sign up SIGN UP

5 Penyebab Masalah Umum Bau Badan

tyana | Minggu, 04 Jul 2021 12:15 WIB
5 Penyebab Masalah Umum Bau Badan
caption
Jakarta -

Memiliki bau badan dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang dan juga mengganggu aktivitas kita. Untuk itu, nggak salah kalau banyak orang melakukan berbagai macam cara agar tubuh selalu wangi seperti rajin mandi, menggunakan deodoran, ataupun menggunakan parfum. Sayangnya, ketiga cara tersebut nggak selamanya bekerja untuk mengatasi bau badan, malahan dapat membuat bau badan semakin nggak sedap.

Eitsss, kenapa iya? Mungkin Beauties masih tetap melakukan kesalahan berikut ini.

Jarang Mengganti Bra

Punya Masalah Bau Badan? Inilah 5 Cara Agar Tubuh Selalu Wangi Sepanjang Hari
Rajin mengganti bra merupakan cara agar tubuh selalu wangi/Foto: Freepik/senivpetro

Beauties, bau badan yang nggak sedap disebabkan oleh bakteri anaerobik yang menggunakan media keringat untuk berkembang biak dengan cara memecahkan protein keratin pada permukaan kulit. Perkembangbiakan bakteri ini yang kemudian mengubah keringat menjadi asam sehingga akan tercium bau yang nggak sedap.

Bakteri ini juga nggak hanya berkembang biak pada bagian ketiak saja, tetapi juga dapat menempel pada bra ataupun baju yang digunakan. Oleh karena itu jarang mengganti bra dapat membuat bakteri ini terus berkembang biak meskipun telah rajin mandi.

Mencukur Bulu Ketiak

Punya Masalah Bau Badan? Inilah 5 Cara Agar Tubuh Selalu Wangi Sepanjang Hari
Rajin cukur ketiak merupakan cara agar tubuh selalu wangi/Foto: Freepik/

Mencukur bulu ketiak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai cara mengatasi bau badan yang enggak sedap. Hal ini dikarenakan bulu ketiak dapat membuat bagian ketiak menjadi lebih lembap sehingga bakteri penyebab bau badan dapat berkembang biak dengan baik.

Menggunakan Bahan Pakaian yang Nggak Menyerap Keringat

Punya Masalah Bau Badan? Inilah 5 Cara Agar Tubuh Selalu Wangi Sepanjang Hari
Pilih bahan katun mengatasi bau badan/Foto: Freepik/fbrikasimf

Perkembangan fashion perempuan membuat kita dapat mengekspresikan diri dengan memadu padankan pakaian yang kita inginkan. Tak hanya aneka potongan pakaian dengan model yang unik, tetapi bahan pakaian yang digunakan juga beraneka ragam. Sayangnya, ada beberapa bahan pakaian yang perlu kita hindari karena dapat menyebabkan bau badan seperti bahan polyester, rayon, dan juga nilon. Gunakanlah bahan pakaian yang mudah menyerap keringat dan lembut seperti bahan katun untuk membuat tubuh wangi sepanjang hari.

Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

Punya Masalah Bau Badan? Inilah 5 Cara Agar Tubuh Selalu Wangi Sepanjang Hari
Terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan bau badan/Foto: Freepik/tirachardz

Beauties, makanan pedas dipercaya dapat membuat suasana hati lebih bahagia karena dapat melepaskan stress. Sayangnya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas nggak hanya dapat membuat sakit perut tetapi juga menjadi penyebab bau badan. Hal ini dikarenakan makanan pedas mengandung sulfur yang akan dilepaskan pori-pori kita saat berkeringat. 

Ketergantungan Deodoran

Punya Masalah Bau Badan? Inilah 5 Cara Agar Tubuh Selalu Wangi Sepanjang Hari
Deodoran dapat menjadi penyebab bau badan/Foto: Freepik/gpoinstudio

Penggunaan deodoran merupakan cara agar tubuh selalu wangi dan terhindar dari bau ketiak. Sayangnya, ternyata penggunaan deodoran dapat membuat ketergantungan yang menyebabkan bau tubuh akan semakin nggak sedap apabila lupa menggunakan. Hal ini dikarenakan deodoran bekerja dengan membunuh bakteri penyebab bau badan dan juga melindungi ketiak dengan lapisan agar bakteri tidak bertemu dengan keringat. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan bahan alami untuk mengatasi bau badan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id