sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Asal Pilih, Ketahui Jenis Acid yang Sesuai Jenis Kulit Kamu!

Intan Dwi | Kamis, 12 Mar 2020 11:00 WIB
Jangan Asal Pilih, Ketahui Jenis Acid yang Sesuai Jenis Kulit Kamu!
caption
Bagi kalian para wanita pasti sudah enggak asing lagi mendengar nama Acid. Tapi kamu tau enggak sih setiap jenis Acid itu memiliki fungsi yang berbeda?

Acid atau asam merupakan senyawa yang biasanya ada di dalam kandungan skincare. Acid digunakan untuk merawat dan mengatasi kondisi kulit. Acid memiliki berbagai jenis dan fungsi yang berbeda-beda untuk masing-masing jenis kulit. Dari pada kamu salah menggunakan acid ini, lebih baik cari tahu yuk jenis acid yang sesuai dengan jenis kulit kamu!
 


Tartaric Acid (Kulit Kering)


Foto: Istimewa

Jenis acid ini yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit yang kering. Karena, acid ini penuh akan oksidan sehingga sangat cocok digunakan untuk menghaluskan tekstur kulit yang terkelupas.
 


Azelaic Acid (Kulit Bejerawat)


Foto: Istimewa

Asam unik ini luar biasa karena dapat menenangkan dan menghaluskan kulit. Asam ini juga dikenal karena sifat anti-peradangan yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki jenis kulit berjerawat. Apa yang membuatnya sangat kuat adalah asam ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, sehingga bisa membuat asam ini menjadi langkah awal perawatan kulit preventif. Meskipun asam ini sulit ditemukan, tapi asam ini layak kamu coba.
 



Glycolic Acid (Kulit Normal)


Foto: Istimewa

Buat kamu yang ingin melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan bisa gunakan jenis asam ini. Acid ini biasanya mengelupas kulit dengan lembut dan membantu mengurangi garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik hitam. Selain itu, acid ini juga meningkatkan tekstur dan ketebalan kulit serat membantu meratakan warna kulit.
 


Salicylic Acid (Kulit Berminyak)


Foto: Istimewa

Salicylic Acid merupakan asam beta hidroksi yang memiliki sifat komedolitik yang berarti asam ini masuk ke dalam pori-pori kulit dan melepaskannya. Selain itu, asam ini membantu dalam menghancurkan lapisan paling atas sel-sel kulit dan melarutkan yang mati. Itu sebabnya asam ini efektif dalam mengobati jerawat dan komedo.
 


Ascorbic Acid (Kulit Kusam)


Foto: Istimewa

Ascorbic acid atau vitamin C adalah vitamin esensial dan anti oksidan yang membantu mengurangi masalah kulit seperti hiperpigmentasi dan melindunginya dari stres iksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas. Jenis acid ini cocok untuk hampir semua jenis kulit dan cocok untuk kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Kandungan antioksidannya yang kuat bermanffaat untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan sintesis kolagen.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id