sign up SIGN UP

Kondisi Kulit Semakin Memburuk? Bisa Jadi Karena Eksfoliasi Berlebihan!

Fahira mahza | Sabtu, 13 Nov 2021 06:30 WIB
Kondisi Kulit Semakin Memburuk? Bisa Jadi Karena Eksfoliasi Berlebihan!
caption
Jakarta -

Kulit merupakan salah satu investasi bagi perempuan, terutama kulit wajah. Sebab, memiliki kulit yang indah akan menambah rasa percaya diri dari penampilan seseorang, khususnya perempuan. Salah satu yang dilakukan perempuan untuk merawat kulit yaitu dengan melakukan eksfoliasi, yaitu salah satu jenis perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Eksfoliasi sangat dibutuhkan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah sehingga tidak menimbulkan permasalahan kulit serta akan membuat penggunaan skincare menjadi lebih efektif. Selain itu, eksfoliasi juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, dan menyamarkan kerutan halus.

Eksfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari karena dapat membuat kulit menjadi rusak. Namun, terkadang beberapa orang melakukannya setiap hari sebab mereka merasa itu perlu dilakukan, padahal hal tersebut merupakan hal yang salah. Berikut merupakan 5 tanda apabila kulitmu telah mengalami eksfoliasi yang berlebihan!

1. Kulit Terlihat Mengilap

Kulit terlihat mengilap
Kulit terlihat mengilap/foto:pexels.com

Salah satu ciri apabila kamu mengalami over exfoliate pada kulitmu yaitu kulit akan terlihat mengilap. Sebab kulit yang mengalami over exfoliate akan membuat kulit terlihat seperti dilapisi lilin atau plastik sehingga kulit akan mengalami pantulan ketika terkena cahaya.

Hal tersebut dikarenakan tekstur alaminya sudah dilembutkan secara berlebihan yang akan menciptakan penampilan yang tidak natural. Biasanya hal seperti ini terjadi  pada pengguna bahan perawatan kulit yang mengandung Retin-A.

2. Kulit Menjadi Kasar, Bersisik, dan Mengelupas

Kulit menjadi kasar, bersisik, dan mengelupas
Kulit menjadi kasar, bersisik, dan mengelupas/foto:pexels.com

Ketika kamu melakukan eksfoliasi secara berlebihan akan membuat kulitmu kehilangan kemampuan untuk mempertahankan air. Karena kulitmu sudah tak mampu mempertahankan kelembaban maka akan akan menyebabkan kulit menjadi kasar, bersisik, dan mengelupas.

Padahal hal tersebut adalah sesuatu yang harus kamu hindari karena akan membuat kulit terlihat tidak sehat dan bisa menyebabkan masalah kulit lainnya.

3. Kulit Lebih Berminyak dari Biasanya

Kulit lebih berminyak dari biasanya
Kulit lebih berminyak dari biasanya/foto:pexels.com

Apabila kulitmu sebelumnya bukan tipe berminyak namun tiba tiba berubah menjadi berminyak, hal itu patut kamu sadari bisa saja itu merupakan ciri ciri kamu mengalami over exfoliate. Ketika kamu melakukan eksfoliasi secara berlebihan akan memaksa kulitmu memproduksi minyak semakin banyak untuk membuatnya tak dehidrasi.

Sehingga kulitmu akan lebih berminyak dari biasanya. Namun, hal tersebut dapat mengakibatkan timbulnya jerawat.

4. Kulit Menjadi Dehidrasi dan 'Menipis'

Kulit mengalami dehidrasi dan menipis
Kulit mengalami dehidrasi dan menipis/foto:unsplash.com

Ciri lain kulitmu mengalami over exfoliate yaitu kulit mengalami dehidrasi dan menipis. Hal ini dapat terlihat dari munculnya kerutan halus pada wajahmu. Selain itu tekstur kulit juga akan terlihat kering dan kasar.

Apabila kamu merasa kulit sekitar mata terlihat menipis dan menunjukkan garis-garis halus, atau garis-garis ekspresi wajahmu jauh lebih nyata, hal tersebut mengartikan bahwa kulitmu telah mengalami dehidrasi.

5. Jerawat Makin Parah

Jerawat semakin parah
Jerawat semakin parah/foto:pexels.com

Saat kamu melakukan eksfoliasi secara berlebihan penghalang pada kulitmu akan terpecah, sehingga dapat mengundang bakteri masuk ke dalamnya. Hal tersebut dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat dan apabila hal tersebut terus menerus kamu lakukan maka akan menyebabkan jerawat yang semakin parah bahkan meradang yang dapat membuat estetika pada kulitmu hilang.

Nah, itulah 5 ciri apabila kulitmu mengalami over exfoliate. Ketika kamu mengalami ciri tersebut segera hentikan melakukan eksfoliasi setiap harinya dan segera ke dokter untuk memperbaiki kulitmu. Ingatlah bahwa ekfoliasi yang baik dilakukan 2 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id