sign up SIGN UP

SKINCARE

Seberapa Ampuh Aloe Vera Mengatasi Sunburn?

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 05 Oct 2020 08:00 WIB
Seberapa Ampuh Aloe Vera Mengatasi Sunburn?
caption

Bukan rahasia lagi tentunya jika aloe vera selalu digadang-gadang sebagai solusi untuk sunburn. Ya, kandungan di dalamnya diklaim mampu mengatasi efek kulit terbakar akibat sengatan matahari.

Meski demikian, perlu ditelusuri lebih lanjut apakah hal tersebut benar adanya. Kandungan apa yang ada di dalam aloe vera sehingga bisa mengatasi sunburn? Simak selengkapnya di bawah ini.

Dipercaya Sejak Ribuan Tahun Lalu

Aloe vera akhirnya terus digunakan secara turun temurun untuk mengatasi sunburn.
aloe vera/freepik.com

Meskipun penelitian ilmiah baru dilakukan selama dua dekade terakhir, nyatanya aloe vera sudah sejak dulu dipercaya dapat mengatasi sunburn. Ya, pada saat itu tentu saja belum ada kebenaran pasti tentang hal tersebut. Alhasil, aloe vera akhirnya terus digunakan secara turun temurun untuk mengatasi sunburn.

Jawaban dari Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan aloe vera mampu mengurangi rasa sakit akibat sunburn yang tidak terlalu berat
aloe vera gel/freepik.com

Penelitian merupakan kunci utama untuk memastikan keampuhan aloe vera dalam mengatasi sunburn. Untuk itu, sejumlah ilmuwan akhirnya memutuskan untuk meneliti apakah benar aloe vera mengandung zat yang bisa mengatasi sunburn. Fokus utama penanganan sunburn ini adalah mencegah infeksi akibat sunburn, mengobati luka akibat sunburn dan mengurangi rasa sakit.

Hasil penelitian menunjukkan aloe vera mampu mengurangi rasa sakit akibat sunburn yang tidak terlalu berat. Selain itu, ditemukan pula bahwa aloe vera  memiliki kemampuan untuk mempercepat proses regenerasi sel dikarenakan kandungan anti jamur, anti bakteri dan anti inflamasi di dalamnya.

Mampu Memberikan Rasa Nyaman dan Dingin

Sejumlah fakta mengungkapkan bahwa aloe vera mampu meredam itu dengan sensasi dingin dan nyaman yang diberikannya.
sunburn/freepik.com

Sengatan akibat matahari pada kulit memang sangat mengganggu dan menimbulkan rasa sakit. Sejumlah fakta mengungkapkan bahwa aloe vera mampu meredam itu dengan sensasi dingin dan nyaman yang diberikannya.

Selain itu, adanya sifat anti inflamasi pada aloe vera semakin melengkapi keampuhannya untuk mengatasi sunburn. Tubuh akan memberikan respon imun dan memberi sugesti bahwa sunburn sudah tertangani.

Memiliki Kemampuan Bradykinin

Aloe vera nyatanya juga mengandung enzim yang mampu mengurai bradykinin.
aloe vera/freepik.com

Bukan hanya sifat anti inflamasi, aloe vera nyatanya juga mengandung enzim yang mampu mengurai bradykinin. Adapun maksud dari bradykinin di sini adalah kemampuan untuk menginflamasi dan erat kaitannya dengan rasa sakit. Alhasil memang terbukti bahwa aloe vera bisa meredakan dan memberi efek calming pada kulit yang sakit akibat sunburn.

 Saat ini, sudah banyak produk aloe vera yang dijual di pasaran. Dengan demikian, penggunaannya akan lebih praktis dan mudah. Salah satu rekomendasi yang bisa dicoba adalah Wardah Aloe Hydramild Multifunction Gel. Produk aloe vera Wardah ini memiliki kandungan 90% aloe vera ditambah bahan-bahan baik lainnya membuat produk aloe vera Wardah ini bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi sunburn.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id