sign up SIGN UP

SKINCARE

Minyak Kelapa Bisa Atasi Sunburn? Cari Tahu Dulu Faktanya!

Intan Dwi | Kamis, 08 Oct 2020 07:00 WIB
Minyak Kelapa Bisa Atasi Sunburn? Cari Tahu Dulu Faktanya!
caption

Sunburn biasanya disebabkan karena kita terlalu lama berada di bawah terik matahari atau terkena pancaran sinar artifisial yang mengandung ultraviolet (UV). Jenis sunburn yang paling umum adalah luka bakar superfisial yang menyebabkan kemerahan dan peradangan.

Saat kulit seseorang terbakar nantinya akan mengalami kerusakan pada lapisan kulit yang lebih dalam. Hal itu bisa menyebabkan lepuh atau bahkan kerusakan kulit yang lebih parah.

Nah, biasanya orang yang mengalami kondisi ini akan langsung mengoleskan aloe vera untuk menenangkan kulit. Tapi apakah kamu tahu kalau saat ini ada bahan alami lainnya juga efektif untuk mengatasi sunburn? Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi sunburn.

Jenis sunburn yang paling umum adalah luka bakar superfisial yang menyebabkan kemerahan dan peradangan.
Kulit yang Terbakar Matahari/freepik.com

Minyak kelapa memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit, seperti menghilangkan gatal, mengurangi kemerahan, mempercepat pemulihan kulit, menghidrasi, tinggi asam lemak sehingga bisa digunakan sebagai emolien (pelembap kulit) dan memiliki sifat anti-mikroba.

Dilansir dari Byrdie, seorang dokter kulit yang berbasis di NYC, Dr. Michele Green, mengungkapkan kalau minyak kelapa sangat bagus untuk kulit karena membantu dalam setiap aspek kulit terbakar. Dari menenangkan rasa terbakar hingga melembabkan kulit secara mendalam sehingga memperbaiki kerusakan kulit.

Apakah Aman Menggunakan Minyak Kelapa untuk Sunburn?

Minyak kelapa bisa digunakan pada tahap luka bakar tertentu, jika digunakan pada luka bakar yang lain itu bisa memperburuk kondisi kulit.
Minyak Kelapa Alami/freepik.com

Jawabannya aman, tapi hanya pada tahap luka bakar tertentu. Jika digunakan pada luka bakar yang lain itu bisa memperburuk kondisi kulit. Meskipun minyak kelapa sangat bermanfaat bagi kulit, tapi minyak ini hanya tambahan yang bermanfaat untuk rutinitas perawatan kulit pasca-berjemur jika dioleskan pada waktu yang tepat.

Minyak kelapa memiliki sifat oklusif, sehingga kamu tidak boleh mengoleskan minyak kelapa secara langsung ke kulit yang baru saja terbakar. Karena minyak kelapa dapat menutupi kulit dan membuat luka bakar terasa lebih buruk. Tak Cuma minyak kelapa saja, mengoleskan minyak apapun di atas luka bakar baru akan memerangkap panas di permukaan kulit.

Cara Aman Menggunakan Minyak Kelapa untuk Sunburn

Saat ingin mengoleskan minyak kelapa ke luka bakar, lebih baik tunggu luka bakar menjadi dingin.
Cara aman menggunakan minyak kelapa /unsplash.com

Saat ingin mengoleskan minyak kelapa ke luka bakar, lebih baik tunggu luka bakar menjadi dingin. Tergantung pada tingkat keparahan luka bakar yang dialami, proses ini bisa berlangsung beberapa jam hingga hitungan hari.

Menggunakan minyak kelapa organik untuk meredakan sengatan matahari akan menutrisi dan memberi energi pada sel-sel kulit. Itu akan merangsang proses penyembuhan dan perbaikan tubuh kamu secara alami. Minyak ini juga bisa membantu kulit kamu melepaskan lapisan sel mati berlebih yang membuat kulit kasar, tidak rata, kusam dan bersisik.

Selalu ingat ya Ladies, jangan mengoleskan minyak kelapa ke kulit yang melepuh!

Apakah Minyak Kelapa Efektif untuk Meredakan Sunburn?

enggak bisa kita sangkal kalau minyak kelapa memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan kulit kering akibat matahari
Krim dari minyak kelapa/unsplash.com

Seorang asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai School of Medicine, Estee Williams, MD, mengungkapkan memang belum ada bukti yang menunjukkan minyak kelapa lebih unggul daripada perawatan buka lainnya. Meskipun begitu, tidak bisa kita sangkal kalau minyak kelapa memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan kulit kering akibat matahari.

Sehingga bisa digunakan pada luka bakar akibat sinar matahari yang tidak mendalam dan mencegah infeksi berkat sifat antimikroba. Tapi tetap menggunakannya lebih baik setelah kulit kamu mulai sedikit pulih dari sunburn.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id