sign up SIGN UP

MAKE-UP

Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Foundation di Wajah Tidak Berakhir Cakey

Hijria Khatimi | Senin, 05 Jul 2021 14:00 WIB
Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Foundation di Wajah Tidak Berakhir Cakey
caption

Foundation menjadi alas makeup yang penting untuk meratakan warna kulit, serta membuat kulit wajah terlihat mulus.

Namun saat menggunakan foundation, terkadang hasil akhir yang didapatkan malah terlihat cakey dan tidak rata. Ini bisa terjadi kalau kamu melakukan beberapa kesalahan dalam memakai foundation.

Nah, supaya mendapatkan hasil yang mulus dan tidak cakey, ini dia 5 kesalahan memakai foundation yang harus kamu hindari, Beauties!

1. Lupa Bersihkan Wajah Sebelum Pakai Foundation

Bersihkan wajah sebelum memakai foundation
Bersihkan wajah sebelum memakai foundation/Foto: Pexels/Ron Lach

Kesalahan memakai foundation yang pertama adalah tidak membersihkan wajah. Memastikan keadaan kulit wajah yang bersih sangat penting sebelum mulai memakai foundation. Kulit wajah yang kotor dan berminyak akan membuat foundation sulit dibaurkan dan menempel dengan tidak rata. Karena itu, usahakan selalu membersihkan wajah sebelum pakai foundation ya, Beauties.

2. Memakai Foundation Tanpa Primer

Memakai primer sebelum foundation
Memakai primer sebelum foundation/Foto: Freepik/lookstudio

Setelah memastikan kulit dalam keadaan bersih, pakailah primer yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Primer berperan untuk membuat foundation yang kamu pakai menempel dengan sempurna. Foundation yang menempel dengan sempurna di kulit, dapat mengurangi resiko makeup yang terlihat cakey.

3. Terlalu Banyak Pakai Foundation

Terlalu banyak memakai foundation
Terlalu banyak memakai foundation/Foto: Pexels/cottonbro

Foundation memang membuat wajah seketika terlihat halus, cerah, sehat, dan seolah tanpa noda. Tapi, berhati-hatilah agar jangan sampai menggunakan foundation terlalu banyak.

Menggunakan terlalu banyak foundation merupakan salah satu kesalahan yang menyebabkan makeup menjadi cakey. Selain itu, foundation akan terlihat kurang menyatu dengan kulitmu dan terlalu tebal.

4. Tidak Menggunakan Aplikator Foundation yang Tepat

Menggunakan aplikator foundation yang tepat
Menggunakan aplikator foundation yang tepat/Foto: Freepik/Freepik

Masih banyak perempuan yang mengandalkan jari tangan sebagai aplikator saat memakai foundation. Meski terlihat lebih praktis, mengandalkan jari sebagai aplikator foundation akan membuatnya kurang terbaurkan dengan sempurna.

Sebaiknya, gunakanlah aplikator seperti kuas foundation atau beauty blender berkualitas tinggi agar terhindar dari hasil akhir foundation yang cakey.

5. Tidak Mengunci Foundation dengan Benar

Mengunci foundation dengan setting spray
Mengunci foundation dengan setting spray/Foto: Unsplash/Mathilde Langevin

Kesalahan ini mungkin terdengar sepele, namun kalau diabaikan bisa membuat foundation menjadi cakey dan mudah luntur, lho. Karena itu, jangan lupa untuk mengunci makeup kamu dengan bedak tabur dan setting spray.

Kiat makeup yang satu ini akan memberi kamu hasil akhir foundation lebih mulus dan tidak mudah luntur.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id