sign up SIGN UP

SKINCARE

Skincare Routine untuk Kulit Berminyak pada Siang dan Malam Hari

Esra Dopita | Senin, 16 Mar 2020 10:50 WIB
Skincare Routine untuk Kulit Berminyak pada Siang dan Malam Hari
caption
Skincare untuk kulit berminyak sebaiknya mengandung formula lembut agar tidak merusak sebum alami pada kulit.

Kulit berminyak menjadi jenis kulit yang sering dikeluhkan. Memiliki tipe kulit berminyak menjadi permasalahan yang menantang. Sering kali rutinitas perawatan kulit atau skincare routine yang dilakukan dapat mengontrol minyak, tapi membuat kulit menjadi kering. 

Namun, kini kamu tak perlu khawatir. Dengan bantuan dokter kulit bersertifikat dari Skincare.com, Dendy Engelman, berikut ini skincare routine untuk kulit berminyak yang harus dilakukan pada siang hingga malam hari. 


Facial Wash Berbahan Ringan




Foto: https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-3994647/orang-indonesia-disarankan-cuci-muka-3-4-kali-sehari-ini-alasannya

Kebanyakan pemilik kulit berminyak cenderung memakai pembersih wajah atau facial wash berbahan keras dengan harapan dapat menghilangkan semua minyak berlebih di wajah. Padahal, kata Engelman, hal itu dapat mengganggu microbiome yang merupakan serangkaian mikroorganisme yang secara alami hidup dikulit dan membuat kulit tetap sehat. 

Karena itu, membasmi mikroorganisme dengan kasar dapat menimbulkan jerawat, infeksi, kemerahan, juga iritasi. Jadi, pilih facial wash dengan formula yang ringan, tapi bisa mengangkat minyak hingga ke dalam tanpa melukai kulit. 


Memakai Toner Glycolic Acid




Foto: https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-2903464/pentingkah-menggunakan-toner-saat-membersihkan-wajah

Glycolic acid atau asam glikolat adalah asam alfa-hidroksi-asam (AHA) yang bertujuan mengelupas kulit dengan lembut. Karena itu, Engelman menyarakan untuk memilih toner dengan kandungan glycolic acid. Kandungan glycolic acid juga membantu pori-pori tersumbat dan kulit kusam berkat efek pengelupasan. 



Pelembap Gel




Foto: https://m.detik.com/wolipop/makeup-and-skincare/d-4739119/ini-8-tanda-skincare-nggak-cocok-di-kulit-wajahmu

Dokter Engelman menyarankan pemilik kulit berminyak mengganti pelembap mereka dari bahan krim ke gel. Sebab, pelembap berbahan gel cenderung ringan serta melembapkan tanpa menyumbat pori-pori atau menyebabkan minyak tambahan. Sedangkan pelembap berbahan krim terkadang berkontribusi pada produksi minyak berlebih. 


Gunakan Krim Mata




Foto: https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-3441538/cara-mengatasi-lingkar-hitam-mata

Tak ada salahnya menggunakan krim mata dengan kandungan kafein. Sebab, kandungan tersebut bersifat vasokonstriktif, yakni membantu menghilangkan sebum, mengurangi lingkaran hitam, juga mengurangi kerutan di mata. 


Sunscreen SPF




Foto: https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4833736/7-sunscreen-untuk-kulit-berminyak-yang-cocok-buat-kamu

Skincare untuk kulit berminyak pada siang hari yang tak boleh dilewatkan adalah menggunakan sunscreen berSPF. Pilih sunscreen berbahan air demi menjaga kelembapan kulit. Selain membantu merawat kulit berminyak, penggunaan sunscreen juga melindungi kulit dari bahaya buruk paparan sinar matahari. 


Bersihkan Wajah Sebelum Tidur




Foto: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150402173730-277-43932/yang-salah-dan-benar-saat-mencuci-muka

Skincare routine kulit berminyak terus berlanjut pada malam. Setelah seharian beraktivitas, kamu wajib membersihkan wajah sebelum tidur. Gunakan facial foam berbahan lembut yang sama digunakan pada siang hari. 


Pakai Kandungan Retinol




Foto: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191020142355-277-441137/mengenal-manfaat-retinol-pada-skincare

Engelman menjelaskan, menambahkan kandungan retinol dalam skincare routine dapat membantu membuka pori-pori, meminimalkan keluaran sebaceous dari kelenjar minyak, memperbaiki tekstur kulit, meratakan warna kulit, juga secara keseluruhan membantu meningkatkan kualitas kulit. Kandungan retinol ini bisa berwujud dalam toner atau serum.

Pilih retinol berdosis rendah karena retinol dapat menyebabkan sensitivitas kulit jika terkena paparan sinar matahari. Karena itu, dianjurkan hanya digunakan pada malam hari. 


Pelembap Gel




Foto: https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4914148/10-rekomendasi-pelembab-untuk-kulit-berminyak

Terakhir dan tak kalah penting adalah memakai pelembap berbahan gel. Tutup skincare untuk kulit berminyak yang telah kamu jalankan selama seharian dengan memakai pelembap berbahan gel pada malam hari demi terus menghidrasi kulit. Gunakan pelembap gel yang sama yang kamu gunakan pada siang hari. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id