sign up SIGN UP

Kenapa Setiap Haid Muncul Jerawat? Ini Alasannya!

Izzul Millati Umami | Jumat, 18 Jun 2021 11:30 WIB
Kenapa Setiap Haid Muncul Jerawat? Ini Alasannya!
caption

Apakah kulit wajah kamu bermasalah ketika haid saja? Hm, kenapa ya bisa begitu? Sering banget sih kulit yang mulanya baik-baik saja jadi tiba-tiba muncul jerawat pas hari H. Masalah ini tentu bikin kamu pusing tuju keliling. Mau kondangan pun jadi nggak percaya diri karena jerawat yang datang tanpa diundang. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, lebih baik kamu ketahui dulu alasan munculnya jerawat saat menstruasi datang. 

Penyebab Jerawat Muncul Saat Menstruasi

jerawat menstruasi
jerawat menstruasi/sumber:pexels.com

Well, sebelumnya, jerawat muncul karena menstruasi saat seorang wanita mengalami masa PMS karena perubahan hormon. Kadar hormon pada tubuh Ladies bisa membuat perubahan yang luar biasa pada kulit. Ini karena, saat datang bulan, progresteron dan esterogen akan mengalami kenaikan. Produksi sebum pada kulit pun akan semakin naik.

Inilah yang menyebabkan jerawat muncul pada saat menstruasi. Namun, kamu masih bisa mengatasi hal ini dengan cara merawat kulit agar terhindar dari jerawat datang bulan. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan Wajah Setiap Harinya

membersihkan wajah
membersihkan wajah/sumber:pexels.com

Masalah jerawat erat kaitannya dengan kebersihan. Ladies harus paham bahwa mencuci wajah dengan rutin bisa membantu Ladies terhindar dari masalah jerawat yang kemungkinan datang di kemudian hari. So, tetap rutinlah menggunakan cuci muka serta bantuan micellar water untuk mengangkat kotoran. 

2. Banyak-banyaklah Mengonsumsi Air Putih

Ladies, konsumsi air putih ternyata sangat bagus untuk meningkatkan imun tubuh. Hasilnya, wajah pun jadi semakin bersih dan terhindar dari masalah jerawat. Minimal konsumsi 8 gelas air putih per harinya untuk mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat. 

3. Atur Asupan Makanan

asupan makan
asupan makan/sumber:pexels.com

Ladies pun wajib banget mengatur asupan makanan yang ada. Hindari memakan makanan yang sensitif semacam susu serta produk yang mengandung MSG berlebihan. Perbanyak makan sayur dan buah supaya kondisi wajah Ladies pun semakin membaik. 

4. Rajinlah Berolahraga

olahraga
olahraga/sumber:pexels.com

Ladies pun wajib berolahraga untuk membuang kotoran dan sel-sel mati dari dalam tubuh. Saat masa menstruasi datang, seringnya kulit Ladies akan mudah sensitif dan breakout. So, dengan bantuan olahraga, kulit pun akan lebih baik, bahkan saat masa menstruasi datang. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id