sign up SIGN UP

SKINCARE

Selain Pasta Gigi, Ini Bahan Alami yang Bisa Cerahkan Ketiak

Dimitrie Hardjo | Sabtu, 17 Jul 2021 20:30 WIB
Selain Pasta Gigi, Ini Bahan Alami yang Bisa Cerahkan Ketiak
Foto: Selain Pasta Gigi, Ini Bahan Alami yang Bisa Cerahkan Ketiak/Unplash.com/sulemakaroglu

Ketiak gelap bisa diakibatkan oleh banyak hal, seperti penumpukan sel kulit mati, deodoran, cara mencukur yang kurang tepat, hormon, dan lain-lain. Apakah kamu satu diantara mereka yang masih berjuang untuk memutihkan ketiak tapi belum berhasil?

Mungkin ini saatnya kamu mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di rumahmu untuk mencerahkannya, Beauties. Selain mudah didapatkan, pemakaian rutin dari bahan-bahan berikut ini rupanya bisa membuat ketiak gelap menjadi cerah. Dilansi dari Urban Company, penasaran bahan apa saja yang dapat memutihkan ketiak?

1. Pasta Gigi

Pasta gigi untuk cerahkan ketiak.
Pasta gigi untuk cerahkan ketiak. Foto: pexels.com/karolinagrabowska/

Pasta gigi, benda yang kita gunakan sehari-hari ini ternyata bermanfaat untuk mencerahkan ketiak karena bersifat memutihkan lho! Namun, pastikan kamu menggunakan pasta gigi berwarna putih untuk menghindari efek iritasi ya.

Nah, caranya cukup campurkan pasta gigi dengan bubuk matcha yang tinggi antioksidan dan dapat mengangkat sel kulit mati. Setelah kamu oleskan pada kulit, diamkan selama 10 menit sebelum kamu bilas.

2. Baking Soda

Baking soda yang dapat mengangkat sel kulit mati.
Baking soda yang dapat mengangkat sel kulit mati. Foto: pexels.com/kaboompics/

Baking soda juga bisa kamu gunakan untuk mengangkat sel kulit mati di area ketiak untuk mencerahkannya. Cukup campurkan baking soda dan air hingga membentuk gumpalan-gumpalan, lalu aplikasikan pada ketiak dengan gerakan memutar, lalu bersihkan. Reaksi eksotermik sederhana dari baking soda pada lapisan epidermis akan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

3. Lemon

Lemon yang dapat mencerahkan kulit.
Lemon yang dapat mencerahkan kulit. Foto: pexels.com/karolinagrabowska/

Seperti yang kita ketahui, lemon bersifat sangat asam dan memiliki kandungan yang dapat memutihkan. Jadi, lemon dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati serta mencerahkan ketiak, tapi cukup riskan digunakan pada kulit sensitif.

Namun, ada cara yang lebih aman untuk menggunakan lemon ini untuk mencerahkan ketiak. Mengutip refinery29, untuk menghindari iritasi, kamu dapat mencampurkan satu sendok makan air lemon dengan satu sendok makan aloe vera, oleskan pada ketiak, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

4. Timun

Timun yang dapat cerahkan ketiak.
Timun yang dapat cerahkan ketiak. Foto: unsplash.com/markuswinkler/

Selain menyegarkan, timun mengandung cairan yang dapat mencerahkan lho! Cukup potong timun dan oleskan pada kulit yang gelap selama 10 menit. Lalu, bilas hingga bersih. Tentu prosesnya tidak instan, kamu perlu melakukannya dengan rutin, 2 kali sehari selama beberapa hari. Opsi ini bisa dilakukan kalian yang memiliki kulit sensitif, Beauties.

Itu dia bahan-bahan yang dapat membantu mencerahkan ketiak. Tertarik segera mencobanya, Beauties?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id