sign up SIGN UP

Penyebab Scalp Acne dan Cara Mengatasinya

Dimitrie Hardjo | Rabu, 16 Jun 2021 20:30 WIB
Penyebab Scalp Acne dan Cara Mengatasinya
caption
Jakarta -

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh yang kotor dan dipenuhi bakteri. Kulit kepala menjadi salah satu tempat yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Scalp acne atau jerawat di area kulit kepala memang tertutup oleh rambut sehingga tidak mengganggu penampilan. Namun, jerawat tersebut akan terasa sakit saat ketika terkena sisir.

Menjaga kebersihan rambut untuk menghindari jerawat.
Menjaga kebersihan kulit kepala untuk menghindari jerawat. Foto: freepik.com

Karena timbul di area rambut, mungkin kamu punya beberapa pertanyaan untuk mengobatinya. Ternyata cara mengatasi scalp acne mudah lho jika kamu tahu langkah apa yang harus dilakukan! Tapi sebelumnya, yuk ketahui penyebab scalp acne agar kamu bisa menghindarinya, Beautynesian!

Penyebab Scalp Acne

Penyebab scalp acne.
Penyebab scalp acne. Foto: freepik.com

Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh pori - pori yang tersumbat, termasuk di bagian kulit kepala. Pori - pori yang tersumbat dan menyebabkan scalp acne tersebut merupakan akibat dari rambut dan kulit kepala yang kotor, tidak keramas saat berkeringat, dan penggunaan produk rambut yang tidak cocok. Selain itu, hormon kortisol meningkat, tubuh akan memproduksi minyak lebih banyak, jadi stres dan kurang tidur juga bisa menjadi penyebab.

Cara Menghilangkan Scalp Acne

Cara mengatasi scalp acne.
Cara mengatasi scalp acne. Foto: freepik.com

1. Rajin membersihkan rambut

Karena penyebab utama scalp acne adalah rambut dan kulit kepala yang kotor, maka kamu perlu rajin membersihkan rambut, apalagi ketika berkeringat setelah olahraga atau menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Keramas setiap 2 hari sekali juga akan membantu mencegah jerawat di kulit kepala.

2. Gunakan shampo dengan kandungan khusus

Jika shampoo atau conditioner yang menjadi penyebab scalp acne kamu, kamu perlu hentikan penggunaannya. Carilah shampo sulfat-free dengan kandungan salicylic acid, glycolic acid, ketoconazole, ciclopirox, tea tree oil, atau jojoba oil yang baik untuk menghilangkan jerawat.

3. Kurangi pemakaian produk rambut

Hentikan pemakaian produk rambut dengan kandungan minyak untuk sementara waktu. Jika kamu menggunakan banyak produk untuk rambut, seperti hair spray atau gel, menghindari penggunaannya hingga jerawat benar - benar sembuh akan sangat membantu.

4. Jangan memencet jerawat

Seperti jerawat pada wajah, memencet jerawat akan memperparah kondisinya. Jerawat di kulit kepala akan menyebabkan bopeng, bahkan kebotakan pada areanya jika jerawat tersebut pecah. Karenanya, hindari menyentuh dan memencet jerawat.

5. Pijat rambut dengan lembut

Selama terdapat jerawat di kulit kepala, usahakan berhati - hati ketika menyentuh daerah rambut. Pijatlah kulit kepala secara perlahan ketika keramas agar jerawat tidak pecah.

6. Gunakan produk jerawat untuk jerawat ringan

Kamu boleh menggunakan produk jerawat, seperti obat jerawat dengan salicylic acid atau tea tree pada jerawat yang ringan. Namun, hindari penggunaan benzoyl peroxide karena dapat melunturkan pigmen rambut atau bleach. Jika jerawat semakin parah, kamu bisa berkonsultasi ke dokter kulit.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id