sign up SIGN UP

SKINCARE

Manfaat Teh Rooibos Bagi Kulit

Ersa Monica | Kamis, 18 Mar 2021 13:15 WIB
Manfaat Teh Rooibos Bagi Kulit
caption
Jakarta -

Teh rooibos mungkin masih asing didengar oleh sebagian orang, namun bagi pecinta teh tentunya sudah mengetahui teh ini. Daun teh rooibos berasal dari tanaman bernama Aspalanthus linearis yang pada awalnya digunakan sebagai obat herbal di daerah Cederberg, Afrika Selatan.  Ciri khas dari teh ini memiliki rasa yang sedikit pahit dibandingkan dengan teh lain yang sudah populer. Di balik rasa pahit yang terdapat pada teh rooibos, rupanya teh ini memiliki banyak manfaat untuk kulit. Berikut ini kami sajikan beberapa manfaat teh rooibos untuk kulit.

Sebagai Anti Aging

Awet Muda/freepik.com
Awet Muda/freepik.com

Hasil temuan peneliti menunjukkan bahwa teh rooibos memiliki kandungan senyawa Alfa Hidroksi yang fungsinya mirip dengan enzim Superoxide Dismutase (SOD). Alfa Hidroksi bekerja sebagai antioksidan yang menyerang radikal bebas sehingga dapat mencegah munculnya tanda penuaan. Proses penuaan dini dapat diperlambat oleh teh ini dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit terlihat lebih muda.

Mencegah Jerawat

Wajah Berjerawat/freepik.com
Wajah Berjerawat/freepik.com

Mengaplikasikan teh rooibos secara langsung ke kulit wajah telah terbukti dapat meredakan jerawat. Tidak perlu kebingungan bagaimana cara mengaplikasikan teh rooibos ke kulit wajah karena kita dapat menggunakannya sebagai masker wajah. Cara membuat masker wajah dari teh rooibos cukup dengan mencampurkan teh rooibos hangat dengan satu sendok teh cuka apel dan dua sendok teh oatmeal. Gunakan secara rutin sebanyak satu kali setiap minggu untuk mencegah kulit wajah dari jerawat.

Mengatasi Sunburn

Sunburn/beautyhealthtips.in
Sunburn/beautyhealthtips.in

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung dapat membuat wajah mengalami sunburn. Sunburn dicirikan dengan kulit wajah yang memerah. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan mengaplikasikan teh rooibos ke wajah. Sama seperti cara yang digunakan untuk mencegah jerawat, pengaplikasian teh rooibos ke wajah dapat dilakukan dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Menyehatkan Kulit Kepala

Kulit Kepala yang Sehat/freepik.com
Kulit Kepala yang Sehat/freepik.com

Bukan hanya bermanfaat untuk kulit kepala, rupanya teh rooibos dapat menyehatkan kulit wajah. Kandungan vitamin, zinc, dan zat besi yang ada pada teh rooibos berfungsi untuk memelihara fungsi organ tubuh salah satunya kulit kepala. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga rambut tetap kuat dan membuat kulit kepala menjadi sehat sehingga teh rooibos cocok dikonsumsi untuk penderita rambut rontok.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id