sign up SIGN UP

SKINCARE

Kenalan dengan Retinol, Si Anti-Aging Hero!

Phanie Fauziah | Rabu, 23 Dec 2020 22:00 WIB
Kenalan dengan Retinol, Si Anti-Aging Hero!
caption

Pertambahan usia menjadi salah satu alasan masalah kulit. Tidak sedikit orang mencari cara agar menghindari penuaan pada kulit. Berbagai skincare diaplikasikan untuk menghilangkan masalah kulit, salah satunya kerutan di wajah.

Tapi, tahukah Ladies? Bahwa ada banyak produk skincare yang berisi kandungan terbaru dan memiliki sifat paling efektif melawan tanda-tanda penuaan. Salah satunya dinamakan retinol. Kenalan dengan pahlawan anti-aging ini yuk!

Apa itu Retinol?

Retinol Solusi Penuaan Dini/Freepik
Retinol Solusi Penuaan Dini/Freepik

Retinol merupakan zat yang dibuat dari vitamin A. Bahan ini biasa ditemukan dalam krim perawatan wajah yang mampu meningkatkan jumlah kolagen yang dibuat oleh tubuh untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada bagian wajah. Selain itu retinol akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan mengurangi bercak pada wajah.

Tidak sedikit dokter kulit yang merekomendasikan jenis retinol yang lebih kuat seperti tretinoin yang akan memperlambat penuaan pada kulit, memperbaiki tekstur warna yang tidak teratur, dan akan membersihkan jerawat pada wajah.

Penggunaan retinol ini direkomendasikan saat malam hari, karena retinol dapat membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Pada pagi harinya, pastikan untuk menggunakan pelembap dan tabir surya.

Efek Retinol pada Kulit

Retinol Solusi Penuaan Dini
Retinol Solusi Penuaan Dini/Freepik

Penggunaan retinol pada kulit akan mempercepat siklus regenerasi sel kulit dan membuat kulit lebih halus. Seseorang yang menggunakan retinol akan merasakan kulit yang lebih kencang, berkurangnya kerutan pada kulit wajah, juga mengurangi hiperpigmentasi atau warna kulit lebih merata dan cerah. Retinol juga akan membersihkan pori-pori yang tersumbat sehingga akan terjadi proses pembaruan sel kulit dengan cepat.

Retinol Solusi Penuaan Dini
Retinol Solusi Penuaan Dini/Freepik

Efek ini setidaknya akan dirasakan perubahannya setelah penggunaan 4 minggu. Jika ingin lebih signifikan, penggunaan retinol akan memakan waktu hingga 3 bulan lamanya. Beruntungnya, retinol ini termasuk bahan yang baik untuk berbagai jenis kulit, termasuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif.

Namun, perlu waspada juga untuk seseorang yang memiliki kondisi kulit seperti rosacea, eksim, atau psoriasis, karena penggunaan retinol akan membuat lebih banyak peradangan, dan bisa memperburuk kondisi kulit.

Retinol akan bekerja dengan baik bagi seseorang yang telah menginjak usia 30 tahun, tepatnya yang memiliki garis-garis halus dan kerutan di wajah. Tapi buat kamu yang berumur 20 an juga boleh kok memakai retinol!

Pastikan untuk tidak menggunakan retinol saat sedang hamil atau menyusui untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan ya ladies.

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id