sign up SIGN UP

Kulit Kelihatan Kusam? Ketahui 5 Hal Berikut yang Bisa Jadi Penyebabnya

Rani Mutiara | Kamis, 01 Jul 2021 21:30 WIB
Kulit Kelihatan Kusam? Ketahui 5 Hal Berikut yang Bisa Jadi Penyebabnya
caption
Jakarta -

Kulit kusam bisa terjadi pada siapa saja dan biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor. Kulit kusam tentu saja bisa mengurangi rasa percaya diri karena sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, dalam mengatasi kulit kusam, kamu wajib tau 5 hal berikut yang menjadi penyebabnya.

Tidak Menggunakan Produk Tabir Surya

Sunscreen Cream on Face | Pict : Freepik.com/wayhomestudio
Sunscreen Cream on Face | Pict : Freepik.com/wayhomestudio

Berada di luar rumah tanpa menggunakan produk tabir surya alias sunscreen/sunblock bisa menyebabkan kulit tampak menggelap dan kusam. Hal ini karena matahari memancarkan sinar UVB yang bisa menyebabkan sunburn atau kulit terbakar. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak lupa mengaplikasikan sunscreen dengan SPF minimal 30 ketika 15 menit sebelum keluar rumah.

Tumpukan Sel Kulit Mati

Scrub Mask | Pict : Freepik.com/wayhomestudio
Scrub Mask | Pict : Freepik.com/wayhomestudio

Kulit kusam juga bisa disebabkan oleh banyaknya tumpukan sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati ini bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya seperti tidak membersihkan wajah secara maksimal, perubahan iklim dan bisa juga karena kulit terpapar debu dan polusi. Untuk mengurangi penumpukan sel kulit mati ini, kamu bisa rutin melakukan double-cleansing sehabis menggunakan make up, sunscreen dan terpapar debu serta polusi. Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Menggunakan Skincare yang Tidak Cocok

Screaming | Pict : Freepik.com
Screaming | Pict : Freepik.com

Ternyata penggunaan skincare yang tidak cocok bukan hanya ditandai dengan timbulnya jerawat dan kulit iritasi saja. Melainkan kulit kusam juga bisa menjadi pertanda bahwa ada produk skincare yang tidak cocok di kulitmu. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu tiba-tiba merasa kulit menjadi lebih kusam setelah mencoba suatu produk baru padahal sebelumnya tidak. Bahkan ketika kamu sudah membersihkan wajahmu, kulitmu tetap kelihatan kusam juga.

Jika hal ini terjadi, segera hentikan penggunaan produk dan amati, jika beberapa hari kemudian kulitmu kembali cerah, maka produk tadi lah yang menjadi penyebab kulitmu menjadi kusam.

Menggunakan Produk dengan Kandungan yang Bisa Teroksidasi

Serum | Pict : Freepik.com/jcomp
Serum | Pict : Freepik.com/jcomp

Sama halnya dengan sebuah apel yang sudah dikupas kemudian diletakkan di ruang terbuka, maka lama-kelamaan apel tersebut akan menghitam. Proses ini dikatakan sebagai proses oksidasi dan kandungan dalam skincare juga bisa mengalami proses oksidasi ini. Kandungan skincare tersebut bisa berupa vitamin C yang sering ditemukan dalam produk serum dan toner. Bisa juga berupa zinc oxide dan titanium dioxide yang biasanya bisa kamu temukan pada physical/mineral sunscreen.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kusam yang ditimbulkan oleh kandungan-kandungan ini sifatnya sementara dan kulitmu akan kembali ke keadaan semula ketika sudah dibersihkan.

Produksi Sebum Berlebihan pada Wajah

Mirror Face | Pict : Freepik.com/jcomp
Mirror Face | Pict : Freepik.com/jcomp

Sebum merupakan minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit. Kelebihan produksi sebum pada kulit biasanya bisa menyebabkan kulit berminyak dan akhirnya menjadi kusam. Untuk mengurangi sebum pada wajah, kamu bisa menghilangkannya dengan kertas minyak (blotting paper), tisu dan juga mencuci wajah. Pastikan juga kamu telah memilih pelembab yang sesuai supaya sebum pada wajah bisa dikontrol.

Itulah 5 hal yang biasanya sering menyebabkan kulit menjadi kusam. Dengan mengetahui penyebab kulit kusam, kamu akan lebih mudah dalam mengatasinya. Semoga membantu!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id