sign up SIGN UP

SKINCARE

Kulit Jerawatan? 6 Ingredients Berikut Bisa Jadi Andalanmu!

Meydiana Adinda | Rabu, 02 Jun 2021 10:00 WIB
Kulit Jerawatan? 6 Ingredients Berikut Bisa Jadi Andalanmu!
caption

Dalam merawat kulit berjerawat ada banyak pilihan skincare yang bisa Ladies pilih, mulai dari cleanser hingga moisturizer dengan bahan-bahan yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.

Ada banyak bahan-bahan yang bermanfaat untuk kulit berjerawat, seperti Salicylic Acid hingga Centella Asiatica. Bahan-bahan ini dapat memberikan banyak manfaat seperti membersihkan pori-pori hingga menenangkan kulit yang radang.

Nah, kali ini Beautynesia akan menyajikan artikel tentang bahan-bahan yang bisa Ladies pilih untuk membantu merawat kulit yang sedang berjerawat. Yuk disimak!

1. Salicylic Acid

Ingredients Skincare yang Bagus untuk Kulit Berjerawat
Salicylic Acid/instagram.com/cosrx_indonesia

Salicylic Acid dapat membantu membersihkan wajah hingga ke pori-pori, hal ini karena Salicylic Acid akan mengeksfoliasi kulit di dalam hair follicle, jadi kandungan ini bukan cuma bekerja di permukaan kulit saja. Maka dari itu, menggunakan skincare dengan kandungan Salicylic Acid sekitar 2% di dalamnya dapat membantu meredakan jerawat di kulit.

Selain itu kandungan ini juga dapat membantu merawat kulitmu yang sedang radang. Yang perlu dicatat, penggunaan bahan ini di malam hari harus dibarengi dengan sunscreen di pagi harinya karena bahan ini dapat memicu sensitivitas terhadap matahari.

2. Retinoid

Ingredients Skincare yang Bagus untuk Kulit Berjerawat
Retinoid/instagram.com/avoskinbeauty

Bahan satu ini bukan hanya terkenal sebagai bahan antiaging, lho. Kandungan retinoid dalam skincare juga dapat membantu merawat kulit berjerawat. Hal ini dikarenakan sifat retinoid yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit.

Kandungan retinoid bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus merangsang pertumbuhan sel kulit baru, ia juga membantu mengurangi produksi minyak di wajah serta membuka kembali pori-pori kulit yang tersumbat. Nah, jika berminat menggunakan bahan satu ini, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen di pagi harinya ya, Ladies.

3. Benzoyl Peroxide

Ingredients Skincare yang Bagus untuk Kulit Berjerawat
Benzoyl Peroxide/paulaschoice.com

Bahan yang kerap ditemui di dalam acne spot treatment ini memang memiliki banyak manfaat untuk kulit berjerawat. Benzoyl Peroxide dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi minyak berlebih, dan menyingkirkan sel kulit mati.

4. Niacinamide

Ingredients Skincare yang Bagus untuk Kulit Berjerawat
Niacinamide/instagram.com/deciem

Bahan yang dikenal multifungsi ini juga memiliki banyak manfaat untuk kulit berjerawat. Niacinamide punya fungsi anti-inflamasi sehingga bagus dipakai oleh kulit berjerawat yang cenderung mudah radang dan kemerahan. Selain itu, skincare dengan Niacinamide juga dapat membantu meningkatkan produksi ceramide sehingga dapat memperkuat skin barrier.

5. Centella Asiatica

Ingredients Skincare yang Bagus untuk Kulit Berjerawat
Centella Asiatica/instagram.com/npureofficial

Kandungan yang mulai populer sejak beberapa waktu lalu ini masih jadi favorit banyak orang, termasuk para pemilik kulit acne prone. Centella Asiatica ini dipilih untuk merawat kulit berjerawat karena dapat menenangkan kulit, khususnya jerawat yang sedang aktif dan meradang.

[Gambas:Instagram]

6. Tea Tree Oil

Ingredients Skincare yang Bagus untuk Kulit Berjerawat
Tea Tree Oil/instagram.com/thebodyshopindo

Bahan yang berasal dari tumbuhan Melaleuca Alternifolia yang daunnya berbentuk seperti jarum ini dikenal baik bagi kulit berjerawat. Tea tree oil dapat membantu melawan dan mengurangi bakteri dan jamur, menenangkan kulit, hingga mengurangi alergi. Namun di beberapa orang, misalnya pemilik kulit sensitif, bahan satu ini bisa menyebabkan kulit kering.

Nah, itu dia enam ingredients yang dapat Ladies andalkan untuk merawat kulit yang sedang berjerawat. Semoga bermanfaat, ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id