sign up SIGN UP

SKINCARE

Kulit Kamu Semakin Berminyak? Coba untuk Hindari 5 Kebiasaan Ini

Intan Dwi | Rabu, 18 Nov 2020 14:30 WIB
Kulit Kamu Semakin Berminyak? Coba untuk Hindari 5 Kebiasaan Ini
caption
Jakarta -

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak pasti agak repot deh, ditambah kulit berminyak menjadi faktor utama penyebab jerawat. Maka dari itu, pasti kamu dituntut untuk melakukan segudang rutinitas perawatan khusus demi wajah agar terlihat lebih sehat dan tidak tampak kusam.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Karena ada kebiasaan yang ternyata malah berpotensi membuat kulit wajah tambah berminyak. Ada apa saja?

Mengabaikan Pelembab

kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab, karena tujuannya untuk menghidrasi serta melembapkan wajah dan juga menyeimbangkan kadar minyak.
Mengabaikan Pelembab/instagram.com/cosrx

Kalian yang memiliki kulit berminyak pasti sering mengesampingkan penggunaan pelembab ini? Padahal kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab, karena tujuannya untuk menghidrasi serta melembapkan wajah dan juga menyeimbangkan kadar minyak.

Jangan lupa pilihlah pelembab yang berbahan dasar air serta memiliki label oil-free dan non- comedogenic.

Salah Memilih Pembersih

kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab, karena tujuannya untuk menghidrasi serta melembapkan wajah dan juga menyeimbangkan kadar minyak.
Salah Memilih Pembersih/freepik.com

Coba deh buat kamu yang memiliki kulit berminyak, pakai foam-based cleanser yang ampuh memecah minyak. Meskipun menggunakan foam-based cleanser hal ini tidak akan membuat wajah kamu kering. Karena kulit berminyak itu wajib menghindari sabun pembersih muka dengan bahan dasar krim atau minyak.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka memang akan membuat kulit semakin hakus dan segar, tapi hal ini jangan dijadikan kebiasaan yang sering dilakukan.
Sering Mencuci Muka/freepik.com

Mencuci muka memang akan membuat kulit semakin halus dan segar, tapi hal ini jangan dijadikan kebiasaan yang sering dilakukan. Karena jika kamu terlalu sering mencuci muka kamu, itu akan membuat wajah kamu menjadi kering.

Kulit itu membutuhkan minyak alami, jadi kalau kamu terlalu sering mencuci muka maka minyak alami ini akan lebih banyak diproduksi dan membuat pori-pori melebar. Disarankan untuk mencuci muka hanya dua kali sehari, saat pagi hari dan malam hari.

Mengeksfoliasi Terlalu Keras

, eksfoliasi yang terlalu keras juga akan menyebabkan kulit kamu berminyak.
Mengeksfoliasi Terlalu Keras/freepik.com

Melakukan eksfoliasi memang sangat penting karena agar sel kulit mati dapat terkelupas. Tapi, jika kamu melakukannya terlalu keras itu akan membuat kulit kamu iritasi. Tidak hanya itu, eksfoliasi yang terlalu keras juga akan menyebabkan kulit kamu berminyak.

Terlalu Banyak Memakai Bedak

Penggunaan bedak yang terlalu tebal itu bisa menyumbat pori-pori wajah dan juga membuat kulit terlihat lebih cakey.
Terlalu Banyak Memakai Bedak/freepik.com

Bedak memang bisa menyerap minyak, tapi jika mengaplikasikannya terlalu banyak itu adalah hal yang salah. Penggunaan bedak yang terlalu tebal itu bisa menyumbat pori-pori wajah dan juga membuat kulit terlihat lebih cakey.

Selain itu, wajah kamu pun juga terlihat tak natural yang juga akan menimbulkan masalah kulit lain seperti jerawat dan komedo.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id