sign up SIGN UP

SKINCARE

Mengatasi Bekas Jerawat Hingga Kemerahan, Ini Manfaat Azelaic Acid untuk Kulit Wajah!

Ayuliy Lestari | Jumat, 08 Jan 2021 13:15 WIB
Mengatasi Bekas Jerawat Hingga Kemerahan, Ini Manfaat Azelaic Acid untuk Kulit Wajah!
caption

Pernah dengan kandungan azelaic acid? mungkin kamu tidak asing dengan salah satu jenis acid yang biasanya digunakan sebagai kandungan produk skincare tersebut. Azelaic acid memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan mulai dari mengatasi jerawat hingga peradangan.

Jenis acid yang satu ini terbuat dari biji gandung dan barley sehingga lebih alami dan sangat baik untuk kulit. Bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, apa saja sih manfaat produk dengan kandungan azelaic acid untuk kulit wajah? Simak yuk!

Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Fungsi acid pengganti hidroquinon
Skincare time/Freepik.com

Azelaic acid memiliki sifat pH dependent dimana kandungannya mampu bekerja pada kulit dengan menyamakan tingkat asam. Bahkan tingkat pH-nya kurang lebih sama seperti pH kulit manusia, yaitu sekitar 4,9. Jadi, Azelaic acid dapat difungsikan untuk menjaga keseimbangan pH kulit sehingga kondisi kulit tetap sehat dan lembap.

Mencegah Jerawat

Fungsi acid pengganti hidroquinon
Skincare time/Freepik.com

Konsentrasi sebanyak 15% - 20 % dalam azelaic acid sangat efektif membersihkan pori-pori wajah hingga mengurangi pertumbuhan bakteri seperti propionibacterium acnes dan staphylococcus epidermidis. Kedua bakteri tersebut menjadi penyebab jerawat timbul, Ladies. Sehingga kandungan azelaic acid bisa digunakan untuk mencegah jerawat.

Mengobati Kemerahan Pada Wajah

Fungsi acid pengganti hidroquinon
Skincare time/Freepik.com

Ketika berjerawat parah biasanya kulit juga mengalami kemerahan, kamu bisa segera menggunakan produk dengan kandungan azelaic acid karena dapat meredakannya. Azelaic acid bahkan juga memiliki calming and shooting effect sehingga sangat direkomendasikan untuk kulit yang mudah mengalami kemerahan atau rosacea.

Rosacea sendiri adalah penyakit kulit yang ditandai dengan kemerahan. Biasanya muncul di daerah pipi, hidung, dagu dan dahi. Rosacea bisa disebabkan oleh tiga hal yaitu hormon estrogen yang menurun, perubahan temperatur atau suhu, dan kerusakan pelindung kulit karena kesalahan penggunaan skincare.

Pengganti Hydroquinon

Fungsi acid pengganti hidroquinon
Skincare time/Freepik.com

Pecinta skincare sudah pasti tidak asing dengan hidroquinon dimana produk yang mengandung hidroquinon sangat ampuh digunakan sebagai pencerah wajah. Dan ternyata kamu juga bisa mengganti hidroquinon dengan kandungan azelaic acid yang tentunya jauh lebih aman namun tetap saja tidak dianjurkan menggunakan konsentrasi lebih dari 20%.

Walaupun kekuatan melawan pembentukan melaninnya tidak secepat hydroquinone, terutama untuk kulit wajah yang gelap dengan melasma atau bintik-bintik gelap namun cukup efektif membuat kulit menjadi lebih cerah. Apalagi azelaic acid juga mengandung antioksidan yang bisa membantu kulit melawan radikal bebas dan kerusakan akibat sinar UV.

Memudarkan Bekas Jerawat

Fungsi acid pengganti hidroquinon
Pimples/Freepik.com

Ingin mengobati jerawat sekaligus menyamarkan bekasnya? Kamu juga bisa menggunakan azelaic acid karena memang tak hanya mencerahkan tapi juga mampu mengurangi perubahan warna kulit.

Tak heran jika beberapa produk dengan klaim mengobati jerawat hingga bekasnya sering mengandung azelaic acid. Kamu bisa segera menggunakan produk dengan kandungan azelaic acid saat berjerawat hingga bekasnya mulai memudar.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id