sign up SIGN UP

Menggunakan Toner, Penting atau Gak Sih?

utty tuti | Senin, 08 Feb 2021 19:47 WIB
Menggunakan Toner, Penting atau Gak Sih?
caption

Toner menjadi salah satu dari rangkaian skincare yang biasa digunakan setelah membersihkan wajah. Fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran di wajah dan mengembalikan pH kulit.

Beberapa waktu belakangan hal ini memang jadi perdebatan tentang penting atau tidaknya menggunakan toner bahkan sejumlah influencer turut mengeluarkan pendapat yang berbeda. Ada yang bilang toner penting, ada pula yang tetap menjadikan toner dalam salah satu rangkaian skincare routinenya.

Apakah Toner Penting?

Toner Wajah/Freepik.com
Toner Wajah/Freepik.com

Perdebatan soal ini bukan hal baru. Namun, belakangan topik ini kembali menghangat. Salah satunya karena pendapat dari dr. Angelo Landriscina (@dermangelo) di Tiktok. Di salah satu video Tiktok-nya, dr. Angelo bilang kalau toner sebenarnya nggak penting-penting amat. 

Menurut dr. Angelo, fungsi toner pada dasarnya untuk menyeimbangkan kembali pH kulit setelah mencuci wajah dengan produk cleanser yang harsh. Tapi saat ini sudah banyak cleanser yang diformulasikan dengan pH balance dan se-gentle mungkin untuk kulit sehingga tidak lagi perlu menggunakan toner.

Penggunaan istilah “toner” sendiri diperluas pada berbagai produk skincare dalam basis cairan /liquid. Banyak pula istilah lain yang digunakan untuk menyebut skincare liquid, misalnya essence, emulsion atau lotion. Dalam istilah dermatology, produk dalam bentuk liquid disebut sebagai “solutions”.

Solutions menjadi “kendaraan” bagi active ingredients untuk mengantarkan fungsinya yang sebenarnya, apakah itu untuk menghidrasi, eksfoliasi, anti-inflamasi, mencerahkan, dan sebagainya. Fungsi-fungsi ini nggak cuma bisa diperoleh dari toner, tapi bisa juga lewat serum, ampoule, masker, dan produk-produk lainnya.

Jadi, kalau fungsi tersebut sudah diberikan dari produk lain yang kamu gunakan,misalnya serum atau moisturizer, artinya penggunaan toner atau essence dengan fungsi yang sama jadi nggak penting-penting banget.

Sebenarnya, pendapat dari dr. Angelo ini ada benarnya. Sebenarnya, yang dimaksud oleh dr. Angelo adalah agar konsumen nggak overdoing skincare, menggunakan terlalu banyak produk, namun nggak tahu manfaat dari produk yang digunakannya. Selain itu, dr. Angelo juga mengajak kita semua untuk kenalan sama pendekatan intensional dalam penggunaan skincare.

Apa Itu Intensional Skincare?

Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan Kulit Wajah dapat Dijadikan Toner/Freepik.comManfaat Ampas Teh untuk Kecantikan Kulit Wajah dapat Dijadikan Toner/Freepik.com

Intentional skincare adalah penggunaan skincare secara bijak dengan mempertimbangkan sejumlah faktor sebelum membeli dan menggunakan. Cara ini mengajak kita buat bertanya sebelum menggunakan suatu produk. 'Apakah saya membutuhkan produk ini?', 'Apakah produk ini sesuai dengan budget kita?', dan lainnya.

Cara ini membuat kita perlu berpikir dua kali dalam membeli produk skincare dan menjadikan lebih hemat. Apalagi dengan banyaknya produk skincare yang hadir dan 'keracunan' review dari influencer.

Jadi, penggunaan toner itu penting atau tidak? Klik NEXT untuk tahu jawabannya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id