sign up SIGN UP

Kiat Meratakan Warna Kulit Agar Nggak Belang dan Terlihat Bersih

Dian Aprilia | Selasa, 06 Jul 2021 13:30 WIB
Kiat Meratakan Warna Kulit Agar Nggak Belang dan Terlihat Bersih
caption

Warna kulit yang merata dan indah adalah dambaan setiap wanita. Tak peduli sawo matang, kuning langsat atau putih jika warna kulit merata dan terlihat sehat itu sudah cukup membuat penampilan yang menawan. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah warna kulit menjadi tidak merata karena berbagai penyebab.

Biasanya warna kulit tidak merata ini sering terjadi pada pengguna hijab. Area wajah yang tidak tertutupi hijab jadi terlihat lebih gelap dan kusam, sementara area wajah yang tertutupi terlihat lebih cerah dan bersih. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara meratakan warna kulit wajah agar terlihat bersih dan cantik.

Gunakan Sunscreen

Tips meratakan warna kulit dengan sunscreen
Tips meratakan warna kulit dengan sunscreen/pexels.com/Karolina Grabowska

Jenis warna kulit setiap orang berbeda-beda. Ada yang kuning langsat, hitam, sawo matang, putih gading, putih merona dan lainnya. Kondisi ini sangat berbeda dengan masalah warna kulit tidak merata. Misalnya kulit belang, noda hitam, bekas jerawat dan lainnya.

Cara ampuh untuk mengatasi warna kulit yang tidak merata adalah sunscreen. Sebab salah satu penyebab kulit belang adalah paparan sinar matahari. Akibatnya tubuh memproduksi melanin guna memperbaiki sel yang terkena radiasi. Hal ini membuat warna kulit jadi gelap.

Eksfoliasi AHA

Tips meratakan warna kulit dengan eksfoliasi
Tips meratakan warna kulit dengan eksfoliasi/pexels.com/Monstera

Masalah warna kulit yang tidak merata bisa dialami oleh berbagai jenis warna kulit. Salah satu masalah warna kulit yang tidak merata adalah tersisanya bekas jerawat di area wajah. Hal ini membuat wajah dipenuhi dengan bercak gelap yang berwarna cokelat tua, abu-abu atau ungu tua.

Cara ampuh selanjutnya untuk mengatasi warna kulit adalah penggunaan eksfoliasi AHA (Alpha Hydroxid Acid). AHA bermanfaat untuk melepaskan ikatan kulit mati di wajah serta merangsang pembentukan kolagen. Alhasil wajah bisa terlihat bersih karena sisa jerawat terangkat maksimal.

Hindari Memencet Jerawat

Tips meratakan warna kulit dengan hindari memencet jerawat
Tips meratakan warna kulit dengan hindari memencet jerawat/pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara meratakan warna kulit wajah yang disebabkan oleh bekas jerawat adalah tidak memencet jerawat. Sebab memencet jerawat bisa membuat jerawat menyisakan bekas. Untuk itu, usahakan menahan diri agar tangan tidak memegang wajah ataupun memencet jerawat.

Penggunaan Serum Brightening

Tips meratakan warna kulit dengan serum brightening
Tips meratakan warna kulit dengan serum brightening/pexels.com/Shiny Diamond

Serum Brightening adalah salah satu produk yang ampuh untuk meratakan warna kulit wajah. Tidak peduli apa pun jenis warna kulitmu dan apa warna kulit idamanmu, kamu tetap perlu menggunakan serum brightening.

Pasalnya serum brightening bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, sehingga wajah terlihat lebih sehat, bersih dan tidak kusam. Kandungan brightening serum di antaranya adalah vitamin C dan Niacinamide.

Lakukan Treatment ke Dokter

Tips meratakan warna kulit dengan ke dokter
Tips meratakan warna kulit dengan ke dokter/pexels.com/Gustavo Fring

Apabila kamu sudah mencoba 4 cara di atas, tetapi belum berhasil membuat warna kulit merata. Maka cara meratakan warna kulit wajah yang terakhir adalah melakukan treatment ke dokter. Dokter akan memberikan resep obat atau krim yang efektif serta saran-saran terkait perawatan wajah.

Itulah 5 tips meratakan warna kulit agar wajah terlihat lebih cantik dan segar. Selamat mencoba beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id