sign up SIGN UP

SKINCARE

Panduan Pemula: Cara Double Cleansing yang Benar, Tanpa Merusak Kulit Wajah

Ranim | Minggu, 10 Nov 2019 12:30 WIB
Panduan Pemula: Cara Double Cleansing yang Benar, Tanpa Merusak Kulit Wajah
caption
Wajah yang kotor tentu akan membuat kulit menjadi sering berjerawat dan make up pun tak menempel dengan baik. Apalagi skincare yang sama sekali jadi tidak berefek baik karena kebersihan wajah yang tak terjaga. Nah, berikut ini adalah teknik membersihkan wajah dengan cara double cleansing untuk pemula, nih.

Teknik membersihkan wajah dengan double cleansing dipopulerkan oleh orang-orang Korea yang sangat mengidamkan dan membanggakan kulit wajah bersih dan glowing. Di beberapa negara termasuk Indonesia yang sudah mengikuti teknik tersebut ternyata memang banyak review yang mengatakan kalau kulit wajah mereka menjadi lebih bersih dan juga glowing. Hal tersebut tentu menjadi teknik membersihkan wajah yang sangat digemari banyak orang.

Tapi bagaimana sih cara double cleansing yang benar itu? Bukan dengan mencuci wajah menggunakan facial doam sebanyak dua kali, ya! Ada beberapa produk yang digunakan dan dengan masing-masing cara yang berbeda pula. Sebelum memulai untuk membersihkan wajah pastikan tangan sudah bersih dari kotoran, ya. Kebersihan tangan juga perlu diperhatikan supaya kotoran yang ada di tangan tidak berpindah ke wajah yang akan membuat kulit menjadi semakin kotor.

1. Gunakan Oil-Based Cleanser / Cleansing Oil


Foto: https://id.pinterest.com/

Untuk meluruhkan makeup dan juga sunscreen serta kotoran yang menempel pada wajah diperlukan cleansing oil. Pilihlah produk yang tepat untuk kulit kamu. Oil-based cleanser ada yang dalam bentuk cair maupun padat. Untuk kulit berminyak bisa gunakan yang ringan, tapi untuk kulit kering carilah yang ada efek melembabkannya. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih cleansing oil adalah produk yang memang benar-benar tepat, bukan sembarang minyak seperti minyak zaitun atau minyak kelapa karena akan menyumbat pori-pori.

Cara mengaplikasikan oil-based clanser adalah dengan menggunakan produk sekitar satu sampai dua pump lalu pijat ke wajah dengan gerakan memutar selama satu menit. Kemudian bilas tanganmu dengan air hangat kuku lalu kembali pijat wajah selama satu menit. Cara ini akan membuat seluruh kotoran luruh dan memberikan efek glowing.



2. Bilas dengan Air Hangat


Foto: https://id.pinterest.com/

Setelah melakukan step pertama pada double cleansing, kotoran pada wajah yang sudah diluruhkan dengan cleansing oil dibilas menggunakan air hangat. Lakukan beberapa kali sampai minyak pada wajah tidak tersisa lagi.



3. Gunakan Water-Based Cleanser


Foto: https://id.pinterest.com/

Double cleansing berarti menggunakan dua produk dengan cara yang berbeda supaya membersihkan wajah lebih maksimal. Cara yang selanjutnya ini adalah dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar air untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang sudah dibersihkan menggunakan cleansing oil tadi.

Carilah water-based cleanser yang tepat untuk kulit kamu. Gunakan cleanser yang ringan supaya kulit tidak terluka akibat over-cleansing. Misalnya dengan micellar water, cream cleanserfacial foam atau facial wash.



4. Bilas dengan Air Dingin


Foto: https://id.pinterest.com/

Setelah melakukan step-step double cleansing di atas, sebaiknya bilas wajah menggunakan air dingin untuk menjaga kelembaban kulit dan menutup kembali pori-pori yang terbuka selama membersihkan wajah.

Nah, begitulah cara double cleansing yang benar untuk pemula. Tidak sulit, 'kan? Lakukan dengan rutin dan rasakan manfaatnya!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id