sign up SIGN UP

Lip Balm vs Lip Gloss, Apa Sih Bedanya?

nerissa fard | Jumat, 04 Dec 2020 08:30 WIB
Lip Balm vs Lip Gloss, Apa Sih Bedanya?
caption

Ladies masih sering kesusahan membedakan antara lip balm dan lip gloss? Walau sekilas sama-sama tidak berwarna atau bening serta memberikan efek lembab pada bibir, nyata nya lip balm dan lip gloss memiliki beberapa perbedaan yang mendasar lho.

Mau tahu bedanya? Yuk dibaca artikelnya sampai habis ya!

LIP BALM

menggunakan lip balm
Menggunakan lip balm/foto: freepik.com


Sama halnya dengan kulit tubuh dan wajah, kulit pada bibir juga membutuhkan kelembapan ekstra selain dari tubuh itu sendiri, nih.

Untuk itulah, lip balm memiliki fungsi khusus untuk menjaga kelembaban bibir. Dengan kandungan vitamin E dan SPF, lip balm digunakan untuk melindungi bibir kamu dari dampak sinar matahari.

Lip balm sendiri banyak dikemas dalam bermacam-macam wadah, umumnya berbentuk jar, stik, dan tube dengan tekstur yang bermacam-macam pula. Pada umumnya jar lip balm memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan lip balm yang berbentuk stik.  

Karena fungsi utama lip balm adalah untuk merawat kulit bibir yang kering, lip balm cocok digunakan sehari-hari. Lip balm juga bisa menjaga bibir agar tetap lembab dan terhindar pecah-pecah, lho!

Nah, untuk memaksimalkan fungsi lip balm, yuk ikuti tips berikut ini!

Tips memilih lip balm:

  1. Pilihlah lip balm yang mengandung SPF. Bibir tidak memiliki sel yang memproduksi melanin untuk melindunginya dari sinar ultraviolet.
  2. Pilihlah lip balm yang dikemas sesuai kebutuhan. Untuk traveling, pilih lip balm berbentuk stick yang praktis dan ringan.

LIP GLOSS

menggunakan lip gloss
Menggunakan lip gloss/ foto: freepik.com

Berbeda dengan lip balm yang tergolong dalam produk skincare, lip gloss justru termasuk dalam produk kosmetik yang memiliki cukup banyak kandungan minyak di dalamnya. Karena kandungannya ini, lip gloss bukan hanya untuk mewarnai bibir, tapi juga memberikan kesan berkilau atau basah.

Walau memberikan efek bibir yang lembab, fungsi utama dari lip gloss adalah untuk memberikan efek bibir yang terlihat lebih glossy atau terlihat "penuh". Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan lip gloss sebagai pelapis lipstik untuk memberikan tampilan yang lebih bold.

Dapat digunakan sesuai kebutuhan, berikut beberapa tips memilih lip gloss.

menggunakan lip gloss
Menggunakan lip gloss/foto: freepik.com
  1. Pilih jenis lip gloss yang sesuai untukmu ya, ladies. Jika ingin tampil alami pilihlah lip gloss bening, atau dengan efek glitter jika ingin pergi ke acara spesial.
  2. Pilih lip gloss yang bertekstur lembut jika ingin hasil yang natural dan untuk hasil yang tahan lebih lama, ladies bisa memilih lip gloss dengan tekstur padat.
  3. Pilih lip gloss yang memiliki kandungan pelembab, terutama bagi ladies yang memiliki kulit bibir yang mudah kering.

Nah, sekarang sudah tahu kan bedanya lip balm dan lip gloss? Yuk, jangan sampai salah pilih lagi ya!

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id