sign up SIGN UP

Selain Faktor Kebersihan, Ini Alasan Mengapa Wajah Mudah Bermasalah Meskipun Hanya di Rumah

Novianty Aulia | Minggu, 11 Jul 2021 16:00 WIB
Selain Faktor Kebersihan, Ini Alasan Mengapa Wajah Mudah Bermasalah Meskipun Hanya di Rumah
caption

Alih-alih menjadi bersih saat pandemi, kamu malah mendapati wajah mudah bermasalah ketika sedang di rumah. Kondisi ini biasanya dapat menjadi buah bibir di kalangan perempuan, karena bagaimana jerawat dapat muncul padahal makeup serta polusi sudah tidak lagi jadi teman sehari-hari. 

Beauties, penyebab wajah berjerawat rupanya bukan hanya berasal dari makeup ataupun polusi, tetapi juga dari hal-hal lainnya. Seringkali, kamu bahkan tidak menyadari beberapa hal tersebut dan terus-menerus mengabaikannya. Justru, inilah letak kesalahan fatal yang memicu munculnya berbagai masalah pada wajah.

Agar lebih jelasnya, berikut Beautynesia telah merangkum 6 faktor utama yang menjadi penyebab wajah mudah bermasalah saat di rumah. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Malas Berolahraga

Beauties, malas berolahraga dapat menumpuk kotoran dalam tubuh, sehingga menimbulkan berbagai masalah kulit.
Berolahraga dengan rutin mencegah munculnya masalah pada kulit jerawat/Foto: Freepik.com/Tirachardz


Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang seringkali masih disepelekan oleh sebagian orang. Padahal, kegiatan yang satu ini sangatlah dianjurkan bukan hanya untuk meningkatkan kesehatan tubuh, namun juga menjaga kecantikan dari kulit wajahmu, lho

Ketika berolahraga segala kotoran dalam tubuh dapat terbuang sehingga bakteri pemicu jerawat dapat terhempas dengan mudah. Hal ini tentunya akan menyempurnakan rangkaian skincare yang kamu pakai agar lebih maksimal dalam menangkal permasalahan kulit. 

Oleh karena itu, jangan malas untuk berolahraga ya, Beauties.


Kekurangan Vitamin D

Perlu kamu ketahui Beauties, kulit wajah membutuhkan asupan vitamin D guna mencegah pertumbuhan bakteri.
Kulit wajah membutuhkan vitamin D dari sinar matahari guna menyangkal bakteri/Foto: Freepik.com/Svetlanasovkolova


Selama menjalani masa karantina, tentunya kamu lebih merasa nyaman untuk berada di dalam rumah tanpa membiarkan tubuh terkena sinar matahari. Namun, hal inilah yang mengakibatkan kebutuhan vitamin D tidak terpenuhi, salah satunya untuk kulit wajahmu. 

Dilansir dari laman Healtline, vitamin D memiliki sifat antimikroba yang dapat menangkal bakteri dari pertumbuhan jerawat. Selain itu, sifat anti-inflamasi dari vitamin D juga mengurangi risiko terjadinya peradangan yang dipercaya sebagai alternatif dalam mengobati jerawat merah. 

Nah, untuk itu, rutinlah berjemur agar kulit tampak lebih sehat. Jangan lupa juga untuk melindungi kulit menggunakan sunscreen ya. 

 

Stres Berlebihan 

Hormon kortisol akan meningkat ketika kamu sedang stres. Hal inilah yang merangsang produksi minyak sehingga wajah mudah berjerawat.
Stres berlebihan dapat memicu datangnya permasalahan pada kulit wajah/Foto: Freepik.com/Gpointstudio


Menjalani berbagai kegiatan di tengah pandemi  tentunya bukan hal yang mudah. Setumpuk pekerjaan hingga berbagai tuntutan menimbulkan sebuah tekanan sehingga tak jarang kamu merasa sangat stres dan lelah berlebihan.

Ketika sedang stres, hormon kortisol dalam tubuh meningkat sehingga merangsang produksi minyak secara berlebih. Penumpukan minyak disertai hormon yang tidak stabil inilah yang memicu wajah mudah bermasalah, berupa datangnya jerawat. 

Beauties, carilah kegiatan menyenangkan untuk mengurangi stres agar pikiran tenang dan kulit jauh dari masalah ya.

 

Tidak Menjaga Makanan 

Beberapa makanan dipercaya dapat memicu datangnya jerawat dan masalah kulit lainnya pada wajah.
Pola makan yang tidak teratur dapat mendatangkan jerawat dan masalah lain pada wajah/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio


Sudah memakai produk skincare terbaik tetapi wajah masih saja mudah berjerawat? Coba cek kembali menu makanan yang kamu konsumsi karena bisa jadi itulah pemicunya.

Melansir dari laman detik, Dr.Richard Lee yang terkenal sebagai dokter kecantikan mengungkapkan, bahwa segala makanan dapat berpengaruh terhadap hormonal sehingga rentan menimbulkan jerawat.  

Dr. Richard Lee juga menambahkan bahwa terdapat beberapa jenis makanan pemicu jerawat seperti halnya produk susu, makanan dengan kandungan gula tinggi hingga junkfood. 

Jika kondisi wajah tak kunjung membaik, sebaiknya segeralah mengatur kembali menu hidangan yang kamu santap ya, Beauties.


Kondisi Ruangan Rumah yang Kotor 

Kondisi rumah yang kotor dapat mencemari udara di dalamnya sehingga kulit dan wajah dapat mengalami iritasi serta masalah
Kebersihan kulit wajah dapat terganggu akibat udara dalam rumah yang kotor/Foto: Freepik.com/Zinkevych


Kebersihan dari kondisi rumah dapat menentukan bagaimana kualitas udara yang kamu hirup di setiap harinya. Jika kamu malas membersihkan rumah, debu serta kotoran dapat bercampur dengan udara dan menempel pada kulit serta wajahmu. Hal inilah yang memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan lainnya. 

Tak hanya itu, partikel-partikel kecil yang terbawa oleh udara dapat membuat kulit menjadi gatal, iritasi hingga alergi yang berbahaya. Kondisi seperti ini tentunya sangatlah tidak baik untuk dibiarkan. Selain merusak kulit, udara yang kotor juga dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gangguan yang berbahaya.


Jam Tidur Berantakan

Kualitas tidur yang tidak terpenuhi dapat mengganggu hormon sehingga wajah mudah berjerawat.
Kebiasaan menunda waktu tidur juga menjadi pemicu datangnya masalah pada wajah/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio


Melakukan segala pekerjaan dari rumah tentunya berdampak pada setiap aspek, tak terkecuali pola tidur. Waktu tidur yang berkurang menjadi salah satu imbas dari berbagai tekanan berlebih saat masa pandemi. 

Selain menurunkan kualitas tubuh, tidak terpenuhinya jam tidur juga dapat mengganggu kesehatan kulit. Tak jarang, beberapa dari kamu mendapati jerawat muncul setelah menghabiskan waktu malam untuk begadang.

Seperti yang dilansir dari laman On Health, kurang tidur menjadi salah satu pemicu utama timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini dikarenakan hormon dalam tubuh menjadi terganggu, sehingga kulit tidak memiliki perlindungan yang maksimal dalam menangkal berbagai masalah kulit. 

Nah Beauties, untuk itu, perhatikan selalu beberapa faktor tersebut agar kulit senantiasa sehat dan jauh dari masalah.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id