sign up SIGN UP

SKINCARE

Selain Skincare, 5 Tips Ini Bikin Jerawat Ogah Muncul

Hijria Khatimi | Senin, 07 Jun 2021 20:15 WIB
Selain Skincare, 5 Tips Ini Bikin Jerawat Ogah Muncul
Foto: Wajah Bebas Jerawat/freepik.com

Munculnya jerawat di wajah pastinya terasa mengganggu penampilan bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri. Karena itu, berbagai skincare digunakan demi mencegah munculnya jerawat dan menjaga kebersihan kulit wajah.

Menggunakan skincare memang salah satu cara yang sering direkomendasikan untuk mendapatkan kulit bebas jerawat. Namun, skincare saja tidak cukup lho, Ladies. Agar pemakaian skincare kamu tidak sia-sia, lakukan 5 tips ini agar jerawat ogah mampir di wajahmu

1. Perhatikan Kebersihan Sprei dan Sarung Bantal

Sprei dan Sarung Bantal Bersih
Sprei dan Sarung Bantal Bersih/pexels.com

Setiap harinya kita menghabiskan waktu kurang lebih 8 jam di tempat tidur. Selama itu, kulit wajah kita pastinya bersentuhan dengan sprei dan sarung bantal, bukan? Nah, karena itulah kebersihan sprei dan sarung bantal wajib kita perhatikan.

Jika kulit wajahmu bersentuhan dengan sprei dan sarung bantal yang kotor, tentunya hal tersebut dapat memicu timbulnya jerawat. Sebaiknya, ganti dan cucilah sprei serta sarung bantalmu 2 kali dalam seminggu agar kebersihannya terjaga.

2. Menghindari Makanan Pemicu Jerawat

Makanan Tak Sehat
Makanan Tak Sehat/pexels.com

Tak hanya kotoran dan debu, jerawat juga dapat timbul karena dipicu oleh jenis makanan tertentu. Beberapa jenis makanan yang dapat memicu jerawat di antaranya seperti makanan yang mengandung banyak gula, gorengan, makanan tinggi kadar lemak, dan junkfood.

Jenis-jenis makanan tersebut sebaiknya mulai dihindari ya, Ladies. Sebagai gantinya, kamu bisa mulai membiasakan makanan sehat dan seimbang seperti buah dan sayur.

3. Rutin Minum Air Putih 

Meminum Air Putih
Meminum Air Putih/unsplash.com/chrisjoelcampbell

Makanan tidak sehat, paparan sinar UV dan polusi udara membuat tubuh kita menyimpan zat beracun yang berdampak buruk. Zat-zat tersebut dapat memicu berbagai masalah, salah satunya jerawat. Karena itu tubuh perlu yang namanya detoksifikasi.

Salah satu cara detoksifikasi yang paling mudah adalah dengan rutin meminum air putih. Dengan merutinkan minum air putih, dapat membantu membuang racun-racun dalam tubuh dan menjaga kelembapan kulit sehingga jerawat tak mudah muncul.

4. Mengelola Stres

Ilustrasi Meditas
Ilustrasi Meditasi/unsplash.com/omidarmin

Sudah rajin pakai skincare, menjaga kebersihan sprei dan sarung bantal, hingga menjaga pola makan, kok masih jerawatan? Wah, bisa jadi kamu sedang mengalami yang namanya stres. Stres dapat menyebabkan meningkatnya hormon kortisol pada tubuh.

Hormon kortisol yang tinggi akan membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Produksi minyak berlebih inilah yang akhirnya menyebabkan kulit rentan berjerawat. Karena itu, cobalah sebisa mungkin mengurangi stres. Bisa dengan meditasi, melakukan hobi, atau menulis diari.

[Gambas:Instagram]

5. Hindari Terlalu Sering Memegang Wajah

Memegang Wajah
Memegang Wajah/freepik.com

Tips terakhir yang tidak kalah penting yaitu jangan terlalu sering memegang wajah. Apakah kamu termasuk yang sering iseng atau secara tak sadar menyentuh wajah? Jika iya, mulai kurangi kebiasaan tersebut ya, Ladies.

Sebab, bisa jadi banyak kotoran dan kuman yang menempel di tangan kita. Kalau kotoran dan kuman tersebut menempel di wajah kita, tentunya malah akan memperbesar kemungkinan timbulnya jerawat. Karenanya, mulai sekarang hindari kebiasaan menyentuh kulit wajah.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id