sign up SIGN UP

Manfaat Niacinamide yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Kulit Glowing

Dimitrie Hardjo | Kamis, 03 Dec 2020 20:15 WIB
Manfaat Niacinamide yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Kulit Glowing
caption

Niacinamide atau nikotinamida adalah senyawa kimia salah satu bentuk vitamin B3 yang sangat baik untuk kulit. Niacinamide bekerja dengan cara memperkuat pertahanan lapisan epidermis sehingga kulit tidak hanya sehat, tapi memiliki perlindungan yang maksimal.

Saat ini, hampir semua produk skincare memiliki kandungan niacinamide di dalamnya. Tidak hanya untuk produk perawatan wajah, tetapi juga produk perawatan tubuh.

Hal itu dikarenakan niacinamide terbukti membuat kondisi kulit pemakainya jauh lebih baik. Namun, sebelum kamu menggunakan produk dengan senyawa ini, alangkah baiknya jika kamu mengenali beberapa manfaat niacinamide terlebih dahulu!

1. Melembabkan kulit dan menyamarkan pori

Niacinamide untuk melembabkan wajah.
Niacinamide untuk melembabkan wajah. Foto: freepik.com

Manfaat yang paling dapat dirasakan ketika menggunakan niacinamide ialah kulit yang lebih lembab dan kenyal, walaupun pada jenis kulit berminyak sekalipun.

Seperti yang dilansir dari Healthline.com, secara keseluruhan, niacinamide berfungsi untuk mengunci kelembaban dalam kulit dan menjaganya dari kerusakan akibat pengaruh lingkungan, seperti sinar matahari. Bahkan pori-pori juga bisa mengecil loh, Beautynesian!

2. Mengatasi hiperpigmentasi

Contoh hiperpigmentasi yaitu sun spots, bekas jerawat, dll.
Contoh hiperpigmentasi seperti sun spots, bekas jerawat, dll. Foto: unsplash.com

Dilansir dari Popbela.com, warna kulit yang belang, bercak hitam atau cokelat pada wajah, baik karena sinar matahari atau bekas jerawat dapat teratasi dengan niacinamide karena senyawa ini mendorong produksi kolagen pada kulit. Dengan begitu, wajah tampak lebih cerah dan warna kulit lebih merata.

3. Mengontrol minyak pada wajah

Manfaat niacinamide untuk mengontrol minyak berlebih.
Manfaat niacinamide untuk mengontrol minyak berlebih. Foto: freepik.com

Niacinamide aman dipakai untuk mereka yang memiliki kulit berminyak karena kandungan ini dapat mengontrol produksi sebum pada wajah. Kandungan ini bekerja dengan cara memperbaiki kelenjar minyak pada lapisan epidermis sehingga kulit wajah menjadi lebih lembab tanpa membuatnya over oily.

4. Sebagai anti aging

Niacinamide mempunyai sifat anti aging.
Niacinamide mempunyai sifat anti aging. Foto: freepik.com

Kolagen sangat bermanfaat untuk kulit, tidak hanya untuk mencerahkan, tetapi juga untuk menjaga elastisitas kulit. Karena niacinamide tidak hanya memberikan proteksi dari sinar matahari, tetapi juga membantu produksi kolagen pada wajah sehingga mengurangi tanda - tanda penuaan.

Niacinamide memang mempunyai banyak manfaat untuk kulit. Hanya saja tidak semua cocok dengan zat aktif ini, terutama mereka yang memiliki kulit sensitif karena dapat menimbulkan efek iritasi.

Oleh karena itu, sebaiknya dimulai dari pemakaian produk dengan persentase niacinamide paling sedikit atau dengan melakukan patch test terlebih dahulu pada satu spot di bagian leher, belakang telinga.

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id