sign up SIGN UP

SKINCARE

Kulit Wajah Sehat Tanpa Jerawat, Ini 5 Langkah Tepat untuk Kulit Berminyak

Novianty Aulia | Minggu, 14 Feb 2021 15:00 WIB
Kulit Wajah Sehat Tanpa Jerawat, Ini 5 Langkah Tepat untuk Kulit Berminyak
caption

Siapa yang paling sebal saat jerawat muncul? Ya, kehadiran jerawat memang berpengaruh terhadap penampilan, terkadang bikin penampilan kurang percaya diri.

Tapi, pada dasarnya setiap individu memiliki risiko yang sama dalam merasakan hadirnya jerawat, hanya saja terdapat beberapa hal yang membedakan satu dengan yang lainnya, salah satunya jenis kulit berminyak.

Keberadaan kadar minyak yang berlebih pada wajah dapat menyumbat pori-pori di wajah dan berpotensi untuk menimbulkan jerawat serta permasalahan wajah lainnya. Nah, bagi kalian pemilik kulit berminyak ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan kulit wajah. 

Berikut tips agar wajah berminyak tidak mudah berjerawat.

1. Rajin Membersihkan Wajah

Rajin Membersihkan Wajah Minimal 2 Kali Sehari
Membersihkan wajah/freepik.com

Setiap harinya para wanita melakukan berbagai macam aktivitas baik di dalam ataupun di luar ruangan. Tidak menutup kemungkinan wajah akan terpapar berbagai macam kotoran hingga debu.

Oleh karena itu Ladies, penting bagi kalian memastikan bahwa wajah tetap dalam keadaan bersih. Caranya, bersihkan wajah minimal 2 kali sehari untuk mengurangi kadar sebum pada wajah dan mengangkat kotoran serta sel-sel mati.

2. Jaga Wajah Tetap dalam Kondisi Lembap

Memakai Pelembab untuk Menjaga Kelembapan Kulit Wajah
Memakai Pelembab di Wajah/Freepik.com

Kondisi kulit berminyak bukan berarti tidak membutuhkan mosturizer. Karena penggunaan moisturizer sangatlah penting untuk menjaga kelembapan kulit serta meningkatkan kadar air pada wajah.

Jika wajah dibiarkan tidak memakai pelembab dalam jangka waktu yang panjang, kulit akan menjadi kering dan cenderung terlihat kusam. Nah Ladies, jangan lupa ya untuk  selalu pakai pelembap di wajah kalian.

3. Gunakan Produk dengan Kandungan Oil Free

Gunakan Produk dengan Kandungan Oils Free
Ilustrasi Produk oiloil Free/Freepik.com

Kandungan oil dapat dikatakan sebagai musuh terbesar bagi kalian pemilik kulit berminyak. Penggunaan produk dengan kandungan oil dapat meningkatkan kadar minyak pada wajah dan menimbulkan jerawat. Tetapi tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak produk skincare yang tidak mengandung oil atau oil free.

Penggunaan produk bebas oil tentunya sangat cocok untuk kalian pemilik kulit berminyak karena tidak akan menambah kadar minyak di wajah. Yuk ladies, coba di cek kembali ya kandungan pada produk digunakan.

4. Mulai Katakan Tidak Pada Makanan Pemicu Jerawat

Pilihlah Makanan Sehat dan Menghindari Makanan Pemicu Jerawat
Hindari Makanan Manis Pemicu Jerawat/Freepik.com

Selain penggunaan produk yang salah, pemilihan makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh pada kondisi kulit serta wajah. Terdapat beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat seperti olahan manis hingga makanan berlemak tinggi.

Jika dikonsumsi secara berlebih maka tidak mungkin akan menimbulkan berbagai macam permasalahan baru. Oleh karena itu Ladies, yuk lebih selective lagi dalam memilih makanan, karena kulit yang sehat berasal dari makanan yang sehat pula.

5. Sesuaikan Skincare dengan Kondisi & Kebutuhan Kulit

Sesuaikan Skincare dengan Kebutuhan serta Jenis Kulit
Pilihlah Skincare Sesuai dengan Kebutuhan/Freepik.com

Munculnya berbagai produk skincare tentunya membuat para Ladies tergoda untuk mencoba banyak produk. Padahal, perbedaan jenis kulit dan kebutuhan akan berpengaruh pula dengan hasil dan manfaat yang didapatkan.

Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kandungan yang tidak cocok atau aman untuk semua jenis kulit. Jika salah dalam memilih, tentunya malah menimbulkan permasalahan baru, bahkan dapat memperparah kondisi kulit. Sangatlah penting bagi para Ladies untuk memahami jenis serta kondisi wajah kalian, dan menyesuaikannya dengan pemilihan produk skincare yang kalian pakai.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id