sign up SIGN UP

SKINCARE

Kulit Berbintil di Ketiak? Begini Cara Mengatasinya!

Fauziana Hilda | Selasa, 14 Jan 2020 06:45 WIB
Kulit Berbintil di Ketiak? Begini Cara Mengatasinya!
caption
Meski tak selalu tampak, kamu tetap perlu memperhatikan penampilan ketiak. Kulit ketiak yang berbintil tentu akan membuatmu kurang percaya diri enggak, sih? Jika kulit berbintil di ketiak, atasi dengan cara ini yuk, Ladies!
Masalah ketiak yang berbinti meski terlihat sepele, sebenarnya bisa mendatangkan bahaya, Ladies. Biasanya munculnya bintil di ketiak bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi virus, alergi, pemaikan deodoran, mencukur atau mencabut bulu ketiak dan bahkan kanker.

Ketiak sebagai area yang bisa meningkatkan kepercayaan diri juga perlu kamu perhatikan kondisinya. Untuk mendapatkan ketiak yang mulus dan lembut, Ladies perlu melakukan beberapa perawatan. Namun tak boleh sembarangan karena jika salah nanti akan muncul bintil-bintil di area ketiak.

Jika bintil-bintil di area ketiak sudah terlihat parah, kamu sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit dan kecantikan. Tapi apabila bukan termasuk penyakit yang serius, mungkin kamu bisa coba cara mengatasi bintil di ketiak berikut ini. Simak, yuk!

Kompres Menggunakan Air Hangat


Image Source: https://www.freepik.com/

Cara yang pertama untuk mengatasi bintil di ketiak adalah dengan menggunakan air hangat, Ladies. Kamu bisa mengompres bintil pada ketiak dengan air panas, suhu air panas akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat bintil atau benjolan di ketiak mengecil dengan sendirinya. Lakukan cara ini secara rutin agar bintil di ketiak cepat mengempis, ya.


Eksfoliasi


Image Source: https://www.freepik.com/

Tak hanya wajah saja yang perlu di eksfoliasi, ternyata kulit ketiak juga perlu. Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan sisa-sisa deodoran di kulit ketiak. Caranya adalah dengan menggunakan handuk atau mild scrub, gosok dengan lembut di area kulit ketiak. Rutin melakukan eksfoliasi dipercaya dapat mencegah peradangan, menghilangkan lapisan kulit yang bergelombang, serta membuat kulit ketiak bersih dan sehat.


Gunakan Toner dan Serum yang Mengandung Exfoliant


Image Source: https://www.freepik.com/

Cara selanjutnya untuk mengatasi bintil pada ketiak adalah dengan menggunakan toner dan serum yang mengandung exfoliant, seperti retino dan glycolic. Kedua kandungan ini mampu mengeksfoliasi lapisan kulit teratas dan juga menghilangkan kulit kasar di area ketiak secara perlahan. Namun, perlu berhati-hati saat menggunakan produk ini karena kulit ketiak lebih tipis dan sensitif.



PIlih Sabun yang Lembut


Image Source: https://www.freepik.com/

Menjaga kebersihan kulit ketiak juga merupakan hal yang penting. Tak hanya deodoran saja, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih sabun. Disarankan untuk memilih sabun yang lembut, tidak mengandung pewangi dan alkohol. Kandungan tersebut dapat menyababkan iritasi, gatal-gatal dan peradangan. Pastikan untuk selalu membersihkan sisa-sisa kotoran dan deodoran yang ada di bawah ketiak kamu ya, Ladies.


Treatment Pengelupasan Kulit


Image Source: https://www.freepik.com/

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mencoba treatment eksfoliasi seperti mikrodermabrasi atau chemical peeling dari ahli kulit dan kecantikan. Selain bisa mencegah bintil pada ketiak, efek dari perawatan ini bisa membuat kulit kamu lebih cerah dan halus, lho. Ketiak yang bersih dan sehat pastinya dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Yuk, dicoba!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id