sign up SIGN UP

SKINCARE

Ribet Pakai Banyak Skincare? 4 Tahap Ini Sudah Cukup Kok!

Sulistiani | Kamis, 30 Jul 2020 07:00 WIB
Ribet Pakai Banyak Skincare? 4 Tahap Ini Sudah Cukup Kok!
caption

Malas melakukan perawatan kulit wajah karena merasa ribet? Padahal tidak perlu banyak step yang harus kita lakukan untuk melakukan ini.

Ya, sebenarnya boleh kok untuk tidak menggunakan tahapan skincare hingga berlapis-lapis layaknya wanita Korea. Cukup dengan empat step di pagi dan malam hari, maka kecantikan dan kesehatan kulit wajah kita akan terjaga. Apa saja ya?

Skincare Pagi Hari

Salah satu stem mencuci muka pada paggi hari.
woman-cleansing-her-face-morning-before-shower / freepik.com

1. Cleansing


Cleansing dilakukan dengan dua langkah yaitu pembersihan wajah dengan milk cleansing atau oil cleansing yang dilanjutkan dengan mencuci wajah dengan sabun khusus wajah. 

2. Toner

Tidak cukup dengan cleansing, akan lebih baik lagi jika menambahkan toner untuk mengangkat dan menghilangkan kotoran agar lebih bersih lagi setelah melakukan metode cleansing. Toner juga berfungsi untuk menyerap kulit berminyak. 

3. Moisturizer

Moisturizer atau yang biasa disebut pelembab sangat penting digunakan pada pagi hari. Proses cleansing dapat menurunkan kadar pH alami kulit wajah karena sabun pembersih wajah yang digunakan untuk mencuci muka bisa saja mengikis kelembaban alami kulit wajah.

Moisturizer berguna mengembalikan protein keratin pada kulit wajah. Protein ini dibutuhkan agar kulit tetap lembap, halus, dan sehat. Apalagi untuk yang bekerja di dalam ruangan ber-AC penting sekali untuk menggunakan moisturizer.

4. Sunscreen

Untuk yang beraktivitas di luar ruangan, sunscreen atau tabir surya sangat penting digunakan. Apalagi melihat kondisi Indonesia khususnya di Jakarta pada siang hari yang sinar mataharinya sangat menyengat. Sunscreen dapat mencegah sengatan sinar matahari yang berpotensi menyebabkan kanker kulit.

Skincare Malam Hari

menggunakan cream malam usai membersihkan wajah
young-beautiful-woman-applying-cream-face-bathroom / freepik.com

1. Cleansing

Hampir sama dengan perawatan di pagi hari hal pertama yang dilakukan untuk perawatan wajah di malam hari adalah dengan double cleansing. Aktivitas yang kita lakukan tentu saja membuat penumpukan kotoran pada wajah. Pastikan sebelum tidur wajah sudah bersih dari segala kotoran.

2. Toner

Seperti halnya yang sudah disampaikan sebelumnya, menggunakan toner setelah cleansing juga tidak kalah penting. Apalagi pada malam hari yang disinyalir kotoran pada wajah lebih banyak dari pada di pagi hari. 

3. Serum

Berbeda dengan pagi hari, saat malam hari setelah menggunakan toner kita harus menggunakan serum. Kenapa? Serum wajah sangat penting karena dapat membuat wajah jadi lembut, cerah, dan kenyal. Pilih serum yang mudah menyerap ke kulit dan tidak lengket.

Serum tidak boleh ketinggalan digunakan oleh semua jenis kulit, terutama untuk yang punya kulit kering. Asyiknya, jika memakai serum di malam hari, kulit akan terasa lebih lembap dan halus di pagi hari.

4. Krim Malam

Tahapan terakhir perawatan kulit pada malam hari adalah mengaplikasikan krim malam. Di malam hari, kulit akan meregenerasi sel-sel sehingga alangkah lebih baik jika pada malam hari dibantu dengan memberikan nutrisi pada kulit wajah.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id