sign up SIGN UP

SKINCARE

Mau Kulit Glowing Selama di Rumah? Coba DIY Masker dari Bahan Alami Ini!

Adinda Tami | Sabtu, 25 Jul 2020 18:30 WIB
Mau Kulit Glowing Selama di Rumah? Coba DIY Masker dari Bahan Alami Ini!
caption

Seiring dengan kebijakan terkait wabah Corona, aktivitas manusia menjadi serba terbatas. Jika sebelumnya, kamu bisa leluasa melakukan perawatan di salon, kini hal tersebut untuk sementara tidak bisa bisa dilakukan.

Sisi baiknya, hal ini membuat kita makin kreatif lho. Salah satunya dengan membuat masker sendiri. Memanfaatkan bahan yang ada di dapur, berikut resep membuat D.I.Y mask untuk dapatkan kulit glowing di rumah.

1. Gunakan Kunyit untuk Atasi Acne Prone Skin

Masker kunyit
Bubuk kunyit untuk wajah berjerawat. Sumber gambar https://www.freepik.com

Wajah berjerawat membutuhkan perlakuan khusus. Pastikan bahan masker yang digunakan tidak menyebabkan iritasi atau memperparah kondisi jerawat. Salah satu bahan yang bisa kamu manfaatkan adalah kunyit.


Kunyit mengandung zat anti inflamasi alami. Perpaduan dengan madu akan bermanfaat baik bagi kulitmu karena madu sendiri berperan sebagai antibakteri dan antimikroba.

Kamu hanya memerlukan 1/2 sdt kunyit, 1 sdt madu. Campur keduanya hingga menjadi pasta lembut. Aplikasikan di wajah, diamkan 10-15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

2. Untuk Sensitive Skin, Gunakan Matcha dan Madu!

Matcha, masker matcha, masker teh hijau, DIY mask, kulit sensitif
Bubuk matcha untuk kulit sensitif. Sumber gambar https://www.freepik.com

Teh hijau bubuk alias matcha bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit sensitif milikmu. Sama dengan kulit berjerawat, kulit sensitif pun membutuhkan perlakuan khusus.

Gunakan bubuk matcha murni tanpa campuran pemanis. Jika tidak ada matcha bubuk, kamu bisa menggunakan ampas teh. Bahan yang kamu butuhkan, 1 sdt matcha bubuk, 1 sdt madu dan 1 sdt jojoba oil atau sweet almond oil.

Campur semua bahan hingga berbentuk pasta lembut. Aplikasikan pada wajah, tunggu 10-15 menit. Bilas menggunakan air hangat.

3. Kulit Kering

Masker alpukat
Masker alpukat cocok untuk kulit kering. Sumber gambar https://www.freepik.com

Alpukat penuh dengan lemak baik. Berpadu dengan antioksidan yang terkandung dalam madu serta minyak alami pada almond akan beri kulitmu kelembapan yang dibutuhkan.

Cara membuat, 1/4 daging buah alpukat, hancurkan. Semakin halus daging alpukat, semakin mudah pula saat diaplikasikan pada wajah. Campur semua bahan menjadi pasta. Aplikasikan pada wajah, diamkan 15-20 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat.

4. Hilangkan Komedo dengan Charcoal

Charcoal masker
Charcoal memiliki beragam manfaat, salah satunya membersihkan komedo. Sumber gambar https://www.freepik.com

Activated charcoal memiliki banyak manfaat, salah satunya mampu menarik kotoran dari dalam pori. Nggak heran jika masker charcoal banyak digunakan pada wajah yang memiliki komedo hitam alias blackhead.

Siapkan 2 sdt gelatin tanpa perasa, 2 sdt air dan 6 kapsul activated charcoal. Keluarkan activated charcoal dari kapsul. Lalu campurkan dengan gelatin, air hingga menjadi pasta. Aplikasikan di area yang terdapat blackhead lalu biarkan mengering. Setelahnya tarik dengan lembut.

5. Melembabkan dan Menghidrasi 

Masker avocado
Avocado bermanfaat melembapkan dan menghidrasi kulit. Sumber gambar https://www.freepik.com

Masker ini menggunakan kombinasi alpukat, madu dan oats. Siapkan 1/2 buah alpukat, ambil dagingnya lalu hancurkan. Campur dengan 1 sdt madu dan segenggam oats. Aplikasikan pada wajah, tunggu sekitar 10-15 menit lalu bilas menggunakan air hangat. 

6. Dapatkan Wajah Cerah dengan Putih Telur

Masker putih telur
Putih telur bermanfaat untuk kulit. Sumber gambar https://www.freepik.com

Apakah kamu mendambakan kulit yang cerah bersinar? Jika iya, masker ini tepat untukmu. Kombinasi antara air lemon, putih telur dan madu akan membuat kulitmu terlihat cerah dan kencang.

Campurkan 1 putih telur, 1/2 sdt madu dan 1/2 sdt air lemon. Kocok ketiganya hingga berbusa. Gunakan pada wajah, diamkan hingga kering dan bilas dengan air hangat.

7. Masker Pisang untuk Kulit Berminyak

Masker pisang
Pisang untuk masker. Sumber gambar https://www.freepik.com

Pisang tak hanya memberikan energi ketika disantap namun kandungan potassium, serat, antioksidan dan silica memberi manfaat untuk kulit. Kombinasi dengan vitamin C dan B6 baik untuk kulit berminyak.

Pisang menyerap kelebihan minyak sementara air lemon membersihkannya. Sedangkan extra virgin olive oil akan menjaga kulitmu tetap lembap.

Untuk membuat masker ini, haluskan 1 buah pisang. Campur dengan 10 tetes air perasan lemon dan 1 sdt extra virgin olive oil. Aplikasikan pada wajah diamkan selama 10 hingga 15 menit. Terakhir bilas dengan air hangat.

Sumber: thetrendspotter.net

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id