sign up SIGN UP

SKINCARE

Manfaat Skincare Retinol yang Gak Bakal Kamu Sangka-Sangka

Rumaysha Milhania | Kamis, 18 Jun 2020 19:00 WIB
Manfaat Skincare Retinol yang Gak Bakal Kamu Sangka-Sangka
caption
Jakarta -

Skincare dengan Retinol

Bagi kamu para pecinta skincare, tentu memahami bahan-bahan aktif yang ada dalam sebuah produk perawatan kulit adalah sebuah keharusan. Dengan memahami betul tiap kandungan yang ada di dalam skincare, kamu bisa lebih tahu apa sebenarnya produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Salah satu bahan yang banyak populer digunakan dalam produk skincare adalah retinol. Bahan ini dikatakan sangat ampuh untuk memberikan tampilan kulit yang lebih halus, kenyal, dan sehat. Bahkan, retinol ini juga menjadi bahan andalan untuk produk anti-aging.

 

image
produk perawatan kulit/freepik.com

 


Apa itu Retinol?

Retinol adalah zat turunan sintetik dari vitamin A, yaitu kelompok vitamin yang larut dalam lemak dan biasanya banyak ditemukan dalam wortel, telur, dan ubi.

 

Bagaimana Cara Kerja Retinol?

Retinol kerap dianggap sebagai bahan primadona untuk kandungan sebuah produk perawatan kulit. Pasalnya, retinol bekerja dengan mengubah kerja sel-sel yang sudah tua sehingga mereka bisa aktif seperti sel-sel muda. Produk ini dapat melembutkan dan menghaluskan tekstur kulit, meningkatkan cahaya kulit dan menghindari tanda-tanda penuaan.

Saat retinol digunakan dalam rutinitas perawatan kulit pencegahan usia, zat ini akan membantu mempercepat regenerasi kulit, meningkatkan produksi kolagen dan menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti tekstur kulit tidak merata serta noda-noda penuaan.

 

image
menggunakan skincare/freepik.com

 

Manfaat Skincare dengan Retinol

Menerapkan vitamin A secara topikal dalam bentuk retinol dapat memberikan berbagai manfaat seperti:

Mencegah kerutan pada kulit wajah karena efeknya yang meminimalkan serta menghaluskan garis-garis halus dan kerutan.Mencerahkan kulit kusam dengan melakukan proses pengelupasan kulit pada tingkat sel. Penggunaan teratur dapat menghasilkan kulit baru yang lebih cerah, kenyal, dan halus.Mengatur produksi minyak pada kulit sehingga dapat meminimalkan risiko jerawat.Memudarkan bintik-bintik atau noda kulit seiring dengan pertambahan usia. Noda pada kulit ini dapat terjadi akibat paparan sinar matahari dan hiperpigmentasi.

 

image
skincare/freepik.com

 

Efek Samping Penggunaan Retinol

Pahami bahwa retinol merupakan bahan yang sangat kuat dan keras. Tidak heran jika penggunaan retinol juga dapat menyebabkan kulit memerah atau mengelupas. Biasanya efek samping seperti ini terjadi jika kamu menggunakannya terlalu banyak dan sering. Jadi, pastikan untuk memberikan waktu pada kulit agar bisa beradaptasi dengan penggunaan retinol ini. Kamu bisa memulainya dengan mengaplikasikannya sebanyak satu hingga dua kali per minggu untuk minggu pertama. Jika kulitmu sudah mulai terbiasa, kamu bisa mulai meningkatkan penggunaannya secara bertahap tergantung pada bagaimana kulit bereaksi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id