sign up SIGN UP

SKINCARE

Manja Sembari #dirumahaja dengan Melakukan Spa ala Rumahan

Shella Sals | Jumat, 10 Apr 2020 08:30 WIB
Manja Sembari #dirumahaja dengan Melakukan Spa ala Rumahan
caption
Lawan pandemi ini jangan hanya dengan rebahan saja, maksimalkan #dirumahaja dengan lakukan treatment untuk diri kalian. Kalian masih bisa lho memanjakan diri di rumah juga, salah satunya dengan melakukan spa ala rumahan. Yuk simak artikel ini untuk mengetahui caranya!
Meski harus tetap #diRumahAja demi melawan Covid 19, bukan berarti rutinitas memanjakan diri kalian juga harus terhenti. Kalian masih bisa lho memanjakan diri di rumah juga, salah satunya dengan melakukan spa ala rumahan.

Tenang saja, tidak ribet kok. Yuk simak artikel ini untuk mengetahui caranya!


 


1. Atur Suasana Ruangan


Foto: Istimewa

Sebelum memulai segala jenis treatment, yang paling pertama perlu kalian lakukan adalah menyiapkan ruangan yang nyaman. Hal ini menjadi salah satu poin penting guna menentukan kesuksesan dari spa ini.

Hal paling penting untuk membuat ruangan terasa nyaman adalah pencahayaan dan sirkulasi udara. Pastikan ruangan kalian memiliki cukup ventilasi atau ruang udara untuk keluar-masuk agar tidak terasa pengap.


Kemudian, jangan lupa atur juga pencahayaan di ruangan. Cahaya yang lembut seperti warm white bisa sangat membantu. Kalian perlu mematikan lampu di ruangan, kemudian gunakan lampu tumblr atau lilin sebagai sumber pencahayaan.

Kalian bisa juga menyiapkan list musik favorit untuk kalian putar selama proses spa ini.
 


2. Siapkan Pemeran Pendukung


Foto: Istimewa

Guna mendukung aktivitas spa kalian, siapkan alat dan bahan pendukung yang dirasa dibutuhkan. Tergantung pilihan dan kebutuhan, kalian bisa menyiapkannya sesuai dengan barang yang ada di rumah juga. 

Bila kalian tipe orang yang mudah bosan, kalian bisa menyiapkan beberapa buku untuk kalian baca. Bisa juga dengan menyiapkan cemilan atau minuman untuk kalian nikmati di tengah-tengah waktu spa.

Cemilan dan minuman yang bisa kalian siapkan tentu disesuaikan dengan selera, namun sebagai rekomendasi kalian bisa menyiapkan cookies atau bisa juga snack sayuran. Untuk minuman, bisa juga kalian siapkan infused water atau pilihan minuman hangat semacam teh yang dipadukan dengan beberapa jenis bunga ataupun rempah.
 


3. Bersihkan, Kemudian Buka Pori di Wajah


Foto: Istimewa

Pertama-tama, lakukan tahap pembersihan wajah dengan cara menyapukan kapas yang telah dibasahi micellar water ke wajah kalian, Lalu scrub wajah kalian dengan menggunakan produk scrub khusus wajah yang kalian miliki. Bila tidak ada, cukup gunakan campuran gula dan madu sebagai pengganti scrub. Setelah itu, bilas wajah kalian dengan air biasa dan disambung dengan membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah yang biasa kalian pakai.

Sesudah melakuan tahap pembersihan di atas, yang perlu kalian lakukan selanjutnya ialah membuka pori-pori di wajah dengan melakukan penguapan. Cara yang bisa dilakukan dengan menyiapkan semangkuk besar air hangat, kemudian tambahkan essential oil dengan aroma kesukaan kalian. Tentunya penambahan aroma tersebut hanya bersifat optional.

Setelah itu, tundukan wajah kalian ke arah mangkuk tersebut dan tutup kepala menggunakan handuk. Hal ini dilakukan guna memastikan uap dari air langsung menyentuh wajah kalian. Bila cara tersebut dirasa merepotkan, bisa juga cukup basahi handuk kalian dengan air hangat (untuk cara ini, jangan menambahkan essential oil ya!), lalu letakkan handuk itu di wajah. Kedua cara tersebut bisa kalian lakukan selama 5-6 menit.
 


4. Masker dan Pijatan Wajah


Foto: Istimewa

Bila pori-pori kalian sudah cukup terbuka, lanjutkanlah dengan memakai masker wajah. Di sini kalian harus memperhatikan apa yang kulit wajah kalian butuhkan. Tipe dan kegunaan masker bisa kalian sesuaikan sendiri. 

Namun, direkomendasikan bagi kalian agar menggunakan masker wajah bilas yang organik atau lebih baik lagi bila kalian membuatnya sendiri. Namun penggunaan masker kemasan juga tidak apa-apa. Bila kalian tidak mau repot, bisa juga gunakan sheet mask.

Selesai menggunakan masker, jangan langsung disudahi begitu saja ya. Ambil lotion wajah kalian atau bila sebelumnya kalian menggunakan sheet mask, ambil sisa essence yang ada di kemasan masker. Kemudian oleskan pada wajah dan lakukan pijatan kecil.

Step pemijatan bisa kalian cari di internet. Untuk memijat wajah, kalian bisa menggunakan tangan kalian langsung, bisa juga memakain face roller. Bila tidak memiliki face roller, kalian bisa menggunakan botol minuman atau gelas kaca ala Kang Sora.
 


5. Perawatan Rambut


Foto: Istimewa

Bukan hanya wajah yang perlu kalian manjakan, rambut kalian juga perlu diberi perawatan spesial. Sebelum memanjakan rambut, keramaslah terlebih dahulu agar rambut kalian menjadi lebih bersih. Sehabis keramas, keringkan rambut menggunakan handuk. Namun, jangan sampai terlalu kering ya!

Selanjutnya gunakan masker rambut yang kalian miliki. Bila tidak ada, kalian bisa menbuatnya sendiri dengan menggunakan campuran buah alpukat, susu, madu, dan minyak zaitun. Oleskan masker secara merata sembari melakukan pijatan lembut di kepala.

Bila sudah rata, gunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Sembari menunggu waktu berlalu, kalian bisa melakukan aktivitas lain, seperti membaca buku yang telah kalian siapkan atau menikmati cemilan dan minuman buatan kalian.

Setelah 30 menit, lepas shower cap, lalu bilas rambut hingga benar-benar bersih. Bila rambut kalian tipe yang kering, dalam kondisi setengah basah bisa kalian tambahkan step dengan menggunakan conditioner favorit kalian. Namun bila rambut kalian tipe yang oily, disarankan untuk tidak langsung menggunakannya.
 


6. Pijat Tubuh


Foto: Istimewa

Sebelum masuk ke tahap memijat, kalian terlebih dahulu perlu mengangkat sel kulit mati di tubuh. Gosok tubuh kalian dengan menggunakan lulur atau scrub khusus tubuh. Bila tidak ada, kalian bisa menggunakan bubuk kopi dan madu atau susu sebagai altenatif. Setelah digosok secara merata, bilaslah tubuh kalian dengan air biasa.

Setelah mengeksfoliasi kulit mati, pijat tubuh kalian. Guna memaksimalkan tahapan ini, kalian bisa meminta bantuan saudara atau keluarga di rumah untuk memijat tubuh kalian. Gunakan minyak khusus pijat, namun bisa juga gunakan body lotion saja.
 


7. Berendam dan Membasuh Badan


Foto: Istimewa

Bila memiliki bathtub di rumah, kalian bisa menambahkan langkah ini guna membuah spa terasa lebih mewah. Mudah dan murah, kalian cukup mengisi bathtub dengan air hangat. Kemudian tuangkan 2 hingga 3 gelas susu putih cair, minyak zaitun secukupnya, satu sendok vanili, dan beberapa tetes minyak beraroma yang tentunya aman untuk kulit. Kemudian yang perlu kalian lakukan hanyalah duduk bersantai sembari sesekali menggosok tubuh dengan lembut.

Bila tidak memiliki bahan-bahan di atas, kalian bisa memanfaatkan bathbomb yang kalian miliki di rumah, Sedangkan bagi Beautynesian yang tidak memiliki baththub tidak perlu khawatir, tahapan ini hanya optional saja. Ladies bisa langsung lakukan saja tahapan setelah bathtub ini.

Lanjutkan tahapan ini dengan membilas tubuh menggunakan air hangat biasa dan fragranced body wash yang kalian miliki. Bilas tubuh secara menyeluruh, pastikan tidak ada lulur atau produk lain yang masih menempel di tubuh. Setelah itu, keringkan tubuh dan gunakan lotion tubuh kesukaan kalian.
 


8. Manjakan Jari-Jari Kecil


Foto: Istimewa

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, sangat disarankan bagi Beautynesian untuk melakukan tahapan ini.

Bila saat ini kalian tengah menggunakan kuteks, hapus terlebih dahulu, pastikan kuku-kuku kalian bersih. Kemudian potong kuku-kuku panjang di tangan dan kaki kalian. Setelahnya, rendam tangan dan kaki ke dalam wadah berisikan air hangat dan tetesan minyak zaitun.

Biarkan tangan dan kaki kalian rileks untuk beberapa saat, Selepas merendam, keringkan tangan dan kaki menggunakan handuk. Bila sudah kering, aplikasikan hand cream/ minyak zaitun/ body oil/ body lotion/ body butter yang kalian miliki guna menjaga kulit tetap lembap dan lembut.
 


Itulah serangkaian spa ala rumahan yang bisa kalian lakukan guna mengisi waktu #diRumahAja. Sebagai tambahan, kalian juga bisa melakukan meditasi di halaman rumah kalian lho. Tapi, bila terlalu malas untuk melakukan itu, kalian bisa juga langsung beristirahat dengan tidur cantik di ranjang kalian.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id