik ini merupakan salah satu bahan skincare terbaik di dunia. Chamomile memiliki khasiat antiseptik, menenangkan, melembabkan serta membantu perbaikan dan regenerasi kulit.

Hasilnya, kulitmu akan tampak segar ternutrisi, lebih halus, dan noda tersamarkan. Bahannya lembut sehingga aman untuk kulit sensitif ini dipercaya untuk mengobati dan menenangkan eksim, luka bakar, hingga ruam popok pada bayi.

Willowherb

skincare dengan kandungan bahan alami
Blemish Control Range dari Sukin mengandung willowherb/Foto: Instagram/sukinskincare_idn

Willowherb merupakan tanaman obat terpercaya yang memiliki segudang kebaikan untuk kulit, diantaranya yakni, kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas, antiseptik bagi kulit berjerawat, membersihkan pori-pori kulit, memperbaiki tekstur kulit, juga memberi efek soothing.

Bahan alaminya yang lembut menjadikan willowherb sebagai pilihan tepat bagi semua jenis kulit.

Mawar

skincare dengan kandungan bahan alami
NACIFIC Real Floral Rose Toner/Foto: Instagram/nacificofficial.id

Tanaman berbunga yang terkenal karena kecantikan dan keharumannya ini telah digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan alami selama ribuan tahun.

Bagian tanaman mawar yang diambil sebagai produk skincare adalah kelopak bunga mawar dan biji rose hips, yaitu buah yang tertinggal setelah mawar berbunga dan kelopaknya gugur.

Mawar sangat bermanfaat bagi kulit, yang khasiat melembabkan, membersihkan pori-pori, membantu proses penyembuhan luka termasuk jerawat, mengurangi kemerahan, melawan tanda penuaan dan hiperpigmentasi serta melindungi kulit dari radikal bebas.

Calendula

skincare dengan kandungan bahan alami
Khiel's Calendula Herbal-Extract Toner/Foto: Pinterest

Mengatasi luka terbuka, kulit terbakar, dan bekas luka. Sifat anti inflamasi dan super melembabkanya mampu menenangkan kulit yang kemerahan dan meradang karena eksim, rosacea, ruam, dan kulit sensitif. Kelebihannya lagi, Calendula mengandung antioksidan sehingga dapat melindungi kolagen pada kulit.

Moringa/Daun Kelor

skincare dengan kandungan bahan alami
Moringa Toner Essence dan Facial Wash Moringa dari Evershine/Foto: Instagram/evershine.id

Moringa oleifera kaya akan nutrisi sehingga juga kerap dikonsumsi sebagai suplemen. Adanya kandungan antioksidan, anti bakteri, anti peradangan serta kaya vitamin menjadikan moringa sebagai bahan aktif yang sangat baik bagi produk perawatan kulit.

Vitamin C alaminya dapat meningkatkan produksi kolagen yang sekaligus berfungsi sebagai anti aging.

Moringa juga tinggi vitamin A (asal retinol) yang secara efektif mendorong regenerasi kulit, membersihkan masalah komedo dan jerawat, meminimalisir hiperpigmentasi serta menghilangkan garis-garis halus. Kandungan vitamin E berkhasiat menutrisi kulit, melembabkan kulit kering, dan melindungi dari polusi.

Centella Asiatica/Cica/Pegagan

skincare dengan kandungan bahan alami
Centella dalam Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum/Foto: Instagram/somebymi

Centella sejak dulu menjadi salah satu tanaman yang dipercaya ampuh mengobati berbagai penyakit kulit. Kandungan saponin pada daun centella membantu meredakan iritasi kulit akibat pemakaian produk skincare yang iritan atau sengatan matahari.

Selain itu, centella juga bermanfaat mengatasi kerusakan kulit dan penyembuhan radang, mengurangi kerutan halus, noda hitam, dan juga meningkatkan produksi kolagen yang dapat menstimulus proses regenerasi kulit.

Itulah alasan produk skincare dengan kandungan centella sangat digandrungi oleh pemilik jenis kulit acne prone.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id