sign up SIGN UP

SKINCARE

Perawatan Kulit Saat Musim Hujan

Shinta Nikmah | Sabtu, 14 Nov 2020 13:00 WIB
Perawatan Kulit Saat Musim Hujan
caption

Memasuki musim hujan ada banyak yang perlu kamu persiapkan. Diantaranya tubuh yang fit dengan mengkonsumsi tambahan vitamin C, menghindari makanan tidak sehat dan olahraga teratur. Mulai menyediakan payung dan jas hujan bila bepergian, hingga memperbanyak stok bahan makanan agar tak perlu malas keluar apabila ingin membeli sesuatu. 

Di samping banyak persiapan tersebut, kamu tidak boleh lupa untuk tetap merawat kulit agar tidak kusam di musim hujan ini. Meskipun kelihatannya banyak mendung dan jarang terpapar sinar matahari secara langsung, ternyata kulit tetap bisa kering meskipun kondisi lingkungan terasa lembab. 

Ketika dingin, kulit justru menjadi kering bahkan bibir mulai pecah-pecah karena tidak terhidrasi dengan baik. Banyak yang beranggapan bahwa dengan tidak adanya sinar matahari kulit akan aman dari radiasi, padahal yang terjadi sinar matahari tetap berpengaruh terhadap kulit. Untuk itu kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut agar terhindar dari kulit kering selama musim hujan.

Memakai Pelembap

Pelembab
Memakai Pelembab/ Foto: Freepik.com

Pelembap menjadi salah satu perawatan untuk kulit yang wajib dalam kondisi apapun. Pelembap tidak hanya digunakan ketika cuaca panas atau terpapar sinar matahari.

Ketika cuaca dingin pelembap tetap harus digunakan karena kondisi udara yang lembap bisa membuat kulitmu kering. Bahkan jika kamu memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, pelembap tetap tidak boleh ketinggalan untuk diaplikasikan ke kulit. Jadi gunakan pelembap di pagi hari sebelum beraktivitas dan gunakan pelembab di akhir rangkaian skincare ketika malam hari sebelum tidur ya.

Tetap Gunakan Sunscreen

Sunscreen
Memakai Sunscreen/ Foto: Freepik.com

Ketika musim hujan dan banyak mendung, radiasi tetap dapat masuk ke permukaan bumi dan mengenai kulit ya, Ladies. Perlindungan kulit tetap harus ekstra agar tidak terkena efek buruk sinar matahari.

Gunakan sunscreen di pagi hari setelah menggunakan pelembab. Sunscreen membantu melindungi kulit dari sinar UV dan memperlambat penuaan dini. Dan jangan lupa untuk re-apply sunscreen tiap 3-4 jam sekali ya.

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Scrub
Scrub Wajah/ Foto: Freepik.com

Kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dapat membuat wajah menjadi kusam. Apabila bercampur dengan debu dan bakteri tentu dapat memicu munculnya komedo dan jerawat. Agar kulit wajahmu tetap bersih dan tidak terlihat kusam, jangan lupa rutin melakukan eksfoliasi.

Lakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu untuk membersihkan kulit mati. Kamu bisa menggunakan produk scrub yang sesuai dengan jenis kulitmu. Tapi jangan melakukan eksfoliasi setiap hari ya, karena bisa membuat iritasi dan malah membuat kulit menjadi kering.

Perbanyak Minum Air Putih

Minum
Minum Air Putih/ Foto: Freepik.com

Ketika musim hujan mungkin kamu tidak mudah haus seperti ketika musim kemarau. Hal tersebut mungkin membuatmu malas mengkonsumsi air putih. Padahal kebutuhan air untuk tubuh di musim hujan juga sama seperti ketika musim kemarau.

Ketika tubuh kekurangan air, hal tersebut tidak hanya berpengaruh terhadap organ dalam tubuh, tapi juga mempengaruhi kondisi kulit. Kulit yang kurang terhidrasi akan menjadi kering dan kusam.

Untuk itu meskipun musim hujan, kamu harus rajin mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari ya, Ladies. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, memperbanyak minum air putih juga akan memperbaiki kondisi kulit menjadi lebih terawat dan lembap.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id