sign up SIGN UP

SKINCARE

Rambut Ketombean Karena Berhijab? Atasi dengan 5 Bahan Alami Ini Ladies!

Ranim | Selasa, 09 Apr 2019 05:00 WIB
Rambut Ketombean Karena Berhijab? Atasi dengan 5 Bahan Alami Ini Ladies!
caption
Merawat rambut itu juga salah satu prioritas dalam kebersihan. Tentunya kita enggak mau rambut rontok, kotor dan berketombe kan? Apalagi untuk perempuan berhijab yang rawan berketombe karena lembabnya. Nah, biar sehat dan bersih dari ketombe, berikut bahan-bahan alami yang ampuh mengusir ketombe dari kulit kepala kita.

Mengusir ketombe dari kulit kepala bukan sesuatu yang sulit. Kebersihan adalah kunci utama untuk mendapatkan rambut dan kulit kepala yang bersih. Dimulai dari memilih shampoo yang cocok, cara keramas yang tepat, dan memilih produk perawatan yang memiliki formula anti-dandruff.

Biasanya perempuan berhijab rawan mempunyai masalah rambut berketombe karena kondisinya yang tertutup dan lembab. Tapi tenang, karena musuh kita itu bisa diusir dan bahan-bahan alami berikut.

 CUKA 

Kalau menilik ke zaman dulu, mereka membersihkan rambut dan kulit kepala dengan cuka. Manfaatnya enggak cuma sebagai penambah rasa, ternyata ada banyak lagi lainnya untuk rambut, seperti membasmi kutu rambut, membersihkan kulit kepala, bahkan membuat rambut menjadi berkilau. Gunakan secara rutin, caranya adalah dengan menjadikan campuran cuka dan air sebagai kondisioner setelah keramas. Psst, diamkan beberapa menit baru bilas ya!


Foto: https://www.blanja.com/

 BAKING SODA 

Tahu enggak kalau baking soda adalah antibacterial agent dan anti jamur? Selain itu baking soda juga berfungsi untuk menghilangkan bakteri, gatal dan rambut rontok. Cara menggunakannya yaitu tuangkan satu sendok baking soda di segelas air lalu aduk sampai merata dan oles ke rambut dan kulit kepala sambil dipijat lembut lalu bilas hingga bersih.


Foto: https://id.pinterest.com/

 LEMON / JERUK NIPIS 

Selain enak dikonsumsi sebagai minuman, manfaat lemon banyak banget, lho, Ladies. Salah satunya adalah untuk menghilangkan ketombe. Lemon dan jeruk nipis juga mempunyai sifat anti-inflamasi dan juga anti bakteri untuk mengusir ketombe. Cara penggunaannya juga gampang, cukup campur air perasannya dengan shampoo dan keramas seperti biasa.


Foto: https://id.pinterest.com/

 TEH BASI

Teh basi ini mempunyai manfaat yang baik buat kulit kepala. Caranya gampang, teh sisa semalam dipijatkan ke kulit kepala lalu bilas atau bisa juga pakai teh hijau. Caranya sama saja dengan mengguyurkan air rebusan teh hijau ke kepala sambil dipijat. Tapi harus rutin, ya untuk mendapat khasiatnya.


Foto: https://id.pinterest.com/
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Beauty | Health | Fashion (@beautynesia.id) on


 AIR MAWAR

Manfaat lain air mawar selain soothing adalah mengurangi ketombe. Tak perlu repot, cukup rendam bunga mawar dengan air lalu rendamannya digunakan untuk membasuh rambut sambil dipijat.


Foto: https://id.pinterest.com/

Nah, gimana? Tertarik untuk mencoba? Tapi harus rutin, ya. Karena bahan-bahan alami enggak ada yang instan.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id