sign up SIGN UP

SKINCARE

Skincare Mengandung Alkohol, Baik atau Buruk untuk Kulit?

Retno Wulandari | Senin, 09 Dec 2019 11:00 WIB
Skincare Mengandung Alkohol, Baik atau Buruk untuk Kulit?
caption
Pada umumnya, skincare mengandung alkohol. Ada beberapa penelitian mengungkapkan, jika alkohol berfungsi sebagai pelarut hingga antiseptik. Sementara itu, alkohol juga dapat membuat kulit kering, lho. Lalu, baik atau buruk sih jika produk skincare kamu mengandung alkohol?

1. Kulit Kering


Foto: Istimewa

Salah satu dampak buruk dari skincare yang mengandung alkohol adalah kulit wajah akan kering. Tapi, kamu perlu banget tahu jenis alkohol apa di dalam skincare kamu, Ladies.
Ya, karena alkohol yang dapat membuat kulit kering adalah jenis ethanol atau juga yang ditulis dengan isopropyl alcohol, etyl alcohol, SD alcohol, dan denat alcohol.
 
Alkohol jenis ethanol inilah yang dapat membuat kulit wajah kamu menjadi kering karena dapat menguras produksi minyak di wajah yang berlebihan. Efek dari alkohol ethanol ini seperti kulit wajah menjadi merah-merah dan gatal.
Nah, jika produk skincare kamu mengandung alkohol jenis ethanol, baiknya kamu stop pemakaiannya, ya, Ladies.
 


2. Memperburuk Jerawat di Wajah


Foto: Istimewa

Ladies, ternyata alkohol juga digunakan pada produk skincare untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.
Kandungan ini berfungsi untuk melarutkan dan menyatukan campuran kandungan di dalam produk skincare kamu. Sayangnya, kandungan ini justru membuat kulit kamu lebih banyak menghasilkan minyak, sehingga semakin memperburuk jerawat kamu, Ladies.
 


3. Melembutkan Kulit Wajah


Foto: Istimewa

Jika produk skincare kamu mengandung jenis alkohol seperti fatty alcohol, cetyl alcohol, behenly alcohol, dan arachidyl alcohol, maka efek samping yang akan kamu rasakan ialah kulit wajah lebih halus dan lembut.

Jenis alkohol seperti fatty alcohol ini aman digunakan karena tidak terlalu menguras banyak minyak pada wajah, sehingga kulit wajah kamu tidak akan kering. Fatty alcohol merupakan lawan dari ethanol, oleh karena itu kamu perlu banget mengetahui jenis-jenis alkohol agar enggak salah memilih skincare, ya, Ladies.
 



4. Menyumbat Pori-pori


Foto: Istimewa

Meskipun jenis fatty alcohol terbukti aman bagi kulit wajah, ternyata diam-diam jenis alkohol ini dapat menyumbat pori-pori di wajah kamu, lho.
Untuk menghindari permasalahan ini, kamu hanya perlu melakukan double cleansing agar kulit wajah kamu benar-benar bersih. Agar double cleansing kamu bekerja maksimal, pilihlah produk yang mengandung charcoal dan retinol, ya.
 
Nah, Ladies, sebelum memilih produk skincare ada baiknya kamu lihat dulu kondisi wajah kamu apakah berminyak, berjerawat, atau normal. Selain itu kamu perlu banget tahu jenis-jenis alkohol untuk mengetahui fungsi dan efeknya bagi kulit wajah kamu.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id