sign up SIGN UP

SKINCARE

Kenali Penyebab Munculnya Komedo Putih di Hidung

Fahira mahza | Sabtu, 02 Jan 2021 19:00 WIB
Kenali Penyebab Munculnya Komedo Putih di Hidung
caption
Jakarta -

Salah satu masalah kulit yang sering terjadi dan cukup mengganggu penampilan adalah komedo. Komedo terbagi menjadi dua jenis yaitu komedo putih dan komedo hitam. Kebanyakan orang bermasalah dengan komedo putih karena lebih mudah muncul di hidung.

Komedo putih merupakan sejenis jerawat yang terbentuk akibat penyumbatan pori yang disebabkan oleh minyak, sel-sel kulit mati dan kotoran. Komedo putih dapat muncul di bagian wajah manapun seperti dagu, dahi, hidung maupun pipi.

Sekilas komedo putih nampak seperti jerawat pasir. Munculnya komedo putih mungkin tidak menimbulkan efek sakit namun cukup mengganggu penampilan. Beberapa hal ini dapat menjadi penyebab terbentuknya komedo putih.

Konsumsi makanan yang tidak sehat

konsumsi junk food
konsumsi junk food/foto: freepik.com

Salah satu penyebab utama munculnya komedo putih adalah akibat kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau makanan yang memicu timbulnya komedo. Makanan yang dapat memicu timbulnya komedo adalah junk food, makanan berlemak, olahan seafood, makanan tinggi gula serta makanan instan dan yang mengandung susu. Sebaiknya kamu mengurangi mengkonsumsi makanan tersebut.

Stress

stress
stress/foto: freepik.com

Munculnya komedo putih bisa jadi disebabkan oleh stress yang kamu alami. Semakin tinggi stress peluang munculnya komedo juga semakin tinggi. Ketika kamu berada di situasi yang penuh tekanan maka sel-sel penghasil minyak tidak diregulasi, sehingga produksi sebum berlebih dan akan menyumbat pori-pori. Hal ini selain menimbulkan komedo bisa juga memicu timbulnya jerawat.

Pubertas

pubertas
ilustrasi pubertas/foto: freepik.com

Pubertas pada anak lai-laki dan perempuan terjadi pada usia yang berbeda. Umumnya anak laki-laki mulai pubertas di usia 11 tahun namun pada perempuan biasanya di umur yang lebih muda. Ketika masa pubertas datang maka akan terjadi perubahan hormon yang dapat berdampak pada produksi sebum dan kelenjar keringat yang bisa memunculkan komedo putih.

Jarang membersihkan wajah

jarang membersihkan wajah
membersihkan wajah/foto: freepik.com

Komedo dapat timbul karena wajah yang kotor akibat penumpukan komedo dan kotoran. Karena itu kamu harus rajin membersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Cucilah wajahmu 2 kali sehari untuk menjaga keseimbangan pH di wajah serta menghindari kotoran dan debu.

Terlalu sering menggunakan make up

terlalu sering menggunakan make up
menggunakan make up/foto: freepik.com

Penggunaan make up yang berlebih dapat membuat kulit tersumbat dan sirkulasi udara menurun. Akibatnya komedo putih akan lebih mudah tumbuh di wajah. Berilah jeda kepada wajahmu ketika ingin menggunakan make up. Jangan gunakan make up selama 24 jam.

Beberapa hal tersebut dapat memicu timbulnya komedo di wajah. Rawatlah wajah dengan rutin membersihkan wajah dan mengatur pola hidup sehat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id