sign up SIGN UP

SKINCARE

Sia-Sia, Inilah Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Merawat Kulit

Fahira mahza | Senin, 09 Nov 2020 17:15 WIB
Sia-Sia, Inilah Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Merawat Kulit
caption
Jakarta -

Kulit wajah yang sehat adalah investasi dan impian bagi kaum wanita. Kulit yang bersih, halus dan tanpa noda merupakan tujuan saat merawat kulit. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat yang diinginkan mulai dari menggunakan skincare dan perawatan wajah lainnya.

Dalam menggunakan skincare berbagai teknik diaplikasikan agar hasil maksimal didapatkan. Namun ternyata terdapat beberapa hal yang harus dihindari saat merawat wajah. Beberapa kegiatan ini akan membuat perawatan wajah kamu sia - sia. 

1. Terlalu sering mencuci wajah

mencuci wajah
foto: freepik.com

Membersihkan wajah memang bagus untuk merawat kulit namun apabila terlalu sering membersihkan wajah akan berdampak buruk bagi wajah. Jika terlalu sering maka kulit akan menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya sehingga kulit akan lebih sensitif.

Sabun dalam produk pembersih wajah akan melepaskan lapisan minyak teratas dan mungkin melepaskan minyak lebih banyak yang akan memicu penyumbatan pori - pori.

2. Tidak menggunakan pelembab 

penggunaan pelembab
foto: freepik.com

Pelembab merupakan salah satu skincare paling dasar yang pengaplikasiannya cukup penting. Penggunaan pelembab akan membantu kulit tetap sehat. Jika kamu melewatkan penggunaan pelembab maka kemungkinan masalah - masalah kulit seperti kusam, kasar dan keriput akan mudah muncul.

Gunakanlah pelembab yang sesuai dengan tipe kulit kamu. 

3. Mengaplikasikan telalu banyak produk 

Too much product
Foto: freepik.com

Banyak sekali tips dan trik merawat wajah yang menjadi trend. Salah satu trend yang cukup viral adalah 12 step skincare. Step - step tersebut memang memberikan pengaruh positif pada wajah jika digunakan secara tepat.

Jika dalam mengikuti langkah - langkahnya terdapat kesalahan bisa jadi akan membuat kondisi kulit lebih buruk. Gunakanlah produk skincare secukupnya dan sesuai kebutuhan kulit kamu. Kenali dahulu jenis kulitmu agar dapat menentukan produk apa saja yang kamu perlukan. 

4. Terlalu sering facial atau scrub wajah 

facial wajah
foto: pinterest

Facial wajah merupakan layanan yang banyak ditawarkan di salon maupun klinik kecantikan. Banyak tujuan dalam facial salah satunya mencegah keriput dan menghilangkan noda. Namun facial wajah baiknya dilakukan sebulan sekali karena bila terlalu sering akan membuat kulit lebih sensitif dan berujung iritasi.

Begitu pula dengan scrub wajah, kegiatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah namun intensitasnya tidak boleh terlalu sering. Baiknya lakukan scrubbing seminggu atau 2 minggu sekali sesuai kebutuhan kulit agar tidak mengikis lapisan kulit wajah teratas.

5. Menggunakan sunscreen hanya saat bertemu matahari

Penggunaan sunscreen
Foto: freepik.com

Salah satu kesalahan saat menggunakan sunscreen yaitu banyaknya produk yang digunakan serta intensitas pemakaian. Kebanyakan orang menggunakan sunscreen hanya ketika hari sedang panas atau akan beraktivitas di bawah matahari padahal sunscreen sangat penting digunakan.

Sinar ultraviolet dari matahari masih dapat menembus kaca dan diserap oleh kulit sekalipun saat sedang berawan atau musim dingin karena itu penggunaan sunscreen harus selalu digunakan. 

Itulah beberapa hal yang harus dihindari saat merawat wajah. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka wajah akan lebih sehat dan cantik. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id