sign up SIGN UP

Pemula Dalam Skincare? Simak Kiat Mengkombinasikan Bahan Aktif Berikut

Meydiana Adinda | Rabu, 07 Jul 2021 14:00 WIB
Pemula Dalam Skincare? Simak Kiat Mengkombinasikan Bahan Aktif Berikut
caption

Ada banyak bahan aktif dalam skincare yang kerap kita dengar, seperti Niacinamide, Retinol, dan Vitamin C. Setiap bahan aktif ini memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda pada kulit, Beauties. Untuk itu menggunakan beberapa bahan aktif dalam satu rutinitas dapat membuat kinerja kulit lebih efektif.

Dilansir dari Fashion Magazine, Dr. Gross, MD Founder of Dennis Gross Dermatology mengatakan bahwa tidak ada satu bahan pun yang memiliki monopoli. Untuk itu, menggabungkan beberapa bahan aktif dapat memberikan banyak manfaat pada kulit serta mengurangi terjadinya iritasi.

Dalam mengkombinasikan bahan aktif ini kita juga harus cermat dan paham betul terhadap kondisi kulit. Hal ini dikarenakan kondisi kulit tiap orang yang berbeda, ada yang lebih sensitif dan ada yang tidak. Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkombinasikan bahan-bahan aktif ini. Apa saja? Yuk disimak!

1. Penggunaan Retinol

 

Bahan Aktif dalam Skincare
Skincare dengan Retinol/foto: instagram.com/forskinssake

Bahan superstar ini memang disukai banyak orang karena dapat melawan berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini dan jerawat. Tapi, Retinol juga sedikit berisiko mengiritasi sehingga dalam penggunaannya juga harus hati-hati.

Kamu bisa mengombinasikan Retinol dengan Niacinamide dan Hyaluronic Acid. Sedangkan penggunaan Retinol yang dibarengi dengan Vitamin C dan AHA/BHA perlu diwaspadai karena sifat ketiganya yang dapat memicu iritasi. Jika kamu sedang menggunakan skincare dengan Benzoyl Peroxide, maka gunakan di rutinitas yang berbeda dengan Retinol, ya.

Retinol dan Benzoyl Peroxide dapat saling menetralkan kinerja masing-masing, sehingga penggunaan kedua bahan ini secara bersamaan tidak akan efektif dan bahkan memicu iritasi” jelas Aegean Chan, MD, seorang dokter kulit di California, dilansir dari Allure. Selain itu, perlu dicatat bahwa Retinol hanya boleh digunakan di malam hari, karena sifatnya yang memicu sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

2. Penggunaan AHA/BHA/PHA

Bahan Aktif dalam Skincare
Skincare dengan AHA/BHA/PHA/foto: somebymi.us

Bahan aktif AHA, BHA, dan PHA dikenal baik sebagai eksfoliator, efektif mengangkat sel kulit mati, mengontrol sebum, dan merawat jerawat. Namun, penggunaan bahan ini juga harus dicermati, ya. Pertama, gunakanlah bahan-bahan eksfoliator ini hanya di rutinitas malam hari, karena bahan ini cenderung sensitif pada cahaya matahari.

Kedua, karena sifat AHA, BHA, dan PHA adalah acid atau asam, maka ketiga bahan ini tidak disarankan bila digunakan bersamaan dengan Vitamin C, Beauties. Pasalnya, menggunakan bahan-bahan tersebut secara bersamaan dapat membuat pH kulit terlalu asam, sehingga dikhawatirkan dapat mengiritasi kulit.

Begitu pula dengan Retinol, penggunaan eksfoliator bersamaan dengan Retinol dikhawatirkan dapat membuat kulit terlalu kering sehingga tidak dianjurkan. Untuk itu, jadwalkan Retinol dan eksfoliasi di hari yang berbeda ya, Beauties.

3. Penggunaan Vitamin C

Bahan Aktif dalam Skincare
Skincare dengan Vitamin C/foto: instagram.com/dearmebeauty

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan Vitamin C tidak disarankan bersamaan dengan Retinol dan AHA/BHA/PHA. Tapi jangan sedih, kamu tetap bisa menggunakan dan merasakan manfaat dari skincare dengan Vitamin C, kok.

Vitamin C yang bersifat antioksidan akan sangat bagus jika digunakan pada rutinitas skincare pagi, yang kemudian dilengkapi dengan sunscreen. Vitamin C dan sunscreen akan bekerja optimal untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV sehingga kulitmu tetap dalam kondisi yang sehat.

4. Penggunaan Niacinamide

Bahan Aktif dalam Skincare
Skincare dengan Niacinamide/foto: instagram.com/aubree.skin

Niacinamide merupakan salah satu bahan aktif populer yang sangat disukai karena memiliki cukup banyak manfaat bagi kulit. Bahan aktif ini dapat membantu menguatkan skin barrier, mencerahkan kulit, menenangkan kulit, hingga melawan tanda-tanda penuaan.

Skincare dengan Niacinamide boleh digunakan pada rutinitas pagi maupun malam hari, ya. Bonusnya lagi, bahan ini juga aman digunakan bersamaan dengan Retinol dan Vitamin C.

Selain kiat kombinasi bahan aktif di atas, penting juga untuk peka terhadap kondisi kulitmu. Kenali apa yang cocok dan tidak oleh kulitmu agar produk skincare-mu bisa lebih efektif. Semoga artikel kali ini menjawab pertanyaanmu ya, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id