sign up SIGN UP

SKINCARE

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Cuci Muka, Jadi Sia-sia Deh!

aqillahdiaz | Sabtu, 27 Mar 2021 09:00 WIB
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Cuci Muka, Jadi Sia-sia Deh!
caption
Jakarta -

Mencuci muka adalah salah satu hal yang pasti dilakukan oleh banyak orang untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Meskipun sering dilakukan dan cukup terlihat mudah, tetapi masih banyak kesalahan dalam mencuci muka. Jika kesalahan terus menerus dilakukan, maka akibatnya bukan wajah menjadi bersih, melainkan dapat menimbulkan jerawat dan iritasi.

Nah, apa saja kesalahan dari cuci muka yang sering dilakukan? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Tidak mencuci tangan sebelum mencuci muka

washing hand (sumber : freepik)
washing hand (sumber : freepik)

Sebelum mencuci muka, pastikan tangan kalian dalam keadaan bersih ya, ladies. Hal tersebut dikarenakan bakteri maupun kuman yang ada pada tangan dapat menyebabkan masalah pada wajah, seperti jerawat.

Mencuci muka tanpa membersihkan make up dan debu

cleansing face (sumber : freepik)
cleansing face (sumber : freepik)

Setelah seharian beraktivitas, tubuh kita akan lelah dan menyebabkan malas untuk membersihkan make up, sehingga banyak orang yang langsung mencuci muka tanpa memperhatikan kebersihan wajah terlebih dahulu. Make up yang belum dihapus dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat memunculkan komedo. Jadi, pastikan kalian tidak lupa untuk membersihkan make up dulu ya sebelum mencuci muka.

Menggunakan air dengan suhu tinggi/rendah

sumber : freepik
sumber : freepik

Temperatur air rendah ataupun tinggi dapat membuat kulit kering dan juga bisa menyebabkan iritasi. Air yang terlalu dingin tidak dapat membersihkan kotoran wajah secara bersih. Bagi kalian yang memiliki kulit sensitif, kalian harus lebih berhati-hati ya, ladies. Temperatur yang pas untuk mencuci muka adalah air hangat karena dapat merilekskan otot wajah. 

Tidak mengeringkan wajah dengan handuk khusus

sumber : freepik
sumber : freepik

Nah, ini dia kesalahan yang sering terjadi tanpa disadari, yakni menggunakan handuk yang tidak bersih untuk mengusap wajah setelah cuci muka. Kalian juga harus membedakan handuk untuk badan dan untuk wajah ya, karena bakteri dan kuman yang ada pada handuk dapat menyebabkan penyakit kulit. 

Terlalu sering mengeksfoliasi kulit wajah

sumber : freepik
sumber : freepik

Terlalu sering mengeksfoliasi kulit juga dapat membuat wajah iritasi, sehingga kalian hanya perlu melakukan eksfoliasi 1 atau 2 kali dalam seminggu. Hal ini adalah salah satu kesalahan saat mencuci muka karena, jika muka iritasi atau kering akibat eksfoliasi, maka juga akan membuat wajah menjadi sensitif.

Nah, itu adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari ya, ladies. Untuk itu, kalian harus lebih berhati-hati lagi!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id