sign up SIGN UP

SKINCARE

Pengertian Skin Barrier dan Bagaimana Cara Menjaganya

Marly Azwar | Rabu, 31 Mar 2021 10:30 WIB
Pengertian Skin Barrier dan Bagaimana Cara Menjaganya
caption

Produk yang terpampang di toko-toko memiliki klaim dan tujuan untuk melembabkan, menyehatkan, dan memberikan tampilan yang sehat untuk kulitmu. Dari semua produk yang kamu gunakan, terdapat satu kesamaan yaitu digunakan pada lapisan terluar kulitmu. 

Umumnya, lapisan terluar kulit disebut dengan sebutan skin barrier. Namun, apakah kamu tahu sebenarnya apa itu yang dimaksud dengan skin barrier? Skin barrier merupakan lapisan pelindung terluar kulit, dan pastinya memiliki peran yang penting untuk kesehatan kulitmu. 

Tanpa skin barrier, kulitmu dapat terkena penyakit dengan mudah serta dapat membuat kulitmu dehidrasi. Skin barrier melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB, debu, polusi, bahan kimia dan bakteri. Sehingga, skin barrier merupakan hal yang penting untuk kesehatanmu dan perlu dilindungi agar berfungsi secara baik.

Lalu, apa yang dapat merusak skin barrier-mu?

polusi menjadi salah satu faktor skin barrier mu bisa rusak.
city pollutions/unsplash.com

Dilansir dari Healthline, setiap hari kulitmu terpapar oleh banyak hal, yang di mana sumbernya datang dari luar tubuhmu dan hanya beberapa dari dalam. Terdapat beberapa faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi skin barrier yang meliputi:

  1. Lingkungan yang terlalu lembab atau terlalu kering
  2. Alergi, iritasi dan polusi
  3. Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari
  4. Detergen dan sabun yang mengandung alkalin
  5. Terekspos bahan kimia yang keras
  6. Terlalu sering eksfoliasi atau membersihkan wajah

Bagaimana cara mengetahui bahwa skin barrier kamu sudah rusak?

jerawat merupakan salah satu tanda bahwa skin barrier mu sudah rusak.
acne/freepik.com

Ketika skin barrier-mu kurang berfungsi dengan baik, mungkin kamu akan lebih rentan mengembangkan beberapa gejala dan kondisi berikut:

  • Kulit kering
  • Gatal
  • Bercak kasar
  • Jerawat
  • Sensitif atau terjadi inflamasi
  • Infeksi kulit

Bagaimana cara melindungi dan mengembalikan skin barrier-mu?

sederhanakan rutinitas skincare agar tidak terlalu banyak produk yang mungkin dapat merusak skin barrier mu
skincare routine/freepik.com

Terdapat lima strategi untuk membantumu dalam melindungi dan mengembalikan kesehatan skin barrier-mu. 

Sederhanakan rutinitas skincare-mu

Jika kamu menjalankan rutinitas yang kompleks, bisa jadi kamu malah melemahkan skin barrier-mu. Pertimbangkan untuk berbicara dengan dermatologis atau ekspertis mengenai produk apa yang esensial dan paling efektif. 

Jika kamu melakukan eksfoliasi, perhatikan bagaimana kulit kamu bereaksi dengan metode yang kamu gunakan. Hal ini dikarenakan beberapa tipe scrubs dan brushes mungkin dapat merusak skin barrier-mu. 

Perhatikan level pH

Acid mantle kulit kamu berada di sekitar pH 5.7, tetapi beberapa produk kulit bisa berkisar dari 3.7 hingga 8.2. Peneliti merekomendasikan agar kamu menggunakan produk yang mendekati pH alami kulitmu.  

Dengan menjaga level pH kulit dapat melindungimu dari kondisi kulit seperti dermatitis, ichthyosis, jerawat, dan infeksi Candida albicans. Walaupun tidak semuanya menaruh level pH nya, namun beberapa ada kok!

Coba minyak nabati untuk mengisi kembali pelindung kulit kamu

Terdapat sebuah penelitian pada tahun 2018 yang menunjukkan bahwa beberapa minyak nabati mungkin dapat membantu untuk memperbaiki skin barrier dan juga mencegah skin barrier untuk kehilangan kelembaban. Terdapat beberapa minyak nabati yang efektif untuk digunakan:

  • Jojoba oil
  • Coconut oil
  • Almond oil
  • Argan oil
  • Rosehip oil
  • Sunflower oil

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengaplikasikannya. Kamu dapat mengaplikasikan krim dan lotions yang memiliki kandungan minyak-minyak ini. Kamu juga dapat menuangkan sedikit minyak nabati tersebut pada telapak tanganmu kemudian dipijat pada area yang dibutuhkan. 

Cari formula yang mengandung Ceramides

Kandungan ini penting untuk fungsi kesehatan pada skin barrier-mu. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 menunjukkan bahwa produk yang mengandung pseudo-ceramides mungkin dapat membantu memperbaiki kulit kering, gatal, dan bersisik yang disebabkan oleh rusaknya fungsi skin barrier. Ceramide merupakan kandungan yang sangat melembabkan yang juga dapat menguatkan struktur dari skin barrier-mu.

Cobalah pelembab yang mengandung hyaluronic acid, petrolatum atau glycerin

Kulit yang kering merupakan permasalahan yang umum, dan menggunakan pelembab menjadi solusi yang direkomendasikan. Pelembab memperbaiki skin barrier-mu dengan mengurangi jumlah air yang hilang dari kulitmu. Produk ini meninggalkan residu yang membantu menahan kelembaban pada kulitmu. 

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kandungan skincare cocok untuk semua orang. Mungkin kamu perlu mencoba beberapa produk untuk menentukan apa yang cocok untuk menjaga kelembaban kulitmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id